47 Jenis Ikan Cupang Terlengkap Berdasarkan Bentuk Ekor, Pola, dan Warna

Jenis Ikan Cupang yang biasa kita tahu mungkin hanya beberapa jenis saja seperti plakat, halfmoon dan double tail, namun ternyata masih banyak jenis ikan cupang yang mungkin saja kamu belum ketahui.

Bukan hanya dari bentuk ekor saja, namun ikan cupang juga diklasifikasikan berdasarkan dari pola warna ditubuhnya dan juga warna solid yang ada ditubuhnya.

Meskipun banyak variasi dari warna dan bentuk ekornya, mereka tetap berasal dari genus yang sama yaitu Betta. Yang sekarang sedang naik daun adalah Betta splendens (Cupang Petarung).

Mengetahui macam-macam jenis ikan cupang akan menambah pemahaman kamu terhadap ikan cupang. Dengan demikian kamu dapat membudidayakan ikan cupang yang belum terlalu dikenal masyarakat Indonesia, dan itu menjadi peluang usaha baru dikemudian hari.

Dalam perkembangannya ada banyak sekali jenis cupang baru, pola dan warna cupang baru yang terus bermunculan. Karena banyak breeder yang mencoba mengawin silangkan cupang yang berbeda jenisnya.

Artikel ini memuat jenis standar yang telah ada sampai saat ini, baik itu bentuk ekor, pola / corak, dan warna dari ikan cupang. Sehingga menjadi acuan para breeder untuk mengetahui jenis dasar ikan cupang.

Berapa Banyak Jenis Ikan Cupang 

Kamu mungkin menanyakan hal yang sama, sebetulnya ada berapa banyak jenis ikan cupang. Kalau kita berbicara tentang jenis ikan cupang maka kita harus mengacu kepada klasifikasi ilmiah yang sudah menjadi standar dunia untuk mengelompokkan makhluk hidup.

Jenis-Jenis Ikan Cupang - Ikanhiasku.net
Jenis-Jenis Ikan Cupang - (foto:itsfishthing.com)

Meskipun banyak sekali corak warna dan bentuk ekor pada ikan cupang dikarenakan sering dikawinsilangkan. Namun berdasarkan dari spesiesnya, terdapat 73 spesies ikan cupang di seluruh dunia.

Dari ke 73 spesies tersebut yang populer di Indonesia adalah spesies Betta splendens, Ikan petarung yang kita kenal dengan nama ikan cupang plakat atau Plakat Betta.

Namun untuk memudahkan mengenalinya, kita akan bahas jenis ikan cupang berdasarkan bentuk ekor, pola/corak warna, dan warna pada tubuhnya.


Jenis Ikan Cupang Berdasarkan Warna

Karena begitu banyak warna pada ikan cupang, maka kita akan lebih mudah dengan mengelompokkan jenis ikan cupang berdasarkan warna utama pada tubuh dan siripnya.

Warna utama pada ikan cupang yang biasa kita temui seperti warna merah, hijau, biru, kuning, hitam dan putih. Namun ternyata ada beberapa jenis warna lain yang terdapat pada ikan cupang.

Selanjutnya akan kami jelaskan masing-masing warna utama pada ikan cupang atau betta fish.


Ikan Cupang Cello / Clear / Cellophane

Ikan Cupang Cello Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Cello - (foto:justbetta.com)

Cupang cello seringkali dianggap ikan reject karena memang ikan ini tidak memiliki pigmen sama sekali sehingga tubuh dan siripnya tidak memiliki warna. 

Kata Cello berasal dari kata Cellophaneyang artinya kertas kaca. Tubuhnya berwarna kemerahmudaan seperti warna daging dengan pembuluh darahnya terlihat, siripnya pun jernih dan transparan.

Ikan cupang cello berbeda dengan ikan cupang albino, yang membedakannya sangat terlihat dari warna mata pada ikan.

Jika ikan cupang cello memiliki warna mata hitam, ikan cupang albino memiliki warna mata merah sama seperti ciri khas dari hewan albino lainnya.

Ciri-Ciri Ikan Cupang Cello

  • Tubuh ikan berwarna kemerahmudaan khas daging ikan
  • Pembuluh darah yang terlihat pada tubuh ikan
  • Siripnya jernih atau transparan


Ikan Cupang Black Series

Jenis Ikan Cupang Black Series Betta - ikanhiasku.net
Ikan Cupang Black Series - ikanhiasku.net

Ikan cupang black menjadi pilihan alternatif bagi kamu yang mencari warna lain selain warna-warna cerah yang banyak dipasaran.

Ikan cupang black series ini ada beberapa jenis, seperti Black Samurai, Black Light dan Black Star Galaxy atau yang biasa kita sebut ikan cupang avatar.  Untuk lebih jelasnya kamu bisa baca tentang kategori kontes untuk ikan cupang black series ini.

Sedangkan dari kepekatan warna hitamnya, ikan cupang black terbagi lagi menjadi beberapa jenis utama. Jenis baru tersebut hasil dari kawin silang oleh breeder profesional yang terus mengembangkan dan mencari alternatif warna baru, yang akhirnya menghasilkan jenis ikan cupang black berikut :

  • Ikan Cupang Black Melano
  • Ikan Cupang Black Lace
  • Ikan Cupang Black Devil
  • Ikan Cupang Black Orchid
  • Ikan Cupang Black Ice

Buat kalian yang ingin lebih tahu tentang ikan cupang black mulai dari penjelasan jenis-jenisnya, ciri-ciri, reproduksi dan pengembang biakkannya. Kamu bisa lihat di Jenis dan Ciri-Ciri Ikan Cupang Black.

Ciri-Ciri Ikan Cupang Black

  • Tubuh ikan dan sirip berwarna hitam pekat
  • Mata ikan berwarna hitam sesuai dengan warna tubuhnya
  • Warna pada tubuhnya dapat berpadu dengan warna lain, namun warna hitam tetap dominan.
  • Pada Ikan Cupang Black Melano, female jenis ini mandul dan tidak bisa berkembang biak. Oleh karenanya untuk budidaya ikan ini, dilakukan melalui indukan cupang black jantan.


Ikan Cupang White Platinum

Ikan Cupang White Platinum Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang White Platinum - (pic:wooarts.com)

Kalau sebelumya ikan cupang black berwarna hitam pekat, maka ikan cupang white platinum memiliki warna dominan putih. 

Warna putih pada ikan ini menutupi seluruh tubuh dan sirip ikan, hanya matanya yang berwarna hitam. Dengan warna putih diseluruh badannya menjadikan ikan ini terlihat lebih elegan, dan cantik.

Warna ini sangat cocok dipelihara oleh kaum wanita yang menginginkan keindahan dan kesederhanaan.

Ciri-Ciri Ikan Cupang White Platinum

  • Seluruh Tubuh ikan cupang berwarna putih pekat dan tidak ada bercak warna lain pada tubuhnya
  • Warna sirip mengikuti warna tubuhnya yang berwarna putih susu
  • Hanya pada bagian mata yang berwarna hitam


Ikan Cupang Opaque / Pastel

Ikan Cupang Opaque atau Pastel Betta - ikanhiasku.net

Ikan Cupang Opaque / Pastel - (pic : bettafishcare.org)

Ikan Cupang Opaque memiliki warna kusam atau cenderung memiliki warna putih yang lebih tipis dibandingkan dengan cupang white platinum. Hal tersebut disebabkan oleh gen yang memberikan warna putih susu diatas warna lainnya, sehingga terlihat agak kusam.

Oleh karena itu, pada warna lain juga terdapat versi warna opaque atau buram pada semua warna utama, seperti merah, hijau, dan biru. Pada beberapa warna tersebut, ikan ini disebut ikan cupang pastel dan dianggap sebagai jenis tersendiri.

Ciri-Ciri Ikan Cupang Opaque / Pastel

  • Memiliki warna yang lebih buram dari warna utama, seperti putih, merah, biru dan hijau.
  • Warna buram tersebut terdapat pada tubuh dan sirip ikan.


Ikan Cupang Super Red

Ikan Cupang Super Red Betta - ikanhiasku.net
Ikan Cupang Super Red - (pic:imgur.com)

Warna merah pada ikan cupang merupakan warna yang umum kita temui di pasaran. Meskipun demikian warna merah solid pada ikan cupang menambah kegaharan pada ikan cupang.

Yang disukai dari jenis cupang super red yaitu warna merah terang menyala dan solid, namun terkadang ketika kamu nge-breed ikan super red ada anakan yang masuk ke jenis red wash yang sebagian besarnya kurang diminati karena warna yang tidak solid merah.

Ciri-Ciri Ikan Cupang Super Red

  • Warna merah teang menyala dan solid, tidak terdapat warna lain di tubuh dan siripnya
  • Jika ada warna lain pada ikan super red, warna tersebut hanya terdapat pada ujung dasi yang berwarna putih dan matanya yang berwarna hitam


Ikan Cupang Orange

Ikan Cupang Orange Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Orange - (pic:500px.com)

Ikan cupang dengan warna oranye cukup sulit untuk ditemukan, bahkan jika kamu menemukannya biasanya itu adalah jenis dengan warna tangerine yang agak kekuningan.

Seringkali ikan cupang oranye dalam pencahayaan yang buruk, seringkali terlihat berwarna merah. Oleh karena itu, untuk menampilkan warna terbaiknya kamu membutuhkan pencahayaan yang baik. Agar warna oranye nya dapat terlihat.

Ciri-Ciri Ikan Cupang Orange

  • Seluruh tubuh dan siripnya berwarna oranye solid, dengan pencahayaan yang baik warna oranye tersebut dapat terlihat.
  • Warna pada matanya berwarna hitam cerah
  • Biasanya warna orange terdapat pada cupang halfmoon atau cupang nemo orange base dan ini sangat jarang


Ikan Cupang Orange Dalmation

Ikan Cupang Orange Dalmation Betta - ikanhiasku.net
Ikan Cupang Orange Dalmation - (pic:bettatime)

Ikan cupang orange dalamation sangat jarang ditemukan. Ikan ini memiliki warna orange pucat dengan bintik-bintik oranye gelap pada tubuh dan siripnya.

Warna ini juga sering disebut dengan nama "Apricot Spots" atau "Orange Spotted Betta" karena bintik-bintik oranyenya.

Ciri-Ciri Ikan Cupang Orange Dalmation

  • Warna oranye pucat pada tubuh dan siripnya
  • Terdapat bintik-bintik oranye gelap diseluruh tubuh


Ikan Cupang Yellow Banana

Ikan Cupang Yellow Banana Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Yellow Banana - (pic:justbetta.com)

Ikan cupang yellow banana memiliki warna kuning cerah dan solid pada tubuh dan siripnya. Sehingga dengan warna tubuhnya yang seperti buah pisang disebutlah ikan ini dengan nama Cupang Yellow Banana.

Ciri-Ciri Ikan Cupang Yellow Banana

  • Warna kuning solid pada tubuh dan siripnya
  • Warna pada matanya berwarna hitam cerah


Ikan Cupang Yellow Pinneaple

Ikan Cupang Yellow Pinneaple Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Yellow Pinneaple - fishkeepingworld.com

Ikan cupang yellow pinneaple ini berbeda dengan cupang yellow banana, yang membedakannya adalah corak yang lebih gelap di sekitar sisiknya sehingga memberikan tampilan seperti sisil nanas.

Sebetulnya ikan cupang kuning dikenal sebagai ikan "non-red" dan bisa memiliki warna kuning yang bervariasi. Mulai dari kuning yang sangat ringan hingga warna kuning solid.

Ciri-Ciri Ikan Cupang Yellow Pinneaple

  • Warna kuning pada tubuh dan sirip ikan ada yang solid dan ada juga yang tidak terlalu solid
  • Pada bagian sisik, terdapat bagian gelap disekitaran sisik
  • Bagian gelap tersebut yang mengakibatkan ikan memiliki tampilan seperti nanas


Ikan Cupang Blue

Ikan Cupang Blue Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Blue - (pic:aquabid.com)

Ikan cupang dengan warna biru biasa kita temui pada ikan besgel atau ikan plakad classic. Pada warna biru terdapat juga corak yang hadir pada ikan cupang.

Ikan Cupang Blue yang asli sering dilihat sebagai warna Blue Wash karena tidak memiliki warna biru yang solid. Tetapi kamu juga dapat menemukan warna biru yang lain seperti Steel Blue atau Royal Blue.

Ciri-Ciri Ikan Cupang Blue

  • Warna biru mendominasi seluruh tubuh dan siripnya
  • Pada cupang blue wash tubuh ikan tidak sepenuhnya bewarna biru, namun ada warna lain yang bocor pada tubuhnya misal warna hitam.


Ikan Cupang Steel Blue / Royal Blue

Ikan Cupang Steel Blue Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Steel Blue - (pic:flickr.com)

Ikan cupang biru yang memiliki warna solid diseluruh tubuh dan siripnya sering disebut dengan nama cupang steel blue dan royal blue

Cupang Steel Blue memiliki karakteristik warna biru yang dingin dan keabu-abuan. Sedangkan Cupang Royal Blue memiliki karakteristik warna biru yang cerah.

Ikan Cupang Royal Blue - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Royal Blue - (pic:freshwateraquarium.org)

Ciri-Ciri Ikan Cupang Steel Blue / Royal Blue

  • Pada cupang Steel Blue warna biru pada ikan lebih ke abu-abuan atau biru muda.
  • Pada cupang Royal Blue warna biru pada ikan lebih terang dan cerah.
  • Warna biru yang dimiliki ikan cupang steel blue / royal blue lebih solid dibanding warna blue wash


Ikan Cupang Blue Rim

Ikan Cupang Blue Rim Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Blue Rim - (pic:fishtanklive.blogspot.com)

Saat ini ikan cupang blue rim menjadi salah satu ikan yang memiliki harga fantastis, dan layak diberi nama jenis sendiri.

Meski sebetulnya cupang blue rim merupakan varietas dari cupang bicolor yang memiliki pola dua warna solid yang terdapat pada siripnya.

Ciri-Ciri Ikan Cupang Blue Rim

  • Pada tubuhnya memiliki warna putih solid dan tidak terdapat bercak warna lain.
  • Pada setiap ujung siripnya terdapat warna biru solid yang menyebar sekitar 50% dari sirip ikan. dan 50% lainnya berwarna putih solid.
  • Ikan Cupang Blue Rim yang berkualitas tidak memiliki warna biru pada bagian tubuhnya, warna biru hanya terdapat pada sisi setiap siripnya.


Ikan Cupang Purple / Violet / Ungu

Ikan Cupang Ungu - Ikanhiasku.net

Ikan Cupang Ungu - (pic:bettafishsecrets.com)

Hampir tidak pernah ada ikan cupang yang memiliki warna ungu sesungguhnya namun yang mungkin sering kamu temui adalah warna violet atau biru keunguan dengan warna copper pada tubuhnya.

Namun ada beberapa cupang yang memiliki warna ungu solid dan juga beberapa spesimen bertubuh ungu dengan sirip warna sekunder yang keluar pada bagian bawah.

Ciri-Ciri Ikan Cupang Purple / Violet / Ungu

  • Memiliki warna ungu pada tubuh dan siripnya
  • Meski warna ungunya bukan warna ungu sejati, melainkan warna biru keunguan dengan warna copper.
  • Sangat sulit ditemui di pasaran


Ikan Cupang Turquoise

Ikan Cupang Turquoise Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Turquoise Betta - (Pic : Momo Betta USA)

Warna turqoise pada ikan cupang sangat sulit untuk didefinisikan, Turquoise sendiri adalah warna biru kehijauan. Jadi warna turquoise berada diantara warna biru dan hijau, yang akhirnya warna ini dapat terlihat seperti biru polos atau hijau polos dalam keadaan dan pencahayaan tertentu.

Cara untuk menentukan apakah ikan cupang memiliki warna turquoise atau tidak, yaitu dengan melihat bahwa ikan berwarna "terlalu hijau" untuk disebut biru dan kemudian menyinarinya.

Bila memang benar warna turquoise maka kamu tidak akan melihat warna kuning sama sekali, namun terdapat warna kuning kemungkinan besar itu merupakan warna hijau.

Ciri-Ciri Ikan Cupang Turqoise

  • Tubuh dan siripnya memiliki warna turquoise, yaitu warna biru kehijauan.
  • Menentukan warna turquoise asli atau tidak, kamu dapat mengujinya dengan cara menyinarinya dengan senter atau flash HP kamu.


Ikan Cupang Green

Ikan Cupang Hijau - Green Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Hijau (pic : aquabid.com)

Ikan cupang dengan warna hijau sejati sangat sulit ditemukan, yang sering disangka warna hijau oleh kebanyakan orang sebenarnya lebih cenderung warna turquoise

Warna hijau sejati sangat sulit ditemukan pada sebagian besar ikan cupang dan akan telihat seperti ikan besgel dan ikan cupang berwarna gelap lainnya, kecuali disinari dengan senter atau flash hp.

Warna hijau sejati dapat dilihat dengan mata telanjang sehingga masih memungkinkan untuk kamu menemukan varietas ini. Warna hijau gelap menjadi jenis ikan cupang hijau yang sangat berharga.

Ciri-Ciri Ikan Cupang Green

  • Warna hijau terdapat pada tubuh dan sirip ikan
  • Warna hijau sejati sangat sulit untuk ditemukan
  • Yang sering ditemukan biasanya warna turquoise yaitu biru-kehijauan dan tidak murni warna hijau


Ikan Cupang Copper / Metallic

Ikan Cupang Metalik - Copper Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Metalik - Copper Betta - (pic : bettafish.com)

Ikan cupang dengan warna copper atau metallic dapat dilihat dari kilauan yang terdapat pada tubuhnya. 

Ikan cupang copper hadir dengan warna gold, metallic, atau warna copper / tembaga. Beberapa coraknya ada yang berwarna biru, teal, ungu metallic yang menyala.

Dibawah pencahayaan yang redup cupang copper terlihat keperakan atau kecoklatan, tetapi dibawah pencahayaan yang lebih kuat, kilau copper yang menakjubkan dapat dilihat.

Ciri-Ciri Ikan Cupang Copper

  • Lapisan iridescent pada cupang coppers sangat kuat, sehingga warna yang dihasilkan akan terlihat mengkilau bila di tembak cahaya
  • Cupang copper umumnya berwarna tembaga, silver / perak, dan gold / emas.


Ikan Cupang Chocolate

Ikan Cupang Coklat - Chocolate Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Coklat - Chocolate Betta - (pic : aquariacentral.com)

Sebenarnya Ikan cupang chocolate bukan merupakan jenis yang diakui secara resmi, penamaan ini digunakan karena lebih umum dan mudah diterima banyak orang.

Penamaan Chocolate umumnya ditujukan kepada ikan cupang yang memiliki tubuh berwarna coklat dengan sirip kuning atau oranye. Pada dasarnya ikan ini merupakan jenis varietas bicolor, nanti kita akan bahas dibawah.

Yang membuat keliru adalah sebagian yang menyebutkan berbagai variasi warna yang juga disebut Chocolate seperti hampir hitam, hijau tua atau biru tua, dimana yang kita ketahui istilah yang tepat untuk variasi warna tersebut adalah mustard gas.

Ciri-Ciri Ikan Cupang Chocolate

  • Tubuhnya berwarna coklat dengan sirip berwarna kuning atau oranye
  • Hampir mirip dengan cupang mustard gas


Ikan Cupang Mustard Gas

Ikan Cupang Mustard Gas - Mustard Gas Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Mustard Gas - Mustard Gas Betta - (pic : justbetta.com)

Cupang mustard gas merupakan varietas lain dari bicolor yang dianggap layak untuk diberikan nama sendiri. Warna ini mengacu pada warna tubuh yang berwarna biru gelap, steel blue atau hijau dengan sirip kuning atau oranye.

Cupang mustard gas sering keliru disebut cupang chocolate meski seharusnya hanya berlaku untuk ikan yang memiliki tubuh cokelat.

Ciri-Ciri Cupang Mustard Gas

  • Tubuhnya berwarna biru gelap
  • Siripnya berwarna kuning atau oranye
  • Pada pangkal siripnya berwarna sedikit biru


Ikan Cupang Wild / Alam

Ikan Cupang Alam - Wild Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Alam - Wild Betta - (pic : @franks_betta)

Meski Wild Betta juga memiliki pola yang berbeda dibandingkan ikan cupang yang biasa kita temui, namun untuk warna dari cupang alam / Wild Betta sangat khas sehingga dapat dikategorikan sendiri berdasarkan warna.

Beberapa Wild Betta memiliki warna tubuh hijau atau biru iridescent dan ada juga yang memiliki waena merah atau biru pada siripnya. Tubuhnya beberapa ada yang berwarna oranye juga tergantung dari jenis wild betta tersebut.

Ciri-Ciri Wild Betta / Cupang Alam

  • Tubuhnya ada yang memiliki warna hijau atau biru iridescent termasuk ekornya
  • Sebagian wild betta juga memiliki warna tubuh oranye
  • ada garis hitam melintang dari wajah hingga ekor, biasanya terlihat ketika ikan ini pucat.


Ikan Cupang Albino

Ikan Cupang Albino - Albino Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Albino - Albino Betta - (pic : fishforum.net)

Ikan cupang albino sangat sulit ditemukan. Cupang albino memiliki warna putih pada tubuhnya dan tranparan pada siripnya. 

Berbeda dengan ikan cello, putih pada ikan cupang albino merupakan warna yang solid tanpa pigmentasi sama sekali sehingga warna yang dihasilkan hanya putih.

Sama seperti hewan albino lainnya, mata pada ikan cupang albino berwarna merah muda atau merah. Jadi, kalau kamu memiliki ikan cupang albino atau ingin membeli cupang albino lihat saja warna matanya.

Jika hitam maka dapat dipastikan kalau ikan cupang tersebut hanyal jenis putih yang biasa bukan ikan cupang albino.

Ciri-Ciri Ikan Cupang Albino

  • Tubuh cupang albino berwarna putih solid
  • Warna sirip pada ikan cupang albino lebih transparan namun tetap ada warnanya, berbeda dengan ikan cupang cello
  • Warna mata ikan cupang albino berwarna merah muda atau merah


Jenis ikan cupang berdasarkan warna yang kami ulas di web ini sekitar 20 jenis ikan cupang berdasarkan warnanya, namun tidak dapat dipungkiri bahwa di masa yang akan datang akan bertambah banyak variasi warna yang ada pada ikan cupang.

Dikarenakan masih banyak para breeder yang mencoba untuk mengkawinsilangkan jenis cupang yang satu dengan jenis cupang lainnya. 

Baik itu untuk mendapatkan jenis cupang yang baru, warna cupang yang baru ataupun untuk memperbaiki form yang dimiliki ikannya.

Kita akan lanjut membahas jenis-jenis ikan cupang, setelah mengetahui jenis ikan cupang berdasarkan warnanya. Kini akan kami coba bahas jenisi ikan cupang berdasarkan bentuk ekornya. Berikut ulasannya.


Jenis Ikan Cupang Berdasarkan Pola / Corak Warna

Jika sebelumnya kami menjelaskan jenis ikan cupang berdasarkan warnanya, untuk selanjutnya kami akan ulas jenis ikan cupang berdasarkan pola atau corak warnanya.

Pola / corak warna pada tubuh dan sirip ikan menjadi salah satu faktor penting daya tarik ikan cupang hias.

Beberapa ada yang tidak memiliki pola sehingga terlihat polos begitu saja, namun adapula yang memiliki pola atau corak warna yang menambah keindahan dari ikan cupang itu sendiri.

Karena banyaknya pola / corak pada ikan cupang, sehingga perlu di klasifikasi atau dikelompokkan berdasarkan jenis pola yang sering muncul pada ikan.

Hal ini juga menjadi penting karena biasanya pola ini yang akan menjadi kategori dan penilaian di kontes ikan cupang.

Mari kita simak penjelasan dari pola / corak warna yang umum dijumpai pada ikan cupang.


Pola / Corak Warna Solid

Ikan Cupang Super Black - Super Black Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Super Black - Super Black Betta - (pic : Momo Bettas USA)

Ikan cupang yang memiliki pola / corak warna solid adalah ikan cupang yang hanya memiliki satu warna saja dan solid diseluruh tubuh dan siripnya. Diantaranya yellow (kuning), red (red), white (putih), black (hitam), oranye dan cello.

Ciri-Ciri Cupang yang Memiliki Pola Warna Solid

  • Memiliki satu warna tebal dari mulai kepala hingga ekor
  • Tidak ada warna lain selain warna dasarnya

Jenis Ikan Cupang Yang Memiliki Pola Warna Solid

  • Ikan Cupang Super Red
  • Ikan Cupang Yellow Banana
  • Ikan Cupang Super Black
  • Ikan Cupang White Platinum
  • Ikan Cupang Cello


Pola / Corak Warna Line Fancy

Ikan Cupang Yellow Fancy - Yellow Fancy Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Yellow Fancy - Yellow Fancy Betta - (pic : pinterest.com)

Cupang Fancy merupakan line yang memiliki dua warna di tubuh dan siripnya namun warna tersebut tidak berpola atau seperti jenis bi colored.

Warna yang biasa kita temui di ikan cupang fancy yaitu warna merah, kuning, orange, coklat dan ungu. Namun warna ungu sangat sulit untuk ditemukan pada ikan cupang hias.

Line Fancy mulanya dikembangkan dari ikan cupang mustard gas yang dikawin silangkan dengan jenis yang lain. Sehingga terciptalah jenis baru yaitu cupang fancy, baru dari sinilah banyak perkembangan warna-warna lain.

Ciri-Ciri Cupang Line Fancy (Menurut UBF-Universal Betta Federation)

  • Memiliki warna dasar solid berwarna merah, kuning dan oranye
  • Memiliki 2 warna metalik atau iridescent diatas warna dasar
  • 2 warna metalik atau iridescent harus menampilkan efek marble atau grizzle

Jenis Ikan Cupang Line Fancy

  • Ikan Cupang Yellow Fancy
  • Ikan Cupang Red Fancy
  • Ikan Cupang Fancy Copper
  • Ikan Cupang Hellboy
  • Ikan Cupang Yellow Hellboy


Corak Warna / Pola Bicolor

Ikan Cupang Pola Bi Color - Bicolor Pattern Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Bicolor - Bicolor Betta - (pic:petfishplace.com)

Ikan cupang dengan pola bicolor (dua warna) yakni cupang tersebut memiliki warna tubuh dan sirip yang berlainan dan hanya dua warna, itulah kenapa dinamakan dengan pola bicolor.

Dalam kontes cupang kategori cupang bicolor dibagi menjadi dua, cupang bicolor terang dan cupang bicolor gelap.

Cupang bicolor terang, memiliki warna tubuh yang terang dan memiliki sirip yang gelap atau kontras dengan warna tubuhnya yang terang. Perpaduan warna tersebut lebih disukai, dibandingkan sirip yang berwarna terang juga.

Cupang bicolor gelap, memiliki warna tubuh yang solid (satu warna dari enam warna solid yang diterima). Sirip dapat berwarna transparan atau cerah sehingga kontras dengan warna tubuhnya.

Dalam kontes, dua jenis diatas baik yang bicolor terang maupun bicolor gelap harus memiliki dua warna saja. Jika ada warna lain makan akan didiskualifikasi dalam kontes.

Pengecualian untuk shading pada kepala ikan cupang yang memang ada pada sebagian besar ikan.

Ciri-Ciri Cupang Bicolor

  • Warna tubuh berlainan dengan warna sirip
  • Cupang bicolor terang memiliki warna tubuh terang dan sirip gelap
  • Cupang bicolor gelap memiliki warna tubuh gelap dan sirip terang atau transparan


Corak Warna / Pola Butterfly

Ikan Cupang Pola Butterfly - Butterfly Pattern Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Pola Butterfly - Butterfly Pattern Betta - (pic:modestfish.com)

Cupang dengan pola butterfly hampir sama dengan pola bicolor yang membedakannya adalah pada pola butterfly warna pada tubuh memanjang hingga ke sirip.

Ikan cupang disebut pola butterfly atau kupu-kupu jika ikan tersebut memiliki warna tubuh solid tunggal yang memanjang hingga ke bagian tengah sirip.

Warnanya pun berhenti pada garis batas yang tegas dan ujung siripnya berwarna pucat atau transparan. Jadi sirip cupang butterfly memiliki dua warna, warna pertama merupakan warna solid sama seperti warna tubuhnya dan warna yang kedua merupakan warna pucat atau transparan.

Namun bisa juga warna tubuhnya putih bersih atau terang dan warna siripnya gelap sehingga terlihat kontras.

Batas warna yang ideal pada sirip ikan adalah 50:50 namun biasanya warna ideal tersebut jarang ditemukan sehingga dapat ditoleransi sekitar 20:80.

Ciri-Ciri Cupang Butterfly

  • Memiliki 2 warna yang kontras
  • Warna tubuh dan sirip berlainan
  • Pada sirip ikan memiliki 2 warna, warna dari tubuhnya dan warna asli siripnya sebesar 50:50 atau 20:80 masih ditoleransi.

Jenis Ikan Cupang Butterfly

  • Ikan Cupang Blue Rim
  • Ikan Cupang Blue Butterfly
  • Ikan Cupang Red Rim
  • Ikan Cupang Red Butterfly
  • Ikan Cupang Salamander
  • Ikan Cupang Halfmoon Butterfly


Corak Warna / Pola Cambodian

Ikan Cupang Pola Cambodian - Cambodian Pattern Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Pola Cambodian - Cambodian Pattern Betta - (pic:picfair.com)

Cupang cambodian atau pattern cambodian sebenarnya merupakan variasi dari bicolor. Karena beberapa alasan sehingga pola atau pattern cambodian ini diberikan nama sendiri.

Cupang cambodian merupakan cupang bicolor dengan tubuh pucat/warna daging putih atau pink dengan siripnya yang berwarna solid cerah. Biasanya warna merah atau hijau namun dapat muncul warna lainnya.

Ciri-Ciri Cupang Cambodian

  • Warna tubuhnya pucat seperti warna daging pink atau putih
  • Siripnya berwarna cerah solid, biasanya berwarna merah
  • Pattern atau pola combodian merupakan variasi dari bicolor
  • Sehingga memiliki 2 warna utama di tubuh dan ekornya


Corak Warna / Pola Multicolor

Ikan Cupang Multicolor - Multicolor Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Multicolor - Multicolor Betta - (pic:@topengbetta)

Cupang mulitcolor yaitu ikan yang memiliki tiga warna atau lebih pada tubuh dan siripnya serta tidak masuk ke pattern atau pola yang lain.

Kebanyakan yang masuk kedalam kategori multicolor adalah cupang marble, karena genetik warnanya yang lompat-lompat dan tidak beraturan sehingga terlalu banyak variasi pada pola tersebut. Selama ikan cupang tersebut memiliki 3 warna atau lebih maka bisa dikatakan itu adalah cupang marble multicolor atau cupang multicolor.

Ciri-Ciri Cupang Multicolor

  • Memiliki 3 warna pada tubuh dan siripnya
  • Pola warnanya acak dan tidak beraturan seperti pola lainnya
  • Sama seperti cupang marble, namun cupang multicolor memiliki campuran warna yang lebih banyak

Jenis Ikan Cupang Multicolor

  • Ikan Cupang Nemo Multicolor
  • Ikan Cupang Nemo Candy


Corak Warna / Pola Marble

Ikan Cupang Blue Marble - Blue Marble Betta - Ikanhiasku
Ikan Cupang Blue Marble - Blue Marble Betta - (pic : pinterest.com)

Cupang marble memiliki pola bercak tidak teratur atau seperti percikan diseluruh tubuh dan siripnya.

Ikan cupang marble memiliki transposon atau gen melompat (jumping gene). Karena itulah warna pada cupang marble bisa saja berubah-rubah, terutama ketika ikan masih muda. 

Hal ini diakibatkan jumping gene sehingga mempengaruhi pigmen warna pada tubuh dan ekor ikan. Perubahan warna dan pola tersebut yang biasa kita kenal dengan sebutan mutasi.

Semua jenis marble memiliki pola marmer pada tubuhnya namun tidak harus ada pada siripnya. Beberapa memiliki sirip transparan dan yang lainnya memiliki pola marble atau marmer pada siripnya.

Ciri-Ciri Cupang Marble

  • Memiliki pola bercak tidak teratur di seluruh tubuh dan siripnya
  • Warna dan pola pada cupang marble bisa berubah-rubah yang biasa disebut dengan mutasi
  • Pada bagian siripnya ada yang transparan dan ada pula yang memiliki pola marmer seperti pada tubuhnya
  • Terdapat jumping gene yang mengakibatkan pola pada ikan berubah

Jenis Ikan Cupang Marble

  • Ikan Cupang Koi
  • Ikan Cupang Yellow Koi
  • Ikan Cupang Black Koi
  • Ikan Cupang Red Koi
  • Ikan Cupang Orange Koi
  • Ikan Cupang Nemo
  • Ikan Cupang Dalmation
  • Ikan Cupang Candy
  • Ikan Cupang Blue Marble


Corak Warna / Pola Grizzle - Efek Lukisan

Ikan Cupang Grizzle - Grizzle Betta - Ikanhiasku
Ikan Cupang Grizzle - Grizzle Betta - (pic : betta.solutions)

Ikan cupang dengan pola grizzle memiliki pola acak tidak teratur dengan tubuh berwarna pastel atau opaque/transparan. Dan memiliki lapisan warna warni diatas tubuh yang buram.

Tidak seperti cupang marble, cupang grizzle memiliki warna yang relatif lebih stabil.

Tubuh dan sirip ikan harus menampilkan efek goresan kuas atau kuas cat warna. Setidaknya ada dua warna yang berbeda dari warna sirip. 

Untuk kontes cupang kategori grizzle harus memiliki warna gelap dan terang yang rata, sehingga ada rasio 50/50.

Ciri-Ciri Cupang Grizzle

  • Memiliki Corak warna/pola grizzle yang tidak teratur atau acak
  • Tubuhnya berwarna pastel atau opaque
  • Warna lapisan luar tubuhnya dan siripnya berwarna-warni.
  • Warna pada tubuh dan siripnya lebis stabil dibanding jenis marble


Corak Warna / Pola Mask

Ikan Cupang Mask - Mask Betta - Ikanhiasku
Ikan Cupang Mask - Mask Betta - (pic : kaskus.id)

Perlu diketahui bahwa ikan cupang memiliki kepala atau wajah yang cenderung lebih gelap dibanding bagian tubuhnya.

Namun pada pola mask atau topeng, kepala ikan memiliki warna yang sama persis seperti warna pada tubuhnya.

Cupang dengan pola mask ini biasanya memiliki variasi warna putih, biru, copper, turquoise dan hijau. Meskipun ditemukan dalam banyak warna lainnya.

Ciri-Ciri Cupang Mask / Topeng

  • Kepala ikan tidak berwarna hitam gelap
  • Warna dari kepalanya cenderung mengikuti warna tubuh ikan
  • Pola warna pada wajahnya seperti topeng
Ikan Cupang Mask - Mask Betta - Ikanhiasku
Ikan Cupang Mask - Mask Betta - (pic : kaskus.id)

Jenis Ikan Cupang Mask

  • Ikan Cupang Black Samurai
  • Ikan Cupang Blue Samurai
  • Ikan Cupang Red Samurai


Corak Warna / Pola Dragon

Ikan Cupang Dragon - Dragon Betta - Ikanhiasku
Ikan Cupang Dragon - Dragon Betta - (pic : Youtube/Carlos Diez)

Pola dragon relatif baru dan cukup populer karena penampilannya yang mencolok hampir seperti metalik.

Cupang dragon memiliki warna dasar yang solid dan cerah seperti warna merah dan memiliki sisik yang tebal pada tubuhnya. Sisiknya berwarna metalik, opaque dan iridescent yang membuat tubuh ikan seakan tertutup oleh sisik naga yang keras

Istilah Dragon sering keliru digunakan dalam komunitas ikan cupang yang merujuk pada ikan yang memiliki sisik tebal yang menutupi tubuh dan wajahnya.

Namun cupang dragon sejatinya bukan hanya bersisik tebal, tetapi ikan dengan sisik opaque, putih, metalik dan variasi lainnya. Jika tidak memiliki sifat-sifat ini, ikan dapat diklasifikasikan sebagai cupang metalik.

Jadi tidak semua cupang yang terlihat metalik adalah dragon dan nama ini sering diberikan secara keliru pada ikan yang berada diluar deskripsi pola dragon.

Ciri-Ciri Cupang Dragon

  • Memiliki sisik yang tebal
  • Sisik pada tubuhnya berwarna putih, opaque dan metalik
  • Warna dasar cupang dragon berwarna solid dan cerah.

Jenis Ikan Cupang Dragon

  • Ikan Cupang Black Dragon
  • Ikan Cupang Red Dragon
  • Ikan Cupang Orange Dragon
  • Ikan Cupang Yellow Dragon
  • Ikan Cupang Green Dragon


Corak Warna / Pola Top Layer / Top Layer Pattern

Ikan Cupang Top Layer - Top Layer Betta - Ikanhiasku
Ikan Cupang Top Layer - Top Layer Betta

Ikan cupang memiliki 5 layer atau 5 lapis warna pada tubuhnya. Setiap lapisan bertanggung jawab terhadap warna tertentu. Dengan banyaknya layer memberikan berbagai macam corak warna pada ikan.

Urutan top layer pada ikan cupang :

  1. Pada layer teratas ada warna metalik Copper dan Dragon
  2. Layer kedua diisi dengan warna biru metalik Turquoise, Steel Blue, Royal Blue
  3. Layer ketiga yang bertanggung jawab atas warna Hitam
  4. Layer keempat diisi dengan warna Merah
  5. Layer kelima diisi dengan warna Kuning

Top layer pattern merupakan kombinasi lapisan warna teratas ikan cupang hias, kombinasi dari layer tersebut memberikan tampilan baru pada ikan cupang.

Ciri-Ciri Cupang Top Layer Pattern

  • Pada tubuh ikan memiliki warna solid hitam
  • Terdapat sisik dragon
  • Sirip berwarna acak mengikuti layer dari tubuh ikan

Jeni Ikan Cupang Top Layer Pattern

  • Ikan Cupang Black Samurai
  • Ikan Cupang Blue Samurai
  • Ikan Cupang Red Samurai
  • Ikan Cupang BBL (Black Blue Light)
  • Ikan Cupang Avatar / Black Star Galaxy
  • Ikan Cupang Mamba


Corak Warna / Pola Piebald

Ikan Cupang Piebald - Piebald Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Piebald - Piebald Betta - (pic : Betta138.blogspot.com) 

Cupang piebald memiliki wajah/kepala berwarna pucat, merah muda, putih atau berwarna daging apapun warna tubuhnya.

Bagian tubuhnya berwarna gelap pekat, tetapi memiliki pola seperti butterfly pada siripnya dan memiliki sedikit pola marble.

Ciri-Ciri Cupang Piebald

  • Kepala ikan berwarna pucat, putih atau merah muda seperti warna daging
  • Tubuhnya memiliki warna yang solid
  • Warna solid tersebut kadang memiliki pola seperti butterfly atay marble

Jenis Ikan Cupang Piebald

  • Ikan Cupang Monster
  • Ikan Cupang Apache


Corak Warna / Pola Wild Betta

Corak Warna Ikan Cupang Alam - Wild Betta
Corak Warna Ikan Cupang Alam - Wild Betta - (pic : sdwildbettafarm.com)

Seperti yang kita tahu, wild betta atau cupang alam merupakan ikan cupang liar yang hidup di habitat aslinya. Ada sekitar 60 jenis spesies ikan cupang alam.

Corak warna pada wild betta sangat bervariasi dikarenakan banyaknya spesies cupang liar yang ada dialam.

Kebanyakan memiliki warna merah atau coklat kusam sebagai warna utama di sebagian besar tubuhnya. Namun ada beberapa sisik berwarna biru atau hijau pada tubuh ikan dengan warna biru dan merah pada sirip ikan.

Ciri-Ciri Cupang Alam / Wild Betta

  • Memiliki warna tubuh dengan sisik berwarna biru atau hijau
  • Siripnya berwarna biru dan merah
  • Pola yang khas dibandingkan cupang hias

Jenis Ikan Cupang Alam / Wild Betta

  • Betta Splendens (Siamese Fighting Fish)
  • Betta Belicca (Standard's Betta)
  • Betta Channoides (Snakehead Betta)
  • Betta Macrostoma (Spotfin Betta)
  • Betta Imbelis (Slugger's Betta)
  • Betta Mahachaiensis (Mahachai Betta)
  • Betta Smaragdina (Emerald Betta)


Setelah kami uraikan penjelasan diatas terdapat 13 jenis ikan cupang berdasarkan corak warna atau pola pada ikan cupang, dengan memahami pattern pada ikan cupang kamu bisa lebih pintar dalam memilih ikan mana yang ingin kamu jual/beli atau di ikutkan kontes.

Selanjutnya kita akan baha jenis ikan cupang berdasarkan bentuk ekor, mungkin sebagian dari kalian sudah mengetahui nama-nama atau kodenya, namun ternyata ada sekitar 12 bentuk ekor ikan cupang yang perlu kamu ketahui. Sudah tau semuanya ?


Jenis Ikan Cupang Berdasarkan Bentuk Ekor

Bentuk ekor ikan cupang yang biasa kita temui dipasaran biasanya seperti halfmoon, double tail, rosetail, plakat, dll. Diantara bentuk ekor cupang tersebut ternyata masih ada banyak lagi bentuk ekor ikan cupang yang diketahui sampai saat ini, setidaknya ada sekitar 12 bentuk ekor ikan cupang.


Cupang Plakat (PK)

Ikan Cupang Plakat - Plakat Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Plakat - Plakat Betta - (pic : aquafood.co.uk)

Cupang plakat memiliki singkatan atau kode PK yang nantinya untuk memudahkan dalam menentukan kategori kontes ikan cupang.

Cupang plakat adalah jenis cupang yang berekor pendek yang lebih dekat hubungannya dengan betta splendens yang ditemukan di alam liar.

Plakad tradisional hanya memiliki ekor bulat pendek dan sedikit runcing. Namun sekarang ada dua jenis plakat hasil dari kawin silang dengan jenis lain yaitu Halfmoon Plakat (HMPK) dan Crowntail Plakat (CTPK)

Plakat Halfmoon merupakan hasil dari kawin silang antara cupang halfmoon dengan cupang plakat, yang menghasilkan ikan cupang berekor pendek tetapi memiliki ekor berbentuk setengah bulan atau 180 derajat.

Sedangkan Plakat Crowntail merupakan hasil kawin silang dari cupang crowntail dengan cupang plakat, yang menghasilkan bentuk ekor seperti crowntail biasa namun memiliki karakteristik dari cupang plakad yaitu berekor pendek.

Ciri-Ciri Cupang Plakat

  • Ekor pendek dengan sedikit runcing
  • Memiliki daya tahan tubuh yang baik terhadap penyakit
  • Beberapa jenis memiliki ekor Halfmoon (HM) dan Crowntail (CT) yang merupakan hasil dari kawin silang


Cupang Double Tail (DT)

Ikan Cupang Double Tail - Double Tail Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Double Tail - Double Tail Betta - (pic : theaquariumadviser.com)

Cupang double tail atau ekor ganda memiliki kode DT, sesuai dengan namanya ikan cupang ini memiliki sirip ekor ganda.

Cupang DT hampir sama seperti cupang halfmoon namun cupang double tail memiliki ekor ganda sejati yakni memiliki dua tangkai ekor, tidak terbelah disiripnya saja.

Ikan cupang double tail harus memiliki sirip yang seimbang ukurannya, tetapi percabangan yang rata lebih diutamakan.

Ikan ini cenderung memiliki tubuh yang pendek serta sirip punggung dan sirip dubur lebih lebar, bentuknya mirip satu sama lain.

Ciri-Ciri Cupang Double Tail

  • Memiliki dua tangkai ekor dan berekor ganda
  • Sirip atas dan bawahnya lebih lebar dibanding ikan cupang lainnya
  • Bentuk sirip atas dan bawahnya mirip satu sama lainnya
  • Ukuran tubuhnya cenderung lebih pendek.


Cupang Round Tail

Ikan Cupang Round Tail - Round Tail Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Round Tail - Round Tail Betta - (pic : bwaquatics.com)

Cupang roundtail atau ekor bulat hampir mirip dengan bentuk delta, namun pada ikan cupang roundtail bentuk ekornya hampir sepenuhnya bulat tanpa ada sudut runcing pada ujung ekornya.

Hampir mirip dengan cupang plakat biasa tetapi ekornya lebih panjang dan lebih penuh dibanding dengan ekor pendek khas plakat.

Ciri-Ciri Cupang Roundtail

  • Memiliki ekor bulat yang memnyerupai lingkaran
  • Ekornya lebih panjang dibanding plakad biasa
  • Tidak terdapat sudut runcing pada ujung ekornya


Cupang Spade Tail

Ikan Cupang Spade Tail - Spade Tail Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Spade Tail - Spade Tail Betta - (pic : Franks Betta)

Cupang spadetail atau ekor sekop sangat mirip dengan cupang roundtail, tetapi pada ujung sirip ekornya meruncing ke satu titik yang membentuk seperti sekop pada kartu remi.

Ikan cupang spadetail kini sudah jarang ditemui lagi walaupun dulu sering dijumpai di pasaran. Jika kamu memelihara ikan ini sekarang. Mungkin dapat menjadi sebuah sesuatu yang beda dibandingkan memelihara dengan ekor bulat.

Ciri-Ciri Cupang Spadetail

  • Ekornya berbentuk seperti sekop pada kartu remi
  • Dengan bentuk bulat standar dan meruncing ke satu titik
  • Sudah jarang ditemui dipasaran


Cupang Veiltail (VT)

Ikan Cupang Veiltail - Veiltail Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Veiltail - Veiltail Betta (pic : aquariumfishindia.com)

Cupang veiltail atau VT merupakan jenis ekor paling umum yang dapat kamu temukan di sebagian besar toko dan pasar ikan hias dengan harga yang relatif murah. Biasanya kita mengenalnya dengan nama cupang slayer.

Bentuk ekor ini merupakan bentuk alami cupang liar yang kemudian dikawinsilangkan, meskipun memiliki ciri khas sendiri, jenis cupang veiltail sudah kurang diminati terutama untuk kualitas kontes.

Cupang veiltail memiliki ekor yang tidak simetris, cenderung layu dan menguncup kebawah. Bahkan ketika flaring (mengembang) yang membuat ikan ini semakin dipandang sebelah mata bila dibandingkan dengan jenis ikan cupang lainnya.

Ciri-Ciri Cupang Veiltail (VT)

  • Ekor panjang dan menjuntai kebawah
  • Ekor tidak simetris
  • Dikenal dengan nama cupang slayer


Cupang Combtail

Ikan Cupang Combtail - Combtail Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Combtail - Combtail Betta - (pic : bettabreeding4u.blogspot.com)

Cupang combtail alias ekor sisir atau cupang serit tunggal sebenarnya hampir mirip dengan cupang crowntail, namun pada cupang combtail setiap ujung ruas nya tidak bercabang dan hanya memiliki ruas tunggal tidak seperti crowntail yang memiliki dua cabang ruas.

Sirip cupang combtail tidak terlalu dramatis seperti yang terlihat pada crowntail.

Ciri-Ciri Cupang Combtail

  • Memiliki serit pada ujung ekornya sehingga berbentuk seperti sisir
  • Berbeda dengan cupang crowntail, cupang combtail hanya memiliki ruas tunggal pada ujung ekornya


Cupang Crowntail (CT)

Ikan Cupang Crowntail - Crown Tail Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Crowntail - Crown Tail Betta (pic : Simply Betta)

Cupang crowntail pertama kali dikembangbiakkan pada tahun 1997di Slipi, Jakarta Barat oleh Ahmad Yusuf. 

Dinamakan cupang crowntail (ekor mahkota) dikarenakan setiap ujung siripinya seperti mahkota. Sedangkan seringkali kita menyebutnya dengan nama cupang serit, dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) serit adalah sisir rambut yang halus dan biasa digunakan untuk mencari kutu.

Cupang crowntail (CT) merupakan salah satu jenis ikan cupang yang paling mudah untuk dikenali, dikarenakan begitu khasnya ikan tersebut.

Ciri-Ciri Cupang Crowntail

  • Memiliki sirip seperti duri atau garpu
  • Pada ujung sirip ekor terdapat dua ruas memanjang

Cupang Deltatail (D) dan Super Deltatail (SD)

Ikan Cupang Super Delta Tail - Super Delta Tail Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Super Delta Tail - Super Delta Tail Betta (pic : alessio.pointnet.eu)

Cupang delta tail memiliki bentuk ekor yang mirip dengan delta (huruf yunani d), yang melebar seperti halfmoon dan diujungnya lebih membulat.

Pada cupang deltatail memiliki bukaan ekor kurang dari 170 derajat, sedangkan pada cupang super deltatail memiliki bukaan ekor sekitar 170-175 derajat. Bila bukaan ekornya mencapai 180 derajat bisa dikatakan cupang halfmoon.

Cupang deltatail dan superdeltatail harus tidak memiliki serit yang berbentuk sisir atau mahkota, ekornya harus memiliki anyaman sampai ke ujung atau menutup sehingga ekor tidak membentuk ujung runcing seperti crowntail.

Ciri-Ciri Deltatail

  • Ekor berbentuk seperti delta (huruf yunani d)
  • Bukaan ekor kurang dari 170 derajat
  • Pada Super deltatail (SD) bukaan ekor antara 170-175 derajat


Cupang Halfsun

Ikan Cupang Halfsun - Halfsun Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Halfsun - Halfsun Betta (pic : petsoid.com)

Cupang halfsun merupakan hasil dari kawin silang antara cupang halfmoon dengan crowntail, sehingga didapatkan ikan cupang dengan bukaan ekor hingga 180 derajat dan memiliki serit memanjang seperti crowntail.

Namun serit tersebut hanya memanjang sedikit saja tidak seperti crowntail yang memiliki serit yang panjang.

Ciri-Ciri Cupang Halfsun

  • Bukaan ekor hingga 180 derajat
  • Ekor berbentuk huruf D (180 derajat) dengan serit diujungnya.


Cupang Halfmoon (HM)

Ikan Cupang Halfmoon - Halfmoon Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Halfmoon - Halfmoon Betta (pic : bettafishaquarium.com) 

Sirip ekor cupang halfmoon memiliki bukaan 180 derajat penuh seperti huruf D atau bentuk setengah bulan. Sirip atas dan sirip bawahnya menyatu dengan sirip ekornya.

Dibandingkan dengan sirip cupang lainnya, sirip cupang halfmoon termasuk yang paling besar dan lebar.

Meskipun cupang halfmoon sangat cantik dan menawan, namun perawatan ikan ini tidak terlalu mudah. Jika tidak telaten memelihara ikan ini, bisa saja ekornya yang besar dan lebar dapat sobek dan rusak.

Ciri-Ciri Cupang Halfmoon

  • Sirip ekor berbentuk setengah bulan dan memiliki bukaan 180 derajat penuh
  • Sirip atas dan bawahnya akan terlihat menyatu saat flaring atau sedang terbuka


Cupang Over Halfmoon (OHM)

Ikan Cupang Over Halfmoon - Over Halfmoon Betta
Ikan Cupang Over Halfmoon - Over Halfmoon Betta (pic : bettafish4u.tumblr.com )

Cupang Over halfmoon atau OHM merupakan variasi dari cupang halfmoon, pada cupang over halfmoon bukaan ekornya akan melebihi 180 derajat atau lebih dari setengah lingkaran.

Cupang OHM akan lebih menawan bila dipelihara di akuarium yang besar, gerakan dari siripnya yang indah akan menjadikan sebuah kesenangan tersendiri saat melihatnya.

Ciri-Ciri Cupang Over Halfmoon

  • Sirip ekor berbentuk lebih dari setengah lingkaran
  • Saat flaring seluruh siripnya akan terlihat menyatu


Cupang Rosetail

Ikan Cuipang Rosetail - Rosetail Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cuipang Rosetail -Rosetail Betta (pic : fishtankadvisor.com)

Cupang rosetail mirip dengan halfmoon dengan bentuk setengah bulan ekstrim, sehingga bukaan sirip ekornya bisa mencapai 180 derajat lebih.

Perbedannya pada cupang reosetail memiliki percabangan yang berlebihan sehingga membuat kesan acak hingga ke ujung ekornya, mirip seperti kelopak bunga mawar yang agak bergelombang.

Ciri-Ciri Cupang Rosetail

  • Ekor panjang dan memiliki bukaan 180 derajat
  • Siripnya memiliki kesan acak dan gelombang di ujung ekornya


Cupang Feathertail

Ikan Cupang Feathertail - Feathaer Tail betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Feathertail - Feathaer Tail betta (pic : bangaloreaquarium.com)

Cupang feathertail sekilas mirip dengan cupang rosetail, dengan sirip yang panjang dan bergelombang. Namun yang membedakan kedua jenis cupang ini adalah jumlah gelombang yang lebih ekstrim dan sedikit tampilan zig-zag.

Ciri-Ciri Cupang Feathertail

  • Ekor panjang dengan bukaan 180 derajat
  • Siripnya memiliki kesan acak dan bergelombang serta kesan zig-zag seperti bulu.


Cupang Dumbo Ear / Elephant Ear / Big Ear

Ikan Cupang Dumbo Ear - Dumbo Ear Betta - Ikanhiasku.net
Ikan Cupang Dumbo Ear - Dumbo Ear Betta (pic : petkeen.com) 

Seperti namanya ikan cupang dumbo ear memiliki khas pada sirip dayungnya yang lebih besar dibandingkan dengan ikan cupang lainnya.

Penamaan cupang dumbo ear, elephant ear dan big ear dilihat dari besar sirip dayungnya. 

Cupang Big Ear, memiliki sirip dayung yang lebih besar dibanding sirip dayung ikan cupang yang biasa.

Cupang Dumbo Ear, memiliki sirip dayung yang lebih besar dari cupang big ear

Cupang Elephant Ear, memiliki sirip dayung yang paling besar diantara jenis dumbo ear lainnya.

Dengan khas dari ikan ini menambah ketertarikan dari ikan cupang jenis ini, namun sangat sulit untuk dikembang biakkan. Karena biasanya ada beberapa anakan yang memiliki sirip dayung yang tak seimbang, sehingga lebih mudah mati ketika masih kecil.

Ciri-Ciri Cupang Dumbo Ear / Elephant Ear / Big Ear

  • Sirip dayung yang lebih besar dibanding ikan cupang lainnya
  • Warna khas tubuhnya berwarna merah dengan ujung siripnya berwarna putih


Berdasarkan dari bentuk ekornya, ikan cupang memiliki sekitar 14 jenis yang dapat dikualifikasikan saat ini, dan jumlah ini dapat terus bertambah.

Masing-masing dari kalian pasti memiliki kesenangan terhadap salah satu jenis diatas, sehingga kita tidak dapat katakan jenis yang satu lebih baik dari jenis yang lain. Karena semuanya adalah ciptaan Tuhan yang sempurna.


Kesimpulan

Banyaknya varietas atau jenis dari ikan cupang tidak terlepas dari banyaknya breeder yang mulai mengawinsilangkan satu jenis ikan cupang dengan jenis ikan cupang lainnya.

Yang akhirnya mulai banyak variasi pada jenis ikan cupang, mulai dari warna, corak atau pola dan bentuk ekornya.

Banyaklah membaca dan mengetahui perkembangan dari ikan cupang sehingga tidak ketinggalan info-info terkini seputar ikan cupang.

Salam Ngedok.

Post a Comment

0 Comments