Inilah 5 Jenis Ikan Cupang Terbaru dan Terlengkap yang Paling Banyak dicari

ikanhiasku.net - Sobat ikan hias pasti sudah kenal dengan ikan cupang atau Betta sp. Ikan yang satu ini dikenal sebagai ikan petarung atau aduan karena memiliki sifat yang agresif dan teritorial.

Namun sekarang ini, ikan cupang banyak digemari karena keindahan warna yang semakin beragam.

Ikan cupang dapat ditemukan di rawa-rawa, sawah, danau ataupun selokan yang menggenang. Habitat ikan ini tersebar di wilayah Asia Tenggara, seperti Indonesia, Vietnam, Thailand, Kamboja, Malaysia dan Brunei.

Inilah 5 Jenis Ikan Cupang Terbaru dan Terlengkap - ikanhiasku
Inilah 5 Jenis Ikan Cupang Terbaru dan Terlengkap

Jenis ikan cupang yang paling banyak penggemarnya hingga saat ini yaitu ikan cupang halfmoon, ikan cupang crowntail atau serit, ikan cupang double tail atau cagak, dan ikan cupang plakat.

Tapi tahukah kamu, jenis-jenis diatas hanya sebagian kecil dari jenis ikan cupang yang ada.

Menurut fishbase.org terdapat 73 spesies ikan cupang yang terdapat di alam. Namun yang paling populer adalah betta splendens atau yang biasa kita sebut Siamese fighting fish alias ikan petarung dari siam atau ikan cupang aduan.


5 Jenis Ikan Cupang Terbaru dan Paling Banyak di Cari

Sebenarnya jenis yang akan kita bahas sudah ada sejak lama, namun baru-baru ini ikan jenis ini sedang naik daun dan mulai diminati oleh para breeder dan pehobi ikan hias.

Salah satunya adalah hasil silangan dari ikan cupang plakat, yang hingga saat ini memiliki banyak sekali perpaduan warna.

Dari banyaknya jenis yang ada, berdasarkan form / bentuk dan karakter khas masing-masing ikan, hanya 5 yang kami pilih untuk dibahas dan merupakan ikan cupang yang sedang populer saat ini.


1. Ikan Cupang Bluerim

Ikan Cupang Bluerim - ikanhiasku
Ikan Cupang Bluerim
Ikan cupang plakat blue rim menjadi incaran yang paling banyak diminati oleh para pehobbi dan breeder.

Sebenarnya jenis ikan plakat sudah lama ada di Indonesia, namun corak warna yang baru ini menjadi daya tarik tersendiri.

Ciri khas ikan cupang blue rim grade didominasi warna putih di sekujur tubuhnya tanpa ada noda dan warna biru pada ujung siripnya.


2. Ikan Cupang Black Mamba

Ikan Cupang Black Mamba - Ikanhiasku
Ikan Cupang Black Mamba
Sebutan black mamba terinspirasi dari ular yang tubuhnya berwarna hitam pekat, kesan pertama ketika melihat cupang black mamba adalah gahar, pemberani, kuat dan sangat eksklusif.

Ciri khas ikan cupang black mamba dapat dilihat dari dominasi warna hitam pekat dengan corak putih yang ada di sekitar kepala dan ekor.

Jenis Ikan Cupang Black Mamba
Bila corak putihnya setengah tubuh bagian atas dikenal juga dengan sebutan ikan cupang black samurai.


3. Ikan Cupang Dragon

Ikan Cupang Dragon - Ikanhiasku
Ikan Cupang Red Dragon
Jika diperhatikan ciri khas ikan cupang dragon ditandai dengan sisik tebal/full mask berwarna perak putih yang menyerupai baju besi.

Tampilan yang unik tersebut dikenal dengan  "Dragon", antusias para pehobbi ikan hias diseluruh dunia menyebutnya "dragon fever".

Menurut situs bettateritorry Ikan cupang dragon merupakan hasil dari kawin silang plakat super red dengan betta mahachai dari alam liar.

Ikan cupang red dragon pertama kali dipublikasikan di Thailand tahun 2004 bulan desember di majalah Fancy Fish.


4. Ikan Cupang Koi Galaxy dan Ikan Cupang Koi Emerald Nemo Candy

Ikan Cupang Emerald Candy - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Emerald Candy
Ciri khas ikan cupang koi galaxy memiliki ornamen blink-blink yang ada di sekujur tubuhnya sehingga seperti bintang galaxy di luar angkasa.

Ikan Cupang Emerald
Sedangkan ciri khas ikan cupang koi nemo emerald candy memiliki warna yang terlihat mencolok ditubuhnya dengan warna dominan kuning dan merah untuk nemo dan warna candy untuk emerald candy.


5. Ikan Cupang Giant

Ikan cupang giant - ikanhiasku.net
Cupang Giant
Berawal dari seorang peternak atau breeder bernama Mr. Athapon pemilik Diamond Fish Farm dari Thailand dan anaknya yang bernama Mr. Natee

Pada tahun 1999, untuk pertama kalinya mereka memiliki ikan cupang yang mempunyai panjang badan 10 cm.

Kemudian mereka mencari indukan betina dari 300 aquarium yang mereka miliki agar dapat dibudidayakan.

Akhirnya kegigihan dan keuletan mereka terpenuhi setelah mengawin silangkan ikan besar tersebut agar mencapai ukuran dan bentuk yang diinginkan.

Giant Marble
Pada masa awal budidayanya, cupang giant membutuhkan waktu 8 - 9 bulan untuk mencapai ukuran 7,5 cm, tetapi sekarang hanya dibutuhkan waktu 5 bulan saja.

Ikan cupang giant masih banyak dicari, karena tubuhnya yang besar dengan corak warna yang menarik.



Nah, bagaimana 5 jenis ikan cupang terbaru diatas, apakah kalian sudah tahu ?

Dengan perkembangan ikan cupang yang sangat pesat, hingga bermunculan corak warna baru yang dahulu mungkin belum pernah ada. Apakah Anda sudah tertarik untuk memeliharanya ?

[Ikanhiasku.net]

Post a Comment

0 Comments