Sejarah dan Jenis Ikan Cupang Avatar / Black Star Galaxy Yang Perlu Kamu Ketahui

ikanhiasku.net - Ikan cupang avatar merupakan salah satu jenis ikan cupang hias yang sedang trend saat ini. Bahkan ikan cupang avatar menduduki 5 besar ikan cupang dengan harga yang lumayan tinggi dan stabil.

Mahalnya ikan cupang avatar bisa jadi dikarenakan proses mutasinya yang cukup lama, dan merupakan ikan yang sedang hits.

Sebetulnya ikan cupang avatar awalnya merupakan hasil kawin silang dari Ikan Cupang Alam Blue / Green Alien Peacock dengan Ikan Cupang Black Candy. Akan kami jelaskan lebih lanjut dibawah.



Ikan Cupang Avatar / Black Star Galaxy

Ciri-ciri ikan cupang avatar didomonasi warna hitam gelap pekat dengan sisik star galaxy, atau sisik iridescent acak ditubuhnya.

Cupang Avatar Gordon 2021 - Sejarah dan Jenis Ikan Cupang Avatar
Ikan Cupang Avatar / Black Star Galaxy

Bercak sisik mutiara ini dikenal dengan nama star galaxy, karena mungkin sekilas tampak seperti bintang dilangit. Sedangkan sisik iridescent merupakan jenis sisik 'metalik'.

Sebagaimana ikan cupang lainnya. Ikan cupang avatar juga memiliki banyak jenis dan penamaannya seperti ikan Cupang Avatar Gordon, Cupang Avatar Red Koi, Cupang Avatar Blue, Cupang Avatar Gold, Cupang Avatar Copper, dan Cupang Avatar Vampire.

Ikan cupang avatar merupakan sebutan bagi para seller Indonesia saja, agar namanya lebih mudah diingat dan lebih mudah dijual. Nama asli cupang avatar adalah Ikan Cupang Black Star Galaksi. Mungkin karena terinspirasi dari gugusan bintang dilangit.


Sejarah Ikan Cupang Avatar / Black Star Galaxy

Blue Black Avatar - Sejarah dan Jenis Ikan Cupang Avatar
Blue Black Avatar - (foto:nicebettathailand.com)

Dikutip dari salah satu situs forum Thailand sejarah munculnya warna ikan cupang avatar dimulai dari Somkiat Intamu. Seorang breeder asal Thailand yang berhasil menemukan corak warna avatar.

Beliau terinspirasi dari foto-foto dokumenter bintang berwarna biru, hijau, hitam dari nebula. Kemudian Ia memiliki sebuah ide untuk membuat ikan yang memiliki warna tersebut dan berhasil. Namun Ia tidak pernah memberi nama pada ikan-ikan tersebut.

Banyak yang bertanya, lalu siapa yang menamakan Avatar ?

Mungkin saja seorang customer yang menamakan ikan ini karena banyak yang orang menyamakan warna ikan ini degan film Avatar, hasilnya yang paling dikenal adalah sebutan Blue Black Avatar atau Dark Blue Avatar. Di Indonesia sendiri, kita menyebutnya ikan Avatar.

Asal Mula Ikan Cupang Avatar / Black Star Galaxy

Blue Avatar atau Dark Avatar merupakan hasil dari persilangan dari Ikan cupang alam Blue / Green Alien Peacock dengan Ikan Cupang Black Candy. Sekarang kita lihat bagaimana cara mendapatkannya.

Pertama, Breeder memilih menggunakan ikan cupang alam peacock yang memiliki sisik hijau dengan perpotongan garis hitam. Kemudian di Inbreed 2 generasi hingga menghasilkan ikan berwarna black light.

Kedua, ketika breeder mendapatkan ikan black light, Ia harus memilih indukan dengan form yang baik dan warna ini untuk di kawinkan kembali agar mendapatkan ikan dengan warna yang lebih stabil dan tidak berubah warna. Barulah nanti ikan ini dikawinkan dengan ikan cupang black candy.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan ikan cupang black candy ?

Ketiga, Cupang Black Candy adalah cupang candy atau nemo yang di inbreed dengan memilih ikan yang memiliki warna tubuh yang gelap. Proses Inbreed dilakukan 2-3 generasi untuk mendapatkan keturunan yang memiliki warna gelap yang kuat.

Alasan mengapa menggunakan black candy, karena ikan candy memiliki sisik yang dapat bermutasi. Kami membutuhkan ikan dengan keturunan yang dapat berubah sisik dan warna kulitnya.

Keempat, Setelah didapatkan Cupang Black Candy dan Black Light, barulah dimulai cross breeding dan menghasilkan Ikan Cupang Blue Black Avatar atau Dark Blue Avatar.

BBL Blue Black Light Avatar - Sejarah dan Jenis Ikan Avatar
BBL Blue Black Light Avatar - (foto:nicebettathailand.com)

Ketika proses breed berhasil, di generasi pertama ikan yang didapatkan memiliki warna hijau, hitam dan sedikit warna oranye dan merah di sirip ekor. Namun warna tersebut termasuk hasil yang diharapkan.

Baca Juga :


Kemudian breeder menyeleksi ikan dengan tubuh warna hitam yang pekat dan menampilkan sisik mutiara atau green-black galaxy untuk di breed kembali, dan hasilnya adalah Ikan Avatar dengan warna yang kuat dan stabil. Dan ini membutuhkan waktu 2 tahun untuk mendapatkan genetic yang kuat.

Ikan Cupang Avatar - Sejarah dan Jenis Ikan Cupang Avatar
Ikan Cupang Avatar

Sumber : nicebettathailand.com


Jenis Ikan Cupang Avatar / Black Star Galaxy

Seperti yang pernah disebut diatas, sama seperti ikan cupang jenis lainnya. Ikan avatar juga memiliki beberapa jenis yang saat ini dapat kita temui. Tidak lagi hanya seputar warna biru saja, namun merambah ke warna-warna copper.

Ikan Cupang Avatar Gordon / Cupang Gordon

Cupang Avatar Gordon - Sejarah dan Jenis Ikan Cupang Avatar
Cupang Avatar Gordon

Ikan Cupang Avatar Gordon merupakan ikan yang kini sedang naik daun di kalangan ikan avatar sendiri. Ciri-ciri cupang avatar gordon memiliki warna dominan hitam kontras pada tubuhnya dengan warna biru dan sedikit warna merah pada sirip dan ekornya.

Avatar gordon diberi nama demikian karena inspirasi breeder berasal dari kapten gordon yaitu Breeder cupang asal Indonesia yang memiliki nama asli Haris Haditia dari Farm Asyila Betta Galery.


Ikan Cupang Avatar Gold

Ikan Cupang Avatar Gold - Sejarah dan Jenis Ikan Cupang Avatar
Ikan Cupang Avatar Gold

Ikan Cupang Avatar Gold juga sedang banyak dicari, karena warna sisiknya atau mutiaranya/iridescent berbeda dari ikan avatar lainnya. Warna khas avatar gold yakni copper gold yang menjadikan ikan ini terlihat lebih mewah.


Ikan Cupang Avatar Vampire

Cupang Avatar Vampire - Sejarah dan Jenis Ikan Avatar
Cupang Avatar Vampire - (foto:ig/@indonesiabettafarm)

Cupang Avatar Vampire, merupakan nama yang diberikan oleh breeder hasil dari silangan ikannya. Ciri khas Ikan cupang avatar vampire memiliki warna dominan hitam pada tubuhnya dan terdapat mutiara atau sisik iridescent. Untuk bagian ekornya berwarna merah dengan sisi luarnya bewarna hitam.


Ikan Cupang Avatar Copper 

Cupang Avatar Copper - Sejarah dan Jenis Ikan Cupang Avatar
Cupang Avatar Copper

Cupang Avatar Copper merupakan cupang jenis avatar dengan sisik mutiaranya/iridescent dengan warna copper. Untuk saat ini yang masih mendominasi warna metallic.


Ikan Cupang Avatar Red / Red Black Star Galaxy

Cupang Avatar Red - Sejarah dan Jenis Cupang avatar
Cupang Avatar Red

Cupang Avatar Red atau memiliki sebutan lain Red Black Star Galaxy merupakan salah satu varian dari ikan avatar. Dengan tubuh hitam dan ciri khas ikan avatar umumnya yaitu memiliki mutiara kebiruan yang tersebar di seluruh tubuhnya. Dan yang menjadi ciri khas cupang avatar red ini adalah ekornya yang berwarna merah menyala.


Ikan Cupang Avatar Blue / Blue Black Star Galaxy

Cupang Avatar Blue - Sejarah dan Jenis Ikan Cupang Avatar
Cupang Avatar Blue - (foto:cupangsehat.blogspot.com)

Cupang Avatar Blue atau Black Blue Avatar merupakan varian yang paling banyak. Karena memang ikan ini dinamakan ikan avatar dikarenakan warna biru dan mutira yang ada ditubuhnya seperti karakter di dalam film avatar.

Varian ini pertama kali muncul berasal dari Thailand dengan nama breeder nya yaitu somkiat intamu.


Ikan Cupang Avatar Fire / Cupang Avatar Nemo

Cupang Avatar Nemo Fire - Sejarah dan Jenis Ikan Cupang Avatar
Cupang Avatar Fire - (foto:@gloiredbetta)

Cupang Avatar Fire atau Avatar Nemo merupakan varian baru dari ikan avatar. Yang menjadi ciri khas dari avatar fire yaitu warna sirip yang menyerupai ikan cupang nemo.Sehingga perpaduan warna merah dan orange pada sirip juga warna hitam dan mutiara biru pada tubuh ikan menambah keunikan dan kesan garang pada ikan ini.


Penutup

Cupang avatar saat ini memang sedang naik daun dengan segala keindahan dan variasinya. Namun memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk ikan bermutasi dan memiliki keindahan pada warnanya. 

Mungkin itu menjadi salah satu faktor mengapa harganya untuk saat ini masih cukup mahal. Namun, harga tersebut sebanding dengan apa yang akan kamu dapatkan. 

Semakin banyak breeder yang mencoba breeding varian baru dari ikan cupang. Kedepan akan lebih banyak lagi varian-varian baru yang mungkin akan muncul. Salam Ngedok.

Terima Kasih.

[ikanhiasku.net]


Penelusuran Terkait :

  • ikan cupang avatar termahal
  • ikan cupang avatar gordon
  • cupang avatar nemo
  • ciri ikan cupang avatar
  • ikan cupang avatar gold
  • harga ikan cupang avatar gold

Post a Comment

0 Comments