Istilah dalam Ikan Channa yang Perlu Kamu Ketahui

Istilah dalam Ikan Channa - Dalam dunia hobbies ikan channa atau gabus hias, ada beberapa istilah dalam ikan yang perlu kamu ketahui. Khususnya bagi kamu yang masih pemula dalam dunia channa.

Istilah dalam Ikan Channa - ikanhiasku.net
Jenis-Jenis Channa - (pic:@fish_lines)

Dengan mengetahui istilah-istilah ini akan lebih memudahkan kamu ngobrol bersama keepers lain. Dan tidak perlu lagi menanyakan istilah tersebut.

Baca Juga 50 Jenis Ikan Channa

Pertanyaan yang paling sering muncul biasanya seperti apa itu cb dan wc pada channa ? apa arti progress channa ? dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Dalam kesempatan ini ikanhiasku akan menjelaskan istilah-istilah dalam ikan channa yang sering digunakan.


WC (Wild Caught)

Arti WC pada channa adalah wild caught atau ikan channa yang ditangkap langsung dari alam. Biasanya ikan WC lebih murah dibandingkan dengan CB, dikarenakan ikan channa WC perlu di adaptasi terlebih dahulu agar kondisinya dapat stabil bila di pelihara di akuarium.

Misalnya pada ikan channa maru di Kalimantan tepatnya di danau sentarum, disana menjadi tempat favorit pemburu ikan channa maru, baik dari varian red atau yellow yang dapat ditangkap dengan menggunakan bubu atau di pancing.

Baca Juga Jenis Ikan Channa Asal Indonesia


CB (Captive Breed)

Arti CB pada channa adalah captive breed atau ikan channa hasil breeding bisa juga disebut ikan hasil ternakan.

Kelebihan dari Channa CB pastinya ikan tersebut sudah terbiasa dengan adanya manusia karena dari sejak baby hingga dewasa sudah berinteraksi dengan manusia.

Sehingga channa CB tidak mudah stress dan lebih sehat karena pemeliharaan keepers yang baik.


Progress

Arti progress pada channa adalah usaha keepers menjadikan channa yang dimiliki menjadi ikan channa yang lebih baik dari segi body, warna, dan keberanian/nyali ikan.

Namun arti progress channa sederhananya bisa kita katakan sebagai kemajuan.


Locality

Arti locality pada channa adalah daerah asal ikan didapatkan. Contohnya seperti Channa maruliodes atau Channa Maru Yellow Sentarum berarti ikan channa tersebut merupakan channa asal sentarum, Kalimantan.

Menariknya channa maru banyak locality nya seperti Riau, Kapuas, Jambi, dll.


Varian

Arti varian pada channa adalah klasifikasi ikan channa berdasarkan warnanya.

Misal seperti Channa Maru, ikan channa ini memiliki dua varian. yang pertama channa maru yellow dan channa maru red


Pair

Arti Pair pada channa adalah pasangan atau satu pasang, yang artinya jika kamu memiliki 1 pair channa. Kamu memungkinkan bisa nge breed channa milikmu.

Istilah pair ini juga sering digunakan pada jenis ikan lain.


Treatment

Arti Treatment pada channa adalah perawatan, contohnya treatment warna pada channa maksudnya perawatan khusus yang dilakukan untuk memunculkan warna sesuai dengan varian channa.


Sirip, Fin atau Dorsal

Arti dorsal pada channa adalah sirip bagian atas/punggung dan sirip anal atau sirip bagian bawah.

Ada juga sirip dayung atau pectoral pada bagian telinga dan sirip caudal untuk sirip ekor.


Bar

Arti bar pada channa adalah corak atau bentuk pola pada tubuh ikan chana. Contohnya pada channa maru yang berbentuk sembilan dan ada juga yang berbentuk panah.


Cabung

Arti cabung pada channa adalah calon bunga, artinya cabung merupakan cikal bakal munculnya bunga pada tubuh channa.

Istilah cabung biasa muncul ketika membahas channa maru atau channa marulioides


Bunga

Arti bunga pada channa adalah kilap putih yang terdapat pada sisik hitam yang ada di bar. Istilah bunga ini hanya terdapat pada channa maru atau channa marulioides.

Semakin banyak bunga maka semakin keren dan bagus bahkan harganya pun akan semakin tinggi.


Dot

Arti dot pada channa adalah bintik atau totol pada ikan channa, misalnya dot hitam pada channa stewarti dan channa barca.

Ada juga dot putih pada channa asiatica WS (White Strip) dan dot kuning pada channa pulchra.


Anatomi

Arti anatomi pada Channa adalah seluruh bentuk tubuh channa yang proporsional. Namun uniknya bila terdapat ikan channa yang memiliki anatomi yang cacat dari genetiknya, maka ikan tersebut menjadi unik dan mahal. Misal seperti channa shortbody.


Mager (Malas Gerak)

Arti mager pada channa adalah malas gerak, artinya ikan channa selalu mojok atau di dasar tank tanpa gerak sama sekali dan tidak aktif.


Local Pride

Beberapa channa local pride atau channa kebanggan Indonesia adalah Channak Marulioides, CHanna Limbata dan Channa Gachua.


Flaring

Arti flaring pada channa adalah bentuk tubuh channa ketika mempertahankan diri atau saat marah seperti ikan cupang.

Tujuan flaring pada ikan channa untuk menakutkan lawan dan juga menarik lawan jenis, ketika channa sedang flaring akan menggerakkan fin nya secara maksimal sehingga terlihat gagah dan galak. Selain itu ikan channa akan melebarkan sirip/finnya, mempertegas warna dan juga mengembangkan insangnya.


Itulah beberapa istilah dalam dunia ikan channa yang perlu kamu ketahui. Apalagi bagi kamu yang ingin mendalami hobi ikan channa. Salam pecinta channa


Penelusuruan Terkait :

  • arti simet channa
  • istilah proven pada ikan channa
  • arti bar pada ikan channa
  • apa itu cabung pada channa ys
  • apa itu cabung pada channa
  • simet ikan channa
  • flaring channa adalah
  • bar simet adalah

Post a Comment

0 Comments