Tips Merawat Aquarium Air Laut

Aquarium Air Laut - Merawat aquarium air laut tidaklah sulit seperti yang kita bayangkan, sama seperti halnya merawat aquarium air tawar, hanya saja ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

Diantara yang perlu diperhatikan seperti kadar kalsium, amoniak, suhu air, dll. Jika Anda sudah cukup mengerti dalam merawat aquarium air laut, maka sangat mudah bagi Anda untuk memelihara ikan air laut seperti ikan badut dirumah. Anda pun tidak perlu repot-repot mengeluarkan biaya tambahan untuk biaya perawatan karena memanggil jasa untuk merawat aquarium Anda.

Merawat Aquarium Air Laut - Budidaya Ikan
Aquarium Air Laut
Pertama kali ketika membuat aquarium air laut ada beberapa hal yang perlu Anda diketahui :

  1. Peralatan aquarium laut tergolong mahal, namun Anda dapat mensiasatinya dengan cara membuat peralatan sendiri (Do It Yourself) seperti denitrator, skimmer, dan kalsium reaktor. 
  2. Tipe dari sump atau tempat penampungan air ada berbagai macam, tipe sump harus disesuaikan dengan aquarium Anda miliki.
  3. Enam bulan sekali, air dalam aquarium perlu diganti dengan air yang baru. Jika dirasa pergantian air harus dipercepat maka tidak mengapa, tidak perlu menunggu enam bulan.
  4. Anda perlu memikirkan tipe filter apa yang cocok untuk aquarium Anda, ada berbagai macam filter seperti, mekanik, biologi, dan kimiawi. Jenisnya pun sangat beragam seperti, under gravel, canister, filter gantung, wet&dry, dll. 
  5. Coral akan tumbuh dan berkembang dengan baik jika mendapatkan sinar UV atau lampu metal halide.
  6. Jika Anda menggunakan lampu metal halide maka air aquarium akan cepat menjadi panas, maka Anda membutuhkan chiller untuk mendinginkan suhu air.
  7. Penambahan ikan baru ke dalam aquarium perlu dilakukan bertahap dan perlu dikarantina. Karena ikan yang sudah lama suka menyerang ikan baru yang dapat menyebabkan kematian bagi ikan baru.
  8. Tiap jenis ikan dan coral memiliki sifat dan karakternya sendiri, Anda perlu mengetahui hal tersebut agar tidak keliru dalam perawatannya. Contoh : ikan badut membutuhkan anemone sebagai tempat tinggalnya dan anemone membutuhkan ikan badut untuk mendapatkan makanannya.
  9. Ada beberapa ikan hias laut yang memakan coral seperti, angelfish, trigger, dll.
  10. Ikan hias air laut tidak bisa hidup dengan suhu terlalu dingin yang akan menyebabkan penyakit white spot.
  11. Coral atau terumbu karang hidup di suhu 22-26 Celcius
  12. Agar dapat tumbuh dengan baik, Coral membutuhkan kalsium dan makanan seperti potongan daging udang atau ikan.
  13. Kalsium berfungsi untuk menaikkan PH air laut.
  14. Jika kadar amoniak dalam air cukup tinggi akan menurunkan PH dalam air laut.
Itulah 14 tips merawat aquarium air laut di rumah Anda, silahkan mencoba.

[Budidaya Ikan]

Post a Comment

0 Comments