Jenis Penyakit Ikan Guppy dan Cara Pengobatannya

Jenis Penyakit Ikan Guppy dan Cara Pengobatannya - Cara Budidaya Ikan
Jenis Penyakit Ikan Guppy dan Cara Pengobatannya
Budidaya Ikan - Ikan guppy salah satu ikan hias yang banyak penggemarnya, meskipun kecil namun keindahan warna tubuhnya menjadi pesona tersendiri bagi pecinta ikan hias ini. Tentu Anda tidak ingin ikan hias kesayangan Anda terserang penyakit dan kemudian mati. Berikut jenis penyakit ikan guppy dan cara pengobatannya.

Jenis Penyakit Ikan Guppy

Jamur Mulut

Penyakit Ikan Jamur Mulut - Cara Budidaya Ikan
Penyakit Ikan Jamur Mulut
Ikan yang terkena jamur mulut dapat dilihat dengan mudah dari warna putih yang menempel di depan mulutnya. Kondisi terparah, jamur tersebut dapat menutup mulut ikan hingga tidak bisa bernafas dan makan sehingga menyebabkan kematian pada ikan.

Cara Pengobatannya : Gunakan aureomycin 25 mg untuk 1 galon air dan tambahkan 1 tetes obat merah dan metopen 2 tetes.

Penyakit Bloat atau Kembung

Penyakit Ikan Kembung - Cara Budidaya Ikan
Penyakit Ikan Kembung
Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini adalah ikan tampak gelisah, badan menjadi lebih besar karena kembung dan sulit untuk ke dasar kolam atau akuarium. Hal ini disebabkan karena peradangan usus ikan sehingga membuat perut ikan menjadi bengkak.

Cara Pengobatannya : Isolasi ikan, kemudian masukkan ke dalam wadah yang berisi satu galon air yang telah di berikan 2 sendok penuh garam inggris. Biarkan selama 4 atau 6 jam lalu tambahkan air secukupnya. Bila ikan telah menunjukkan tanda-tanda kesembuhan barulah ikan dapat dikembalikan ke tempat asal.

Peradangan Insang

Peradangan insang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Ciri ikan yang terkena penyakit ini seperti insang terbuka, selalu diatas permukaan dan malas makan. Bila ikan yang terkena penyakit ini mati, insangnya terlihat memerah dan membusuk lebih cepat dari badannya.

Cara Pengobatannya : Pisahkan ikan, lalu berikan metapen mercurochrome dan rendam beberapa saat. Berikan perawatan dengan menggunakan air garam, lakukan perawatan hingga ikan benar-benar sembuh.

Kutu Jarum / Kutu Jangkar

Kutu Jangkar - Cara Budidaya Ikan
Kutu Jangkar

Kutu jangkar merupakan parasit yang seringkali menyerang ikan, ukuran kutu jangkar dewasa mudah sekali dilihat dengan mata. Parasit ini menempel pada tubuh ikan. Gejala ikan yang terkena parasit ini akan menunjukkan tanda gelisah, berenang kesana kemari dan menggesekkan tubuhnya pada benda di dalam akuarium. Kehadiran kutu jangkar pada ikan kecil seperti guppy dapat berakibat fatal bila tidak ditangani segera. Namun pada ikan besar, serangannya tidak berpengaruh sama sekali.

Cara Pengobatannya : Untuk kutu jangkar dewasa, pertama Anda isolasi ikan yang terserang kutu jangkar. Kemudian Anda dapat mencabut kutu jangkar dari tubuh ikan dengan bantuan pinset. Untuk membunuh larva yang ada di dalam akuarium, Anda dapat menggunakan abate sebagai salah satu alternatif.

White Spot / Ich


White spot atau dikenal sebagai penyakit "ich" merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit. Tanda-tanda ikan yang terkena whitespot akan tampak bintik-bintik putih pada sirip, insang, mulut dan tubuh, Ikan yang terkena sakit ringan terlihat menggosok-gosokkan tubuhnya pada benda-benda di dalam akuarium. Sedangkan yang terkena sakit berat dapat mengalami kematian. 

Cara Pengobatannya : White spot sangat mudah untuk dihilangkan apabila diketahui sejak dini. Banyak produk anti white spot yang dijual di toko-toko ikan. Biasanya terdiri dari senyawa kimia seperti Methilyne Blue, Malachite Green dan Formalin. Bahan kimia ini aman untuk ikan.


Itulah Jenis-jenis penyakit ikan guppy dan cara pengobatannya, semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang memulai untuk memelihara ikan hias yang satu ini. Salam Sukses.


Post a Comment

0 Comments