Saturday, September 5, 2020

Urutan dan Susunan Media Filter Aquarium yang Baik dan Benar

ikanhiasku.net - Dimasa pandemi covid19 mulai banyak yang memilih untuk memelihara ikan dibandingkan dengan hobby yang lain.

Namun perlu kamu ketahui dalam memelihara ikan, kamu membutuhkan aquarium dan sistem filtrasi yang baik. Agar kebersihan air dan kesehatan ikan tetap terjaga.

Urutan dan Susunan Media Filter Aquarium yang Baik dan Benar - Ikanhiasku.net
Ilustrasi Filter Talang Air DIY - (Foto:fadalishahandmadebag)

Ada banyak jenis filter aquarium yang bisa kamu gunakan, tapi penting juga untuk memperhatikan susunan media filter aquarium agar filter dapat bekerja lebih optimal.

Sebenarnya fungsi utama dari media filter aquarium itu apa sih ? jawaban sederhananya gini, media filter berfungsi untuk menyaring kotoran-kotoran yang ada di aquarium baik kotoran ikan ataupun sisa-sisa makanan. Selain untuk menyaring kotoran, media filterjuga berfungsi sebagai tempat tinggal bakteri baik yang fungsinya untuk mengurai kadar amonia didalam air.

Karena pemahaman terhadap media filter ini cukup penting untuk diketahui para penghobby ikan hias, berikut kami informasikan urutan dan susunan media filter aquarium yang baik dan benar.

Media Filter Aquarium

Perlu kamu ketahui, proses filtrasi dibagi menjadi 3 yaitu filter mekanik, filter kimia, dan filter biologis. Kamu harus memahami fungsi dari masing-masin filter tersebut, sehingga kamu dengan tepat menyusun media filter dengan baik dan benar.

Filter Mekanik

Proses filter mekanik merupakan tahap awal dari sebuah filtrasi yang tidak bisa diganggu gugat dalam urutan proses filtrasi.

Urutan dan Susunan Media Filter Aquarium yang Baik dan Benar - Ikanhiasku.net
Media Filter Mekanik - (Foto:thepondguy.com)

Karena tujuan proses filtrasi ini untuk menyaring sisa-sisa kotoran dan makanan yang melalui media filter mekanik.

Proses ini yang paling mudah untuk dipantau karena lapisan yang menyaring tersebut akan berubah warna dan bentuk fisiknya. Sehingga kamu bisa mengetahui secara langsung apakah filtrasi sudah berjalan baik atau belum.

Jika lapisan penyaring sudah kotor, alangkah baiknya segera diganti dengan yang baru. Meski saringan tersebut bisa di gunakan kembali bila sudah dibersihkan, namun lebih baik menjaga kualitas air dengan mengganti saringannya dengan yang baru.

Media Filter Mekanik

Media filter ini yang paling sering ditemukan di toko-toko ikan dan yang paling umum diketahui oleh banyak orang. Media filter mekanik seperti kapas, busa, serabut, pasir silika dan dacron.

Filter Kimiawi

Fungsi filter kimiawi yaitu mengikat zat kimia berbahaya yang terkandung dalam air aquarium hingga tidak ada lagi zat beracun yang terlarut dalam air dan menukar kandungan ion dalam air. Misal seperti amonia.

Urutan dan Susunan Media Filter Aquarium yang Baik dan Benar - Filter Kimiawi
Batu Zeolit dan Karbon Aktif Salah Satu Filter Kimiawi

Proses filter kimiawi dibutuhkan perhitungan, karena bila terlalu banyak menggunakan bahan malah akan berbahaya. Penggunaannya pun tidak bisa diperuntukkan sebagai filter permanen, apabila dirasa sudah banyak menyerap zat berbahaya segera ganti dengan yang baru.

Media Filter Kimiawi

Ada dua bahan utama yang dijadikan media filter kimiawi yaitu Batu Zeolit dan Karbon Aktif.

Zeolit berfungsi untuk menghilangkan amonia yang terlarut dalam air. Sedangkan karbon aktif berfungsi untuk menjernihkan air dan menghilangkan zat berbahaya lainnya yang terkandung didalam air aquarium.

Namun, sayangnya penggunaan media kimiawi yang berlebihan tidak dianjurkan diterapkan pada Aquascape karena media ini dapat menyerap nutrisi yang dibutuhkan tanaman air.

Filter Biologis

Setelah melewati proses filer mekanik, tahapan yang selanjutnya yaitu proses filtrasi secara biologis. 

Dalam proses filter biologis, amonia yang terkandung didalam air akan diurai menjadi nitrit kemudian nitrit dirubah menjadi nitrat dengan bantuan bakteri.

Urutan dan Susunan Media Filter Aquarium yang Baik dan Benar - Filter Biologis
Macam-macam Filter Biologis - (foto:aquariossobrinho.com)

Berbeda dengan filter kimiawi, dimana amonia akan di serap oleh media filter kimia seperti zeolit.

Cara kerjanya sangat mudah, kamu hanya perlu mengalirkan air melalui media biologis yang terdapat bakteri-bakteri pengurai. Bakteri nitrosomonas akan mengubah amonia menjadi nitrit, kemudian bakteri nitrobakter akan mengubah nitrit menjadi nitrat.

Media Filter Biologis

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa filter biologis menggunakan bakteri sebagai pengurai zat berbahaya menjadi zat yang tidak berbahaya bagi ikan.

Media filter biologis yang sering digunakan seperti Bio Ball, Bio Ring, dan Bio Crystal. Selain media diatas ada juga media filter biologis yang dibuat dengan teknologi tinggi contohnya seperti Marine Pure.


Urutan Media Filter Aquarium yang Baik dan Benar

Sebetulnya ada banyak sekali jenis filter, namun jika kamu ingin membuat atau men setup sendiri sistem filter aquarium di rumah.

Urutan dan Susunan Media Filter Aquarium yang Baik dan Benar - Filter Aquarium
Ilustrasi Filter Aquarium - (foto:akuariumhias.blogspot.com)

Berikut kami berikan susunan media filter yang baik dan benar. Susunan media filter aquarium dapat dibagi menjadi 2, penyaringan atas dan penyaringan bawah. Kalau membuatnya menyamping juga bisa.

Urutan Penyaringan Atas

  1. Saringan air, saringan pada tahap pertama filtrasi berfungsi untuk menyaring kotoran-kotoran kasar yang berukuran besar agar tidak terlewat ke busa atau kapas. Agar terjaga kebersihannya kamu bisa membersihkan saringan air ini 3 hari sekali dengan menggunakan air keran biasa.
  2. Busa atau Sponge, air yang telah melewati saringan akan mengalir ke media filter selanjutnya yaitu busa atau sponge, media ini bertugas untuk menyaring kembali kotoran halus yang masih terlewat ketika filtrasi di tahap 1.
  3. Dacron, sampai tahap ini kita masih menggunakan filter mekanik. Dacron masih memiliki peranan yang sama yaitu untuk menyaring kotoran yang lebih halus lagi setelah air melewati 2 tahap sebelumnya.
  4. Karbon Aktif atau Batu Zeolit, setelah melewati proses filter mekanik selanjutnya dengan bantuan karbon dan zeolit terjadi filter kimiawi. Dimana zat-zat berbahaya seperti amonia yang terkandung dalam air dapat diserap oleh zeolit agar mengurangi kadar amonianya. Dan karbon aktif digunakan untuk menjernihkan air.

Setelah melewati 4 tahap filtrasi diatas, air sudah menjadi bersih dari kotoran-kotoran dan sudah berkurang kadar amonianya, untuk diketahui amonia merupakan zat yang berbahaya bagi ikan. 

Ketika zat amonia yang terkandung dalam air menumpuk dalam jumlah banyak dan sampai ketingkat beracun, ikan menjadi lesu, sakit dan kemudian mati. Hal itu dikarenakan ikan tidak dapat mengekstrak energi dari pakan secara maksimal.

Urutan Penyaringan Bawah

  1. Bio Ball, pada tahap ini terjadi proses filter biologis dimana bio ball menjadi rumah bagi bakteri pengurai. Media ini lebih efektif digunakan dalam keadaan mengambang.
  2. Bio Ring / Bio Crystal, media ini memiliki fungsi yang sama seperti bio ball yaitu menjadi tempat tinggal bagi bakteri-bakteri baik, yang akan menguraikan zat amonia menjadi nitrit kemudian merubahnya menjadi nitrat. Penggunaan media ini lebih efektif dalam keadaan tenggelam.
  3. Marine Pure, kamu juga bisa menggunakan media ini sebagai filter biologis, namun harganya cukup mahal sehingga jarang yang menggunakan media ini. Tapi dengan harga yang cukup merogoh kocek, marine pure cukup worth it kok.

Penutup

Setelah mengetahui urutan dan susunan media filter aquarium yang baik dan benar, silahkan dicoba dirumah dengan memperhatikan langkah-langkah diatas. 

Kamu tidak perlu repot lagi membersihkan aquarium seminggu sekali, karena air akan tetap jernih dan ikan pun sehat karena zat berbahaya yang dihasilkan dari sisa makanan dan kotoran ikan sudah dinetralisir oleh sistem filter diatas.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

[ikanhiasku.net]

Sharing Is Caring

0 Comment to "Urutan dan Susunan Media Filter Aquarium yang Baik dan Benar"

Post a Comment