12 Ikan Hias yang Kuat Hidup Tanpa Oksigen di Aquarium, Nomor 11 Ternyata Ikan Ini

ikanhiasku.net - Memelihara ikan hias menjadi salah satu hobby yang kini semakin digemari. Tidak hanya aquarium yang perlu kamu siapkan, namun ada beberapa aksesoris penunjang untuk memelihara ikan hias agar kebersihan aquarium tetap terjaga dan ikan pun tetap sehat.

Beberapa contoh aksesoris aquarium seperti, filter air, aerator, alat pengukur PH air, heater, sirkulator pompa air, dll. Namun komponen yang paling penting diantara lainnya adalah filter air dan aerator

Filter air berfungsi untuk menjaga kebersihan aquarium dan kejernihan air dan aerator berfungsi agar kandungan oksigen didalam air tetap terjaga sehingga ikan dapat bernafas dengan baik.

Ikan Koki dapat hidup tanpa aerator
Ikan Kokit Tanpa Aerator - (foto:gerava.com)

Tapi, ternyata ada jenis ikan hias yang kuat hidup tanpa oksigen atau aerator di aquarium. Bukan tidak membutuhkan oksigen, namun ikan hias ini dapat bertahan meski kamu tidak menambahkan aerator.

Berikut jenis ikan hias yang kuat hidup tanpa aerator di aquarium

Ikan Hias Yang Bisa Hidup Tanpa Oksigen di Aquarium

Jika kamu tidak menggunakan aerator pada aquarium milikmu, yang perlu kamu perhatikan adalah jumlah ikan yang ada didalam aquarium. Kamu tidak bisa memelihara ikan dalam jumlah banyak dikarenakan kandungan oksigen dalam air akan cepat habis. Yang mengakibatkan ikan dapat mati karena kekurangan oksigen.

1. Ikan Cupang / Betta Fish / Betta Splendens

Ikan Cupang - Ikan Hias Yang Kuat Hidup Tanpa Oksigen
Ikan Cupang Nemo Copper - (Instagram:@iwan.krwn)

Ikan cupang memang sudah terkenal dengan ketahanannya, meski hidup di botol yang kecil sekalipun, ikan ini tetap mampu hidup berhari-hari tanpa makanan.

Ikan cupang yang biasa kita temui memiliki nama latin Betta splendens. Karena sifatnya yang agresif, ikan cupang sering dijadikan ikan aduan karena itulah ikan ini memiliki nama lain siamese fighting fish atau ikan petarung siam.

Pada perkembangannya ikan cupang sekarang lebih banyak dijadikan sebagai ikan hias, karena mulai banyak jenis-jenis baru hasil dari persilangan induk cupang. Contohnya seperti Cupang Koi, Cupang Black Samurai, Cupang Avatar Series, Cupang Blue Rim, Cupang Nemo Candy, dll.

Ikan cupang termasuk ikan hias yang populer dan disukai banyak kalangan, mulai dari anak-anak, pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran bahkan ibu rumah tangga.

Selain karena mudah dipelihara dan dibudidayakan, ikan cupang menjadi alternatif ikan hias yang dapat di pelihara di aquarium yang berukuran kecil hingga sedang tanpa menggunakan aerator sekalipun.

Harga Ikan Cupang di pasaran mulai dari Rp. 10.000

Baca Juga Cara Budidaya Ikan Cupang

 

2. Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki - Ikan Hias yang Kuat Hidup Tanpa Oksigen
Ikan Mas Koki - (foto:hewany.com)

Ikan koki sangat sering kita jumpai di toko ikan, tubuhnya yang bulat gemuk dengan cara berenangnya yang unik menambah kesan lucu. Oleh karenanya ikan koki menjadi salah satu ikan hias favorit.

Ikan koki pun sangat mudah untuk dipelihara dan cukup kuat, sangat cocok untuk kamu yang baru memulai hoby ikan hias. Tapi tahukah kamu ? Ternyata ikan koki dapat hidup tanpa aerator di aquarium.

Meski demikian, kamu juga perlu memperhatikan kondisi aquarium dan airnya. Pemberian pakan yang cukup dan kualitas air yang baik akan membuat ikan tetap sehat dan berumur panjang.

Harga Ikan Mas Koki dipasaran bisa cek disini


3. Ikan Pleco Hias

Ikan Pleco Hias - Ikan Hias yang Kuat Hidup Tanpa Oksigen
Ikan Scarlet Pleco - (foto:dictio.id)

Ikan pleco atau yang biasa kita kenal dengan nama ikan sapu-sapu merupakan salah satu ikan yang kuat hidup tanpa oksigen / aerator. Betapa tidak kuat, ikan sapu-sapu dapat ditemukan di sungai yang tercemar dan tetap hidup dengan sehat.

Namun kini dengan banyaknya jenis ikan sapu-sapu yang memiliki corak warna yang indah. Ikan pleco menjadi alternatif ikan hias peliharaan dirumah. Ikan pleco dapat digabungkan dengan ikan hias yang lain. Karena ikan ini cukup pasif dan hidup di dasar aquarium.

Selain karena corak warnanya yang indah, alasan untuk memelihara ikan ini karena ikan pleco bisa membersihkan sisa-sisa makanan ikan yang tidak habis dan juga memakan alga yang tumbuh di aquarium, sehingga aquarium milikmu tetap bersih dan tidak menghijau karena alga.

Selain ikan pleco ada ikan hias pemakan lumut lainnya, silahkan baca 10 Jenis Ikan Hias Pemakan Lumut 

Harga Ikan Pleco atau Sapu-Sapu di pasaran


4. Ikan Guppy

Ikan Guppy - Ikan Hias yang Kuat Hidup Tanpa Oksigen
Ikan Guppy Kuat Hidup Tanpa Oksigen - (foto:rumah123.com)

Ikan hias yang kuat hidup tanpa oksigen selanjutnya adalah ikan guppy. Ikan yang satu ini pun seringkali kita jumpai di toko ikan maupun pedagang ikan kecil.

Harganya pun bervariasi mulai dari yang ribuan hingga jutaan, harga tersebut ditentukan dari jenis, genetic dan line dari ikan tersebut. Yang biasa kita jumpai dipasaran dengan harga murah adalah ikan guppy rijek atau cendolan yang genetiknya sudah tercampur banyak jenis ikan guppy lainnya. Ikan seperti ini rentan terkena penyakit dan tidak tahan lama.

Berbeda dengan ikan cupang yang membutuhkan satu aquariuma satu ikan, kamu bisa memelihara ikan guppy dalam jumlah banyak dalam satu aquarium. Tapi perlu diperhatikan jumlah dan ukuran aquarium agar tetap terjaga kesehatan dari ikan.

Harga Ikan Guppy di Pasaran


5. Ikan Komet

Ikan Komet - Ikan Hias Yang Kuat Hidup Tanpa Oksigen / Aerator
Ikan Komet Kuat Hidup Tanpa Oksigen - (foto:agenikanhiasairtawar)

Ikan komet masih kerabat dekat ikan mas, ikan koki, dan ikan koi. yang mnejadi ciri khas ikan komet adalah ekornya yang panjang dan melambai.

Ikan komet termasuk ikan hiasa air tawar yang kuat dan tahan banting, bukan berarti kuat dibanting ya. Maksudnya daya tahannya cukup baik selama pemberian pakan dan kualitas air terjaga.

Ikan komet juga bisa dipelihara di aquarium ataupun kolam, perawatannya pun cukup mudah dan tidak rewel harus pakai heater atau aerator. Harga ikan komet termasuk yang ramah dikantong, meskipun demikian ikan komet tetap memiliki warna dan keindahannya tersendiri.

Harga Ikan Komet di Pasaran


6. Ikan Molly

Ikan Molly - Ikan Hias Yang Kuat Hidup Tanpa Oksigen
Ikan Golden Lyretail Molly - (kampoengilmu.com)

Ikan molly menjadi salah satu pilihan ikan hias yang dapat hidup tanpa oksigen atau aerator, ikan ini memiliki banyak sekali corak warna ada yang warna hitam / black molly, warna putih totol-totol hitam / dalmation molly, ada yang warna perak / silver sailfin molly.

Di jenis ikan molly ada juga yang bentuknya seperti ikan koki, di toko ikan biasanya disebut dengan ikan balon.

Ikan molly termasuk yang mudah dipelihara karena tidak membutuhkan banyak perawatan, ikan ini juga memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan mudah beradaptasi.

Harga Ikan Komet di Pasaran


7. Ikan Platy

Ikan Platy - Ikan Hias yang Kuat Hidup Tanpa Oksigen
Pakan Ikan Platy - (foto:twitter/riset_depok)

Ikan platy merupakan salah satu jenis ikan livebearer, Ikan livebearer merupakan jenis ikan yang memiliki intensitas berkembang biak yang cepat. Karena jenis ikan livebearer tidak bertelur seperti ikan lainnya, melainkan langsung melahirkan anakan ikan yang memiliki tubuh sempurna dan sudah dapat berenang dan mencari makan sendiri.

Sama seperti ikan guppy dan molly yang termasuk ikan livebearer lainnya, ikan platy juga dapat bertahan hidup tanpa menggunakan aerator di tank aquarium.

Ukuran ikan platy cenderung lebih kecil dibanding ikan molly, yang membedakannya ada pada bagian sirip ekor dan bentuk tubuhnya.

Harga Ikan Platy di Pasaran


8. Ikan Pedang atau Swordtail Fish

Ikan Swordtail fish - Ikan hias yang kuat hidup tanpa oksigen di aquarium
Ikan Pedang atau Swordtail Fish - (foto:dictio.id)

Swordtail fish atau ikan pedang masih termasuk kedalam jenis ikan platy, ciri khas ikan pedang adalah bentuk ekor yang mirip dengan pedang khususnya pada bagian bawah ekor.

Sama seperti ikan platy, ikan pedang juga dapat hidup meski tanpa aerator di aquarium. Ikan ini juga dapat digabung dengan ikan hias lainnya seperti guppy, molly, platy, tetra, dll.

Harga Ikan Swordtail di Pasaran


9. Ikan Red Tail Catfish

Ikan Red Tail Catfish - Ikan Hias yang Kuat Hidup Tanpa Aerator
Red Tail Catfish Dapat Hidup di Aquarium Tanpa Aerator - (foto:ikanhias.id)

Jika kamu ingin memelihara ikan predator yang kuat hidup tanpa oksigen di aquarium, kamu bisa memulainya dengan ikan Red Tail Catfish. Ikan ini merupakan kerabat dekat dari ikan lele.

Warnanya yang tidak monoton hitam menjadikan ikan ini pilihan bagi kamu yang masih pemula dalam memelihara dan perawatan ikan predator. Karena ikan Red Tail Catfish cukup tangguh, bahkan Red Tail Catfish dapat hidup tanpa menggunakan aerator.

Harga Ikan Red Tail Catfish di Pasaran


10. Ikan Gurame Hias (Dwarf Gourami)

Ikan Dwarf Gurame - Ikan Hias yang Kuat Hidup Tanpa Oksigen / Aerator
Ikan Gurame Hias atau Dwarf Gourami - (foto:aquariumhias.blogspot.com)

Ikan Dwarf Gourami merupakan ikan asli Bangladesh, India dan Pakistan. Namun sudah diperkenalkan juga ke beberapa negara termasuk Indonesia. 

Warnanya yang cukup menarik menjadikan ikan gurame mini pilihan alternatif untuk memelihara ikan hias lain. Ikan hias ini juga dapat bertahan hidup meski tanpa aerator pada aquarium.

Harga Ikan Dwarf Gourami di Pasaran


11. Ikan Sepat Mutiara

Ikan Sepat Mutiara - Ikan Hias yang kuat hidup tanpa oksigen
Ikan Sepat Mutiara - (foto:wikipedia.org)

Ikan sepat mutiara merupakan ikan hias yang merupakan satu gamily dengan ikan gurame. Ikan sepat mutiara memiliki nama latin Trichogaster leeri dalam bahasa inggris disebut Pearl Gourami, Mosaic/Lace Gourami.

Ciri khas ikan sepat mutiara yaitu terdapat bintik-bintik pada sekujur tubuh hingga siripnya. Warna tubuhnya yang kemerahan dan bercampur biru menambah keeksotisannya, terdapat pula garis hitam dari mulut hingga ke badannya.

Harga Ikan Sepat Hias di Pasaran


12. Ikan Nila Hias

Ikan Nila Hias - Ikan Hias yang Kuat Hidup Tanpa Oksigen di Aquarium
Ikan Nila Hias - (foto:pasarikangarongan.com)

Ikan nila memang biasanya menjadi ikan konsumsi karena gizi yang baik untuk tubuh. Namun karena ada beberapa jenis ikan nila yang memiliki corak warna yang menarik. Sehingga banyak juga yang memeliharanya sebagai ikan hias di aquarium.

Yang biasa dipelihara sebagai ikan hias adalah anakan ikan nila, karena warnanya yang berwarna orange kemerahan menjadi daya tarik tersendiri. Anakan ikan nila juga dimanfaatkan untuk pakan ikan predator.

Harga Ikan Nila di Pasaran


Sekarang sudah tau kan, ternyata ada jenis ikan yang dapat hidup tanpa aerator atau oksigen meski dipelihara didalam aquarium. Tapi perlu kamu ketahui jika kamu tidak memasang aerator di aquarium, pastikan jumlah ikan yang ada di dalam aquarium tidak terlalu banyak.

Sehingga ikan pun dapat hidup dengan nyaman dan sehat. Semoga Bermanfaat.

Penulusuran Terkait :

  1. Ikan Predator Tanpa Oksigen
  2. Cara Merawat Ikan Hias Tanpa Oksigen
  3. Ikan Predator Tanpa Aerator
  4. Ikan Koki Tanpa Oksigen

[ikanhiasku.net]

Post a Comment

0 Comments