50 Jenis Ikan Channa yang Perlu Kamu Ketahui, Terlengkap Beserta Harga Terbaru

Ikanhiasku.net - Ikan Channa merupakan salah satu ikan predator dari family Channidae atau ikan gabus-gabusan, biasanya dikenal dengan nama sebutan Snakehead. Diberi nama sebutan snakehead karena bentuk kepalanya yang menyerupai kepala ular.

Daftar isi


Pendahuluan

Spesies ikan channa tersebar mulai dari Iraq, China, India, Bangladesh, Myanmar, dan Indonesia. Mereka hidup diperairan air tawar di wilayah Asia dengan iklim tropis dan subtropis.

Di Indonesia yang paling terkenal adalah Ikan Gabus (Channa striata) dan Ikan Toman (Channa micropletes), terkenal karena sering dijadikan ikan konsumsi bagi masyarakat lokal.


Akhir-akhir ini ikan channa menjadi salah satu primadona para penghobi ikan predator, karena corak warna pada ikan channa sangat menawan dan sifatnya yang sangat agresif.

50 Jenis Ikan Channa Beserta Harga Terbaru
Kumpulan Gambar Ikan Channa

Jenis Ikan Channa - Namun perlu kamu ketahui, bahwa ikan Channa memiliki sekitar 50 spesies berbeda yang tersebar di seluruh Asia. 


Beberapa ada yang dapat tumbuh hingga 1,8 meter dan ada juga yang hanya tumbuh hingga 15 cm saja. Begitupun dengan corak dan warna yang ada ditubuhnya, ada yang berwarna biru, kuning, hijau dan ada juga yang berwarna hitam, coklat dan kelabu.

Berikut kami berikan ulasan 50 jenis ikan channa, terlengkap beserta harganya

1. Channa amphibeus (Borna Snakehead)

Channa amphibeus - 50 Jenis Ikan Channa Terlengkap beserta Harganya
Ikan Channa amphibeus (Foto:pinterest)

Channa amphibeus memiliki nama sebutan lain yaitu Borna Snakehead atau Chel Snakehead.

Ikan ini termasuk spesies yang sangat langka dan sulit ditemukan. Karena Channa amphibeus merupakan ikan asli yang hanya dapat ditemukan di Sungai Chel, Bhutan, India.

Ukuran Channa amphibeus dapat tumbuh hingga 25 cm atau 10 inchi, dan membutuhkan kondisi air yang hangat sekitar 22 - 28 derajat celcius.

Ciri khas ikan Channa amphibeus memiliki strip warna merah yang terdapat pada tubuhnya dikombinasikan dengan warna coklat agak kehitaman. Pada bagian siripnya terdapat list warna hitam.

Corak warna dan strip merah pada Channa amphibeus hampir sama degnan Channa andrao, namun yang membedakan adalah pada warna siripnya, dimana Channa andrao memiliki warna biru muda sehingga terlihat lebih cerah.

Harga ikan Channa amphibeus di pasaran belum kami temukan di marketplace manapun.

2. Channa andrao

Channa andrao - 50 Jenis Ikan channa terlengkap beserta harganya
Ikan Channa andrao (Foto:pinterest)

Channa andrao merupakan ikan asli dari sungati Brahmaputra, India. Pertama kali ditemukan pada tahun 2013 oleh Ralf Britz.

Habitat aslinya hidup diperairan dengan arus yang kecil, rawa-rawa dan danau.

Ukuran Channa andrao hanya dapat tumbuh sekitar 15 - 20 cm, jadi cocok untuk dijadikan peliharaan di aquarium rumah.

Ciri khas Channa andrao memiliki warna tubuh yang gelap dan terdapat strip merah, namun pada siripnya berwarna biru terang yang memebedakannya dengan Channa amphibeus.

Harga Channa andrao di pasaran sekitar Rp. 200.000 - Rp. 300.000 tergantung dari ukuran dan corak warnanya.

3. Channa argus (Northern Snakehead)

Channa argus dan Channa argus Platinum - 50 jenis ikan Channa terlengkap beserta Harganya
Ikan Channa argus dan Channa Argus Platinum

Channa argus memiliki sebutan lain yaitu Northern Snakehead, dinamakan dengan northern snakehead karena ikan ini berasal dari Asia wilayah utara hingga mendekati ke Rusia.

Daerah persebaran Channa argus, meliputi China, Korea Utara, Korea Selatan, dan Rusia.

Channa argus bahkan sudah diperkenalkan ke negara lain, seperti Jepang, Amerika Serikat dan Eropa Timur. Untuk selanjutnya dibudidayakan dinegara-negara tersebut.

Namun, ternyata beberapa ditemukan di sejumlah sungai dan perairan di negara tersebut. Karena ikan channa merupakan ikan predator yang dapat memangsa dan mengganggu ekosistem ikan lokal, maka seringkali ia disebut ikan invasif.

Channa argus juga dikenal dengan sebutan Amur Snakehead, di Rusia dikenal dengan Zmeegolov Snakehead, di Korea disebut dengan nama Her-yu, Ga Mul Chi, di Jepang dikenal dengan nama Kamuruchi dan Raigyo.

Ciri khas Channa argus adalah corak warna dan motif yang menyerupai ular python, hal inilah yang membuat Channa argus banyak diminati oleh para pecinta ikan predator hias. Ukuran Channa argus dapat tumbuh hingga sekitar 1 meter.

Bahkan ada Channa argus yang albino dan dinamakan Channa Argus Platinum, tentunya harganya pun lebih mahal.

Harga Channa argus di pasaran sekitar Rp. 800.000 - Rp. 4.500.000, harga tergantung dari ukuran ikan dan corak warna pada tubuh ikan.

4. Channa asiatica (Small Snakehead/Chinese Snakehead)

Channa Asiatica Redspot - 50 Jenis Ikan Channa Beserta Harganya
Ikan Channa asiatica red spot (Foto:pinterest)

Channa asiatica merupakan salah satu spesies snakehead asli China. Berasal dari sungai Yangtze, sungai Xun dan daerah Hainan. 

Namun dapat ditemukan juga di Taiwan dan Selatan Jepang. Nama lokal Channa asiatica yaitu Ching Hsing Yu sedangkan di Jepang dipanggil dengan sebutan Kotal.

Habitat Channa asiatica dapat ditemukan di rawa, danau, kolam dan sungai yang memiliki arus lambat. Mereka biasa sembunyi di celah-celah akar pohon atau bebatuan. Ukuran Channa asiatica dapat tumbuh hingga 35 cm. 

Ciri khas Channa asiatica memiliki warna dasar agak kuning ditambah ocell berwarna hitam di ekornya. Namun ada juga yang berwarna coklat dengan kombinasi hitam, kelabu dengan hitam dan warna merah kombinasi hitam. 

Akan tetapi yang paling mudah dikenali terdapat whitespot atau redspot di sekujur tubuhnya. Makanya kalau dipasaran banyak yang menyebutnya Channa Asiatica RS WS, RS yaitu Redspot dan WS yaitu Whitespot

Harga Channa asiatica di pasaran sekitar Rp. 500.000 - Rp. 1.000.000, harga tergantung corak warna dan ukurannya.

Untuk kalian yang memiliki kantong yang tipis, ada baiknya kalian membeli bayi dari ikan channa ini, karena harganya relatif lebih murah. Harga bayi Channa asiatica berkisar Rp. 200.000.

5. Channa aurantimaculata (Orange Spotted Snakehead)

Channa aurantimaculata - 50 Jenis Ikan Channa Beserta Harga Terbaru
Ikan Channa aurantimaculata (Foto:Nilanjan Mukherjee)

Channa aurantimaculata termasuk ikan channa yang paling dicari di Indonesia, karena corak warnanya yang menarik.

Channa aurantimaculata berasal dari sungai Brahmaputra di Utara India. Nama lokal dari ikan ini adalah Naga-cheng.

Ukuran Channa aurantimaculata dapat tumbuh hingga ukuran 40 cm. Habitat ikan ini memiliki iklim hutan hujan tropis dengan intensitas hujan yang lebat, kelembaban tinggi dengan suhu yang cukup tinggi ketika musim panas/kemarau.

Ciri khas Channa aurantimaculata memiliki warna kecoklatan dengan kombinasi garis vertikal berwarna oranye, ada juga yang memiliki corak warna kekuningan. Ciri berikutnya ditandai dengan banyaknya spotted berwara oranye atau putih, dibagian siripnya terdapat kombinasi berwarna hitam dan biru.

Harga Channa aurantimaculata di pasaran sekitar Rp. 1.000.000 - Rp. 2.500.000. Harga di marketplace tergantung dari ukuran ikan dan corak warna yang ada pada tubuh ikan.

6. Channa aurantipectoralis

Channa aurantipectoralis - 50 jenis Channa lengkap beserta harga terbaru
Ikan Channa aurantipectoralis (Foto:steveyee)

Channa aurantipectoralis merupakan spesies baru dari ikan Snakehead, ditemukan di Perairan Karnaphuli, India. Ikan ini baru ditemukan dan di deskripsikan tahun 2016 lalu.

Ciri khas Channa aurantipectoralis memiliki dirip depan yang berwarna oranye terang, dan tidak memiliki spotted atau bintik-bintik pada tubuhnya, berbeda dengan Channa aurantimaculata.

Harga Channa aurantipectoralis di pasaran sekitar Rp. 700.000 - Rp. 1.500.000. Harga yang tertera tergantung dari ukuran dan corak dari ikan tersebut.

7. Channa auroflammea

Channa auroflammea - 50 Jenis Ikan Channa Lengkap beserta Harga Terbaru
Ikan Channa auroflammea (Foto:zenodo.org)

Channa auroflammea termasuk ikan channa yang baru-baru ini ditemukan dan diidentifikasi lebih lanjut.

Channa auroflammea berasal disepanjang sungai Mekong, China, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja dan Vietnam.

Sebelumnya digabungkan kedalam Channa marulius, tetapi dikeluarkan karena perbedaan pola warna dan karakteristik morfologinya. Sehingga dianggap sebagai spesies yang berbeda.

Ciri khas Channa auroflammea terdapat motif warna oranye yang seperti kobaran api dari bawah tubuhnya hingga bagian tengahnya, dibagian atas berwarna coklat gelap.

Harga Channa auroflammea di pasaran belum kami temukan di marketplace manapun.

8. Channa aurolineata / Channa aurolineatus

Channa aurolineata / aurolineatus - 50 Jenis Ikan Channa beserta Harga Terbaru
Ikan Channa aurolineata / Channa aurolineatus (Foto:Tokopedia)

Channa aurolineata atau Channa aurolineatus salah satu spesies snakehead yang termasuk ke dalam grup marulius karena corak warna dan motif yang hampir serupa dengan Channa marulius.

Channa aurolineata berasal dari sungai-sungai besar di Myanmar seperti Chindwin, Ayeyarwaddy, Sittaung dan Sungai Thanlwin Basin.

Ciri khas Channa aurolineata / Channa aurolineatus memiliki warna gelap pada bagian atas tubuhnya dan berwarna putih dibagian bawahnya. Terdapat strip berwarna hitam di tubuhnya dan whitespot / bintik-bintik putih ditubuhnya. Pada bagian ekor juga terdapat ocell.

Harga Channa aurolineata / Channa aurolineatus di pasaran sekitar Rp. 500.000 - Rp. 800.000. Harga yang ada di marketplace tergantung dari ukuran dan corak dari ikan tersebut. 

9. Channa bankanensis (Bangka Snakehead)

Channa bankanensis - 50 Jenis Ikan Channa Beserta harga Terbaru
Ikan Channa bankanensis (Foto:J. de Lange)

Channa bankanensis merupakan ikan asli dari kepulauan Bangka. Itulah kenapa disebut juga dengan nama Bangka Snakehead.

Daerah persebaran Channa bankanensis dimulai dari Sumatera, Kalimantan dan malaysia. Di Kalimantan Channa bankanensis memiliki sebutan lain yaitu Ikan Runtuk.

Pertumbuhan Bangka Snakehead sangat lambat dibandingkan dengan ikan channa lainnya. Ukuran Channa bankanensis hanya dapat tumbuh hingga 24 cm saja.

Ciri khas Channa bankanensis memiliki warna coklat pada bagian atas dan berwarna putih dibagian bawahnya. pada bagian tengah terdapat motif garis hitam dari kepala hingga ke ekor.

Harga Channa bankanensis di pasaran sekitar Rp. 150.000 - Rp. 350.000, Harga tergantung dari ukuran ikan dan corak pada tubuh ikan.

Untuk Harga bayi Channa bankanensis sekitar Rp. 30.000.

10. Channa baramensis (Baram Snakehead)

Channa baramensis - 50 Jenis Ikan Channa beserta Harga Terbarunya
Ikan Channa baramensis (Foto:Tea Shy Kai Photography)

Channa baramensis atau Baram Snakehead merupakan ikan endemik pulau Kalimantan, ikan ini juga dapat ditemukan di daerah Sarawak, Sabah Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Ikan ini biasanya hidup di rawa hutan hujan tropis, dan memiliki sifat nocturnal - berburu dimalam hari. Ukuran Channa baramensis dapat tumbuh hingga 22 cm.

Ciri khas Channa baramensis secara keseluruhan tidak ada yang terlalu mencolok dari ikan ini. Seluruh tubuhnya didominasi warna coklat dan tidak ada kombinasi warna lain atau motif pada tubuhnya. Sehingga seringkali dijadikan ikan konsumsi.

Harga Channa baramensis di pasaran belum kami temukan di marketplace manapun.

11. Channa barca (Barca Snakehead)

Channa Barca - 50 Jenis ikan Channa Beserta harga terbaru
Ikan Channa Barca (Foto:Pinterest)

Channa barca atau Barca Snakehead termasuk ikan yang langka. Channa barca merupakan ikan endemik sungai Brahmaputra, Timur Laut India dan Bangladesh. Sebutan lokal untuk Barca Snakehead adalah Cheng Garaka atau Garaka Cheng.

Barca Snakehead termasuk ikan channa yang memiliki ukuran besar, Ukuran maksimal Channa barca dapat mencapai 105 cm.

Channa barca menjadi salah satu ikan channa yang termahal dan paling dicari oleh para pecinta ikan predator hias, karena warnanya yang sangat menarik. Namun ikan ini sangat langka.

Ciri khas Channa barca memiliki corak warna kehijauan dikombinasikan dengan titik-titik hitam di sekujur tubuhnya ditambah list berwarna kuning pada bagian siripnya menjadikan barca snakehead terlihat sangat elegan. Siripnya pun dapat terbuka lebar.

Harga Channa barca di pasaran sekitar Rp. 15.000.000 - Rp. 35.000.000, harga tergantung dari corak warna dan ukuran dari ikan tersebut.

Jadi bagi kamu yang ingin memelihara ikan ini, perlu menyiapkan kantong yang tebal. Karena harganya yang hampir sama seperti harga satu sepeda motor.

12. Channa bipuli

Channa bipuli - 50 Jenis Ikan Channa beserta harga terbarunya
Ikan Channa bipuli (Foto:FB Beta Mahatuargi)

Channa bipuli merupakan spesies snakehead baru dari Assam, Timur Laut India. Ikan ini baru diidentifikasi pada tahun 2018 lalu. Ditemukan oleh J. Praveenraj, A. Uma, N. Moulitharan and H. Bleher

Channa bipuli termasuk ke dalam kelompok Dwarf Snakehead yang memiliki ukuran maksimal dibawah 25 cm.

Ciri khas Channa bipuli Pada tubuhnya memiliki warna kelabu agak kehijauan, pada bagian siripnya berwarna hijau tosca terang.

Harga Channa bipuli di pasaran belum kami temukan di marketplace manapun.

13. Channa bleheri (Rainbow Snakehead)

Channa Bleheri - 50 Jenis Ikan Channa Beserta Harganya
Ikan Channa bleheri (foto:flickr/J Chadzynski)

Channa bleheri atau Rainbow Snakehead merupakan ikan endemic Sungai Brahmaputra, Assam, India.

Rainbow Snakehead termasuk ikan channa yang colorful. Warna pada tubuhnya merupakan kombinasi dari warna oranye, biru, coklat dan hitam.

Ukuran Channa bleheri dapat tumbuh maksimal 23 cm saja, yang menjadikan ikan ini termasuk kedalam kelompok dwarf snakehead.

Ciri khas Channa bleheri dapat dilihat dari corak yang ada pada tubuhnya menyerupai batik dan kombinasi warna biru dan coklat. Pada bagian sirip ekor terdapat motif seperti ikan guppy yang berwarna oranye. Sirip atasnya terdapat list berwarna oranye, yang menjadikan ikan ini tidak kalah cantik dari Channa barca.

Harga Channa bleheri di pasaran sekitar Rp. 350.000 - Rp. 750.000, Harga disesuaikan dengan ukuran ikan dan corak warna ikan.

14. Channa brunnea

Channa Bleheri - 50 Jenis Ikan Channa Beserta Harga Terbarunya
Ikan Channa brunnea (foto:instagram/pauls_indoor_jungle)

Channa brunnea termasuk ikan channa yang baru-baru ini diidentifikasi pada tahun 2019 lalu. Ikan ini berasal dari Bengal Barat, India.

Channa brunnea memiliki kemiripan dengan Channa bleheri, dan Channa andrao. Hanya saja yang membedakannya terdapat pada corak warna dan motif di tubuh ikan tersebut.

Ukuran Channa brunnea dapat tumbuh sekitar 25 cm. Jika kamu memelihara ikan ini, kamu tidak membutuhkan aquarium yang terlalu besar.

Ciri khas Channa brunnea terdapat pada warna tubuhnya yang didominasi warna coklat kegelapan, dan memiliki list oranye terang pada bagian sirip nya.

Harga Channa brunnea di pasaran sekitar Rp. 800.000 - Rp. 1.000.000, Harga tergantung dari ukuran dan corak warnanya.

15. Channa burmanica (Busmus Snakehead)

Channa burmanica - 50 jenis Ikan Channa Beserta Harga Terbaru nya
Ikan Channa burmanica (foto:Collin Dunlop)

Channa burmanica merupakan ikan endemic Sungai Irrawady daerah Utara Burma (Myanmar), ikan ini termasuk salah satu snakehead yang tidak terlal agresif.

Ukuran Channa burmanica tidak terlalu besar, hanya sekitar 8-15 cm saja. Namun ikan ini jarang sekali ditemukan di toko ikan.

Ciri khas Channa burmanica memiliki warna coklat muda dengan kombinasi warna oranye dan warna biru pada bagian siripnya.

Harga Channa burmanica di pasaran belum kami temukan di marketplace manapun.

16. Channa cyanospilos (Ophicephalus Cyanospilos)

Channa cyanospilos - 50 Jenis Ikan Channa Beserta Harga Terbaru
Ikan Channa cyanospilos (foto:icin)

Ikan Channa cyanospilos atau Bluespotted Snakehead memiliki daerah persebaran didaerah Teluk Betung, Bandar Lampung, Sumatera Selatan.

Namun dapat ditemukan juga di daerah Kalimantan, Riau, Jambi dan Malaysia. Ukuran Channa cyanospilos dapat tumbuh hingga 20 -25 cm.

Ciri khas Channa cyanospilos warna dominan pada tubuhnya berwarna coklat gelap dan terdapat bintik-bintik biru diseluruh tubuhnya. Meskipun secara sekilas ikan ini mirip dengan Channa striata (ikan gabus yang sering dikonsumsi) tetapi ikan ini diklasifikasikan berbeda dengan Channa striata.

Harga Channa cyanospilos di pasaran belum kami temukan datanya di marketplace manapun.

17. Channa diplogramma (Malabar Snakehead)

Ikan Channa Diplogramma - 50 Jenis Ikan Channa Beserta Harganya
Ikan Channa diplogramma (foto:snakeheadparadise.com)

Channa diplogramma merupakan ikan endemik yang berasal dari daerah pegunungan Ghats Barat, India. Ikan ini memiliki nama sebutan lain yaitu Malabar Snakehead.

Channa diplogramma dianggap sama dengan Channa micropletes atau ikan Toman, hingga di tahun 2011 diverifikasi ulang bahwa Channa diplogramma berbeda dengan ikan Toman.

Ukuran Channa diplogramma dapat tumbuh hingga 44 centimeter, merupakan salah satu ikan channa yang cukup besar dan digemari para pecinta ikan hias.

Ciri khas Channa diplogramma memiliki garis horizontal yang terbentang dari kepala hingga ke ekor. Pada umumnya, ikan ini memiliki warna kelabu ditambah bintik-bintik hitam disekujur tubuhnya.

Harga Channa diplogramma di pasaran sekitar Rp. 200.000 - Rp. 350.000, Harga ditentukan seberapa besar ukuran dan corak warna pada ikan.

18. Channa gachua (Dwarf Snakehead)

Channa Gachua - 50 Jenis Ikan Channa Beserta Harganya
Ikan Channa gachua Bogo (foto:baca.co.id)

Channa gachua atau sering disebut Dwarf Snakehead memiliki daerah persebarannya di Asia Selatan, dari Iraq hingga ke Indonesia.

Channa gachua dapat ditemukan di Iran, Iraq, Afghanistan, Pakistan, India, Nepal, Bangladesh, Sri Lanka, China, Bhutan, Thailand, Kamboja, Laos, Myanmar, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan Indonesia.

Habitat Dwarf Snakehead dapat ditemukan di rawa, danau, sungai besar yang memiliki arus yang kecil. Ukuran Channa gachua dapat tumbuh hingga 25 centimeter.

Channa gachua menjadi Ikan Channa yang sedang naik daun di tahun 2020. Karena harganya yang tergolong aman di kantong tapi memiliki corak warna yang indah.

Ciri khas Channa gachua memiliki warna coklat gelap dan beberapa ada yang berwarna hitam. Pada bagian siripnya terdapat kombinasi warna hitam, biru terang dan oranye pada sisi siripnya.

Harga Ikan Channa gachua di pasaran sekitar Rp. 75.000 - Rp. 100.000, Harga tergantung dari ukuran dan corak warna pada ikan.

Untuk Harga Baby Channa gachua sekitar Rp. 25.000.

19. Channa harcourtbutleri (Burmese Snakehead)

Channa harcourtbutleri - 50 Jenis Ikan Channa beserta Harganya
Ikan Channa harcourtbutleri (foto:Epond)

Channa harcourtbutleri merupakan ikan endemic Danau Inle, Myanmar. Oleh karena itu dinamakan dengan nama Burmese Snakehead, namun penduduk lokal menyebutnya Nga Ohn-ma.

Burmese Snakehead termasuk kedalam salah satu Dwarf Snakehead, karena ukurannya yang tergolong kecil. Ukuran Channa harcourtbutleri hanya dapat tumbuh hingga 19,4 cm atau 7,6 inch.

Ciri khas Channa harcourtbutleri adalah warna dominan coklat kekuningan pada tubuhnya sedangkan di siripnya terdapat warna biru muda dan oranye yang tipis. Pada bagian tubuhnya juga terdapat motif berwarna coklat.

Harga Channa harcourtbutleri di pasaran belum dapat kami temukan di marketplace manapun.

20. Channa hoaluensis

Channa hoaluensis - 50 Jenis Ikan CHanna beserta dengan Harga Terbaru
Ikan Channa hoaluensis (foto:Marco Endruweit)

Channa hoaluensis merupakan ikan yang berasal dari Vietnam. Ikan ini diidentifikasi pada tahun 2011.

Ukuran Channa hoaluensis dapat tumbuh hingga 21,4 cm.

Kami belum menemukan Channa hoaluensis di marketplace Indonesia.

21. Channa kelaarti

Channa Kelaarti - 50 Jenis Ikan Channa Beserta Harga Terbarunya
Ikan Channa kelaarti (foto:researchgate.net)

Channa kelaarti merupakan ikan channa yang berasal dari Sri Lanka dan India Selatan. Ukuran Channa kelaarti dapat mencapai 15 cm.

Kami belum menemukan Channa kelaarti di marketplace Indonesia.

22. Channa limbata

Channa Limbata - 50 Jenis Ikan Channa Beserta Harga Terbarunya
Ikan Channa limbata (foto:shoppe)

Daerah persebaran ikan Channa limbata lebih banyak terdapat di Thailand. Ukuran Channa limbata dapat mencapai ukuran 17 - 20 cm.

Di habitat aslinya ikan ini memakan serangga kecil, dan ikan kecil. Sama seperti ikan channa lainnya, ikan ini suka dengan perairan yang tenang dan tidak ada arus. Seperti danau, rawa, dan sungai besar yang memiliki arus kecil.

Ciri khas Channa limbata memiliki warna kecoklatan dan siripnya kombinasi warna biru dan hitam, pada bagian sisinya terdapat list warna oranya atau kuning.

Harga Channa limbata di pasaran sekitar Rp. 100.000 - Rp. 150.000, Harga tergantung dari ukuran dan corak warnanya.

Untuk harga baby Channa limbara sekitar Rp. 25.000.

23. Channa lipor

Channa lipor - 50 Jenis Ikan Channa beserta harga terbarunya
Ikan Channa lipor (foto:researchgate.net)

Channa lipor merupakan spesies ikan channa yang baru di identifikasi pada tahun 2019 lalu. Channa lipor termasuk kedalam kelompok Dwarf Snakehead. Ikan ini berasal dari daerah Meghalaya, Timur Laut India.

Ciri khas Channa lipor terdapat list merah tebal pada sisi siripnya dan pada bagian sirip bawah berwarna kuning kehijauan.

Untuk Harga Channa lipor belum ditemukan di marketplace Indonesia.

24. Channa lucius (Forest Snakehead)

Channa lucius - 50 Jenis Ikan Channa Beserta harga Terbaru
Ikan Channa lucius (foto:nonn panitvong/siamensis.org

Channa lucius dikenal juga dengan nama Forest Snakehead, sebagian besar ikan ini tersebar do Asia Tenggara dan Selatan China.

Ukuran Channa lucius dapat tumbuh hingga 40 cm. Dalam bahasa Thailand disebut Pla Krasong, di Vietnam di kenal dengan nama Kanh Chon Chey, di Malaysia disebut Ikan Bujuk, sedangkan di Kalimantan disebut Ikan Runtuk.

Ciri khas Channa lucius memiliki corak warna seperti ular python. Didominasi dengan warna coklat dan hitam membuat ikan ini semakin terlihat eksotis.

Harga Ikan Channa lucius di pasaran sekitar Rp. 100.000 - Rp. 200.000, Tentu harganya tergantung dari ukuran dan corak warna pada ikan.

Untuk Harga baby Channa lucius sekitar Rp. 25.000.

25. Channa maculata (Blotched Snakehead)

Channa maculata - 50 Jenis Ikan Channa Beserta Harga Terbaru
Ikan Channa maculata(foto:Ryu Uchiyama/Minden Pictures)

Channa maculata merupakan salah satu dari empat spesies asli Cina. Channa maculata juga dapat ditemukan di Utara Vietnam dan Taiwan.

Ukuran Channa maculata dapat tumbuh hingga 35 cm. C. maculata disebut juga dengan nama Blotched Snakehead atau gabus bercak, karena corak warna yang ada ditubuhnya.

Ciri khas Channa maculata memiliki warna kecoklatan dengan bercak berwarna coklat kehitaman pada seluruh tubuhnya

Harga Ikan Channa maculata di pasaran sekitar Rp. 75.000 - Rp. 150.000, tergantung dari ukuran dan corak warna ikan channa.
 

26. Channa marulioides (Emperor Snakehead)

Channa Marulioides - 50 jenis Ikan Channa Beserta harga Terbarunya
Ikan Channa marulioides (Foto:marulioides.com)

Channa marulioides atau biasa dikenal dengan nama Emperor Snakehead. Channa marulioides menjadi salah satu ikan channa yang paling dicari oleh para penghobi. Karena banyaknya variasi warna dari jenis ini dan juga harganya yang ramah dikantong.

Channa maru berasal dari kepulauan Sumatera dan Kalimantan. Ukuran Channa maru dapat tumbuh hingga 60 cm bahkan bisa lebih jika di alam liar.

Ciri khas Channa marulioides memiliki warna putih pada bagian bawah tubuhnya dan berwarna kecoklatan pada bagian atas tubuhnya. Pada bagian tengah terdapat corak berupa garis vertikal berwarna hitam. Di bagian siripnya terdapat garis-garis berwarna biru terang.

Ikan maru termasuk yang memiliki banyak jenisnya, ada yang berwarna kuning dan ada juga yang berwarna oranye. Tapi yang terkenal dan paling diminati adalah Channa Yellow Maru Sentarum dan Red Eye Maru.

Harga Channa marulioides dipasaran sekitar Rp. 100.000 - Rp. 200.000, harga dilihat dari ukuran dan corak warna ikan

Harga Yellow Maru Sentarum dan Red Eye Maru sekitar Rp. 400.000 - Rp. 600.000

Untuk harga baby Channa Maru sekitar Rp. 50.000.

27. Channa marulius (Great Snakehead)

Channa marulius - 50 Jenis Ikan CHanna beserta Harga Terbarunya
Ikan Channa marulius (foto:Nilanjan Mukherjee/seriouslyfish.com)

Channa marulius memiliki nama sebutan lain yaitu Bullseye Snakehead dan Great Snakehead. Sebutan ini dikarenakan Channa marulius merupakan Snakehead terbesar yang berasal dari Asia Selatan.

Ukuran Channa marulius dapat tumbuh hingga lebih dari 1,7 meter. Ikan ini sangat menyukai habitat di sungai yang besar, danau dan rawa.

Ciri khas Channa marulius memiliki bintik-bintik berwarna putih disekujur tubuhnya. Warna dasar pada tubuhnya didominasi warna hitam dan coklat.

Harga Ikan Channa marulius dipasaran sekitar Rp. 100.000 - Rp. 150.000.

28. Channa melanoptera (Blackfinned Snakehead)

Channa Melanoptera - 50 Jenis Ikan Channa Besera Harga Terbarunya
Ikan Channa melanoptera (foto:facebook)

Ikan Channa melanoptera merupakan ikan asli dari sungai Kapuas di Kalimantan Barat, ikan ini juga terdapat di Sumatera Selatan.

Ukuran Channa melanoptera atau Blackfinned Snakehead diketahui dapat tumbuh hingga 65 cm.

Ciri khas Channa melanoptera memiliki warna biru tua yang dominan pada tubuhnya, untuk siripnya didominasi warna hitam.

Jika warna nya ingin lebih keluar dan kuat, tambahkan beberapa tanaman air dan kayu sebagai tempat persembunyiannya.

Harga Channa melanoptera di pasaran belum kami temukan di beberapa marketplace di Indonesia.

29. Channa melanostigma

Channa Melanostigma - 50 Jenis Ikan Channa Beserta harganya
Ikan Channa melanostigma (foto:aquafield.jp)

Channa melanostigma baru diidentifikasi pada tahun 2011, ikan ini dapat ditemukan di sungai-sungai yang ada di India.

Ciri khas Channa melanostigma memiliki warna tubuh yang menawan, warna abu-abu kombinasi dengan warna biru muda dan coklat muda. Pada sirip nya terbagi menjadi tiga lapis warna, abu-abu/coklat, biru muda dan hitam.

Harga Ikan Channa melanostigma di pasaran belum kami temukan di marketplace Indonesia.

30. Channa melasoma (Black Snakehead)

Channa Melasoma - 50 Jenis Ikan Channa Beserta Harga Terbarunya
Ikan Channa melasoma (foto:instagram)

Black Snakehead atau Channa melasoma merupakan ikan channa asli yang tersebar di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand. Di malaysia Channa melasoma dikenal dengan nama Ikan Bakak.

Ukuran Channa melasoma dapat tumbuh hingga 30 cm atau 12 inch. Habitat ikan ini tinggal di perairan dengan aliran air yang jernih dengan substrat lumpur dan dedaunan. Tapi ikan ini juga dapat hidup di air yang keruh dan di rawa-rawa.

Ciri khas Channa melasoma memiliki warna dominana hitam pada tubuh dan siripnya, itulah kenapa ikan ini disebut dengan Black Snakehead

Beberapa ada yang memiliki warna tubuh kuning kecoklatan, namun siripnya tetap berwarna hitam. Dalam beberapa kasus ada juga Channa melasoma albino. Yang menyebabkan warna tubuhnya menjadi coklat muda dan siripnya berwarna putih.

Harga Ikan Channa melasoma di pasaran sekitar Rp.750.000 - Rp. 3.300.000, Harga tergantung dari ukuran dan corak warna pada ikan.

Untuk Harga Baby Channa melasoma / Black Snakehead sekitar Rp. 150.000.

31. Channa micropletes (Giant Snakehead)

Channa Micropletes - 50 Jenis Ikan Channa Beserta Harga Terbarunya
Ikan Channa micropletes (foto:big game fishing)

Channa micropletes memiliki banyak sekali sebutan seperti Giant Snakehead, Giant Mudfish, Indonesian Snakehead atau di Indonesia menyebutnya dengan nama Ikan Toman.

Ikan Toman menjadi ikan channa terbesar dari seluruh jenis ikan channa, Ukuran Channa micropletes dapat mencapai ukuran maksimalnya sekitar 1,5 meter. Itulah kenapa ikan toman mendapatkan sebutan Giant Snakehead.

Sebenearnya Channa micropletes tidak hanya terdapat di Indonesia saja, namun tersebar juga hampir di seluruh Asia Tenggara.

Ciri khas Channa micropletes memiliki ukuran tubuh yang besar dan terlihat gempal, ikan toman sangat agresif namun memiliki corak warna yang indah, itulah kenapa ikan toman sangat populer di Indonesia.

Warna tubuhnya didominasi warna hitam, pada bagian bawah tubuhnya berwarna putih. Pada tubuhnya terdapat corak bergaris vertikal berwarna ungu kehijauan.

Saat masih baby, ikan toman memiliki warna kekuningan dan warna merah pada sirip ekornya, serta terdapat dua buah garis horizontal dari kepala hingga ekor. Itulah kenapa Ikan Toman dikenal juga dengan nama Redline Snakehead.

Harga Ikan Channa micropletes atau Ikan Toman di pasaran sekitar Rp. 100.000 - Rp. 350.000. Harga tergantung dari ukuran ikan dan corak warna pada tubuhnya.

Harga baby ikan toman sekitar Rp. 50.000.

32. Channa ninhbinhensis

Channa ninhbinhensis - 50 Jenis Ikan Channa Beserta Harga Terbaru
Ikan Channa ninhbinhensis (foto:fishbase.se)

Channa ninhbinhensis merupakan ikan channa asli Vietnam, ikan ini baru diidentifikasi pada tahun 2011 oleh V. H. Nguyen.

Ukuran Channa ninhbinhensis dapat tumbuh hingga sekitar 26 cm - 28 cm. Habitat aslinya beriklim tropis dan hidup di sungai-sungai dengan arus yang kecil, rawa-rawa dan danau.

Ciri khas Channa ninhbinhensis memiliki warna coklat kemerahan pada tubuhnya, dengan siripnya yang berwarna hitam dan disisinya terdapat warna oranye.

Harga Ikan Channa ninhbinhensis di pasaran belum kami temukan di marketplace Indonesia manapun.

33. Channa nox (Night Snakehead)

Channa nox - 50 Jenis Ikan Channa dan Harga Terbaru
Ikan Channa nox (foto:Researchgate.net)

Channa nox merupakan ikan channa asli China, dapat ditemukan di Hepu, Provinsi Guangzi, Selatan China. Khusunya di sungai Nanlui Jiang.

Ukuran Channa nox dapat tumbuh hingga 20 cm tapi ada kemungkinan di alam liar dapat memiliki ukuran yang lebih besar.

Ciri khas Channa nox memiliki warna kelabu kehijauan da juga yang berwarna hitam gelap. Memiliki kepala yang kecil, dan memiliki sirip yang cukup lebar.

Harga Ikan Channa nox di pasaran belum kami temukan di marketplace Indonesia manapun.

34. Channa orientalis (Ceylon Snakehead)

Channa orientalis - 50 Jenis Ikan Channa dan Harga Terbaru
Ikan Channa orientalis (foto:practicalfishkeeping.co.uk)

Channa orientalis memiliki nama sebutan lain yaitu Ceylon Snakehead, ikan channa ini dapat ditemukan di Barat Daya Sri Lanka dan merupakan ikan asli Sri Lanka.

Ceylon Snakehead merupakan salah satu ikan channa yang terkecil karena Ukuran Channa orientalis hanya dapat tumbuh sekitar 10 cm saja. Sangat cocok untuk kamu pelihara di aquarium.

Ciri khas Channa orientalis memiliki warna tubuh kecoklatan bercampur dengan corak warna biru muda. Pada siripnya terdapat 3 lapis warna, lapis pertama warna kuning, lapis kedua berwarna biru terang dan lapis ketiga berwarna oranye.

Ada juga Channa yang memiliki warna tubuh kelabu dengan warna sirip kombinasi warna biru muda, hitam dan putih.

Dari segi warna dan perwakannya hampir mirip dengan Channa andrao namun yang membedakannya adalah sirip perutnya yang memiliki ukuran lebih kecil.

Harga Ikan Channa orientalis di pasaran belum kami temukan di marketplace Indonesia manapun.

35. Channa ornatipinnis (Burmese Spotted Snakehead)

Channa Ornatipinnis - 50 Jenis Ikan Channa Lengkap Beserta Harga Terbarunya
Ikan Channa ornatipinnis (foto:Hiko Hermawan)

Channa orantipinnis merupakan ikan channa asli dari Myanmar. daerah persebaran channa orna hampir sama dengan Channa pulchra hanya beda bukit saja, berasal dari Goakyii Village, Rakhinee State, Myanmar.

Ukuran Channa ornatipinnis dapat tumbuh hingga 25-30 cm, jika kamu ingin memelihara ikan ini di aquarium pastikan setup aquarium kamu dengan banyak tanaman air dan kayu. Untuk pencahayaan tidak perlu terlalu terang, agar membuat nyaman ikan channa.

Ciri khas Channa ornatipinnis memiliki warna dominan kelabu dengan bintik-bintik hitam pada tubuhnya. Siripnya berwarna biru terang dan hitam pada sisinya dan juga terdapat bintik hitam besar di bagian depan sirip atasnya.

Harga Ikan Channa ornatipinnis di pasaran sekitar Rp. 150.000 - 750.000, harga tergantung dari ukuran dan corak warna pada tubuhnya.

Harga baby Channa ornatipinnis sekitar Rp. 80.000.

36. Channa panaw (Panaw Snakehead)

Channa panaw - 50 Jenis Ikan Channa BEserta Harga Terbarunya
Ikan Channa panaw (foto:flickr/Aristoheliam)

Channa panaw merupakan ikan endemik dari sungai irrawadhy dan sungai Sittang di Myanmar. 

Channa panaw atau Panaw Snakehead termasuk kedalam ikan channa yang memiliki ukuran kecil. Ukuran Channa panaw dapat tumbuh hingga sekitar 15 cm - 17 cm.

Ciri khas Channa panaw memiliki warna coklat kekuningan dengan banyaknya bercak hitam pada tubuhnya termasuk pada siripnya.

Harga Ikan Channa panaw di pasaran sekitar Rp. 150.000 - Rp. 180.000. Harga disesuaikan dengan ukuran ikan tubuhnya.

37.  Channa pardalis (Galaxy Blue Snakehead / Meghalaya Leopard)

Channa Pardalis, True Blue Snakehead, Meghalaya Leopard - 50 Jenis Ikan Channa Beserta Harganya
Ikan Channa pardalis / Meghalaya Leopard (foto:BenZhuang)

Channa pardalis memiliki banyak nama lain seperti Channa sp. Meghalaya Leopard dan Channa sp. True Blue. Channa pardalis termasuk kedalam grup Dwarf Snakehead, Ukuran Channa pardalis memiliki ukuran maksimalnya sekitar 17 cm.

Channa pardalis pertama kali diidentifikasi pada tahun 2016 berasal dari Bukit Khasi, Meghalaya, Timur Laut India. Inilah kenapa Channa pardalis disebut juga dengan nama Meghalaya Leopard.

Namun ada beberapa yang mengatakan bahwa sebutan "Meghalaya" merujuk kepada spesies ikan channa yang lain.

Channa pardalis merupakan kerabat dekat Channa bipuli dan Channa stewartii.

Ciri khas Channa pardalis memiliki warna yang sangat cantik, warnapada tubuhnya didominasi warna biru terang, terdapat bintik-bintik berwarna hitam di seluruh tubuhnya. Pada siripnya terdapat 3 lapis warna, lapis pertama berwarna biru terang yang dominan, lapis kedua berwarna hitam dan lapis ketiga berwarna putih disisi luar sirip.

Harga Channa pardalis atau Meghalaya Leopard sekitar Rp. 1.000.000 - 1.850.000

Harga yang tercantum merupakan harga pasar internasional untuk harga lokal belum ditemukan.

38. Channa pleurophthalma (Ocellated Snakehead / Eyespotted Snakehead)

Channa pleurophthalma - 50 Jenis Ikan Channa Beserta Harga Terbarunya
Ikan Channa pleurophthalma (foto:Tea Shyi Kai)

Channa pleurophthalma merupakan ikan channa yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, khususnya di Indonesia.

Ukuran Channa pleurophthalma dapat tumbuh hingga 40 cm atau 16 inch. Channa pleurophthalma memiliki nama lain yaitu Ocellated Snakehead / Eyespotted Snakehead. Sedangkan di Kalimantan disebut dengan nama Ikan Kerandana.

Ciri khas Channa pleurophthalma memiliki tubuh yang berbeda dari kebanyakan ikan channa. Tubuh Channa pleurophthalma lebih pendek tapi lebih melebar vertical sehingga menyerupai bentuk silinder.

Warna dominan pada tubuh Channa pleurophthalma yaitu warna biru kehijauan namun ada pula yang berwarna coklat gelap. 

Meski ada beberapa yang berbeda warna tubuhnya, namun yang pasti ciri khas 3 ocell tetap ada pada tubuh ikan Channa pleurophthalma. Itulah kenapa ikan ini juga disebut juga dengan nama Ocellated Snakehead.

Ocell ini berbentuk bulat sebesar kelereng dengan warna hitam dan dibagian luar ocell berwarna kuning atau oranye.

Harga Ikan Channa pleurophthalma di pasaran sekitar Rp. 75.000 - Rp. 150.000, Harga tergantung dari ukuran ikan dan juga corak warna pada ikan.

Harga Baby Channa pleurophthalma sekitar Rp. 25.000.

39. Channa pomanensis

Channa Pomanensis - 50 Jenis Ikan Channa Beserta Harga Terbaru
Ikan Channa pomanensis (foto:Instagram/caroline_waterworld)

Channa pomanensis berasal dari Sungai Brahmaputra, India dan terdapat pula di Rakhine state, Myanmar.

Pomanensis diambil dari tempat ditemukannya pertama kali di Sungai Poma, Papum Pare District.

Ukuran Channa pomanensis dapat tumbuh maksimal hingga 17 cm. Karena itulah ikan ini termasuk ikan Channa yang memiliki ukuran yang kecil.

Ciri khas Channa pomanensis memiliki corak warna yang mirip dengan ular derik. Pada beberapa jenis ikan ini memiliki warna kebiruan. Bentuk ekor seperti kipas lipat.

Harga Ikan Channa pomanensis di pasaran sekitar Rp. 120.000 - Rp. 150.000, tentunya tergantung dari ukuran dan corak warna pada ikan.

40.  Channa pseudomarulius

Channa Pseudomarulius - 50 Jenis Ikan Channa Beserta Harga Terbarunya
Ikan Channa pseusomarulius (foto:Tea Shyi Kai)

Channa pseudomarulius ini berbeda dengan Channa marulius khususnya dari ukuran tubuh dan siripnya.

Channa pseudomarulius awalnya dianggap sebagai Channa marulius namun ditahun 2017 pseudomarulius dinyatakan sebagai spesies yang berbeda dengan marulius.

Ikan snakehead ini berasal dari Barat Ghats, di Semenanjung India. Ukuran Channa pseudomarulius dapat tumbuh hingga sekitar 16 - 19 cm.

Ciri khas Channa pseudomarulius memiliki warna coklat kehitaman yang dominan, bagian bawah tubuhnya berwarna putih dan siripnya berwarna kehitaman. Pada bagian tengah tubuhnya terdapat pola diagonal berwarna hitam. 

Harga Ikan Channa pseudomarulius di pasaran sekitar Rp. 400.000 - Rp. 600.000. Harga tergantung dari ukuran dan corak warna pada ikan.

41. Channa pulchra (Peacock Snakehead)

Channa Pulchra - 50 Jenis Ikan Channa Lengkap Beserta Harga Terbarunya
Ikan Channa pulchra

Channa pulchra merupakan ikan channa asli Myanmar. Pertama kali diidentifikasi pada tahun 2007 oleh R.Britz.

Ikan channa ini dapat ditemukan di sungai yang memilki aliran air yang deras, jernih, tinggi oksigen dan sejuk.

Channa pulchra memiliki gizi yang sedikit bila dijadikan ikan konsumsi, namun ikan ini sangat populer dikalangan para pecinta ikan hias.

Ukuran Channa pulchra dapat tumbuh hingga 30 cm atau 12 inch, C. pulchra merupakan saudara dekat dari Channa ornatipinnis dan Channa stiktos.

Ciri khas Chana pulchra memiliki warna kombinasi biru muda dan kelabu. Terdapat corak vertikal berwarna kuning dan bintik-bintik hitam yang tersebar ditubuhnya.

Harga Ikan Channa pulchra di pasaran sekitar Rp. 250.000 - Rp. 450.000. Harga tergantung dari ukuran dan corak warna pada ikan.

Harga baby Channa pulchra sekitar Rp. 50.000.

42. Channa punctata (Spotted Snakehead)

Channa punctata - 50 Jenis Ikan Channa Lengkap Beserta harga Terbarunya
Ikan Channa punctata (foto:diark.org)

Channa punctata atau disebut Spotted Snakehead dapat ditemukan diwilayah India, Afghanistan, Pakistran, Sri Lanka, Nepal, Bangladesh, Myanmar dan Tibet.

Habitat alaminya terdapat di rawa-rawa, danau, dan air payau. Ikan ini banyak dijadikan sebagai ikan konsumsi dibandingkan ikan hias.

Ukuran Channa punctata jantan dapat tumbuh hingga 31 cm sedangkan untuk betina hanya dapat tumbuh sekitar 15 cm.

Ciri khas Channa punctata memiliki warna dominan abu-abu beberapa ada yang berwarna kehijauan dengan bintik-bintik hitam pada tubuh ikan. Bagian siripnya kombinasi warna hijau tua dengan abu-abu.

Oleh karena itu, Channa punctata disebut juga dengan nama Green Snakehead.

Harga Channa punctata di pasaran belum kami temukan di marketplace Indonesia manapun.

43. Channa quinquefasciata

Channa quinquefsciata - 50 Jenis Ikan Channa Lengkap Beserta Harga Terbaru
Ikan Channa quinquefasciata (foto:ruinemans.com)

Channa quinquefasciata merupakan spesies baru dari ikan channa yang diidentifikasi pada tahun 2018.

Channa quinquefasciata berasal dari Sungai Torsa, Bengal, India.

Ciri khas Channa qunquefasciata memiliki warna unik pada tubuhnya yang terdiri dari kombinasi coklat, abu-abu dan warna kuning. Dengan 5 pola vertikal berwarna hitam pada tubuhnya.

Harga Channa quenquefasciata dipasaran belum kami temukan di marketplace manapun.

44. Channa rara

Channa rara - 50 Jenis Ikan Channa Beserta Harga Terbaru
Ikan Channa rara (foto:facebook/NeeleshDahanukar)

Channa rara merupakan spesies ikan channa yang beru diidentifikasi pada tahun 2019, ditemukan oleh Britz di wilayah Barat Ghats, Maharashtra, India.

Ukuran Channa rara dapat tumbuh hingga 9 - 15 cm. Channa rara termasuk kedalam Dwarf Snakehead yang memiliki ukuran kecil.

Ciri khas Channa rara memiliki warna dominan coklat gelap, dan terdapat ocell pada bagian belakang sirip atasnya yang berwarna hitam.

Harga Ikan Channa rara dipasaran belum kami temukan di marketplace Indonesia.

45. Channa royi (Andaman Emerald Snakehead)

Channa Royi - 50 Jenis Ikan Channa dan Harga Terbaru
Ikan Channa royi (foto:J. Praveenraj)

Channa royi atau Andaman Emerald Snakehead merupakan ikan channa yang endemic di pulau Andaman dan pulau Escobar di India.

Channa royi baru diidentifikasi pada tahun 2018 dan merupakan kerabat dekat Channa hartcourtbutleri atau Burmese Snakehead.

Habitat alaminya diperairan yang jernih dengan arus air yang lambat dengan subtrat bebatuan dan sedikit vegetasi.

Ciri khas Channa royi memiliki warna kecoklatan dengan sirip yang berwarna biru muda terang seperti emerald dengan list siripnya berwarna oranye.

Harga Ikan Channa royi di pasaran belum kami temukan di marketplace Indonesia.

46.  Channa shingon

Channa Shingon - 50 Jenis Ikan Channa Beserta Harga Terbaru nya
Ikan Channa shingon (foto:channa.club)

Channa shingon merupakan ikan channa dari kelompok Dwarf Snakehead yang berasal dari sungai Irrawddy, bagian barat provinsi Yunnan, China.

Diketahui bahwa Ukuran Channa shingon hanya dapat tumbuh sekitar 10 cm saja. Ukuran inilah yang akhirnya Channa shingon dimasukkan kedalam kelompok Dwarf Snakehead.

Channa shingon baru diidentifikasi pada tahun 2017 oleh M. Endruweit.

Ciri khas Channa shingon memiliki warna yang cukup mencolok, warna kelabu kehijauan dengan sirip berwarna biru terang dan listnya yang berwarna oranye terang berpadu dengan sangat baik. Sehingga menambah kesan WAH pada ikan channa satu ini.

Harga Ikan Channa shingon di pasaran belum kami temukan di marketplace Indonesia manapun.

47. Channa stewartii (Assamese Snakehead)

Channa Stewartii - 50 Jenis Ikan Channa Lengkap Beserta Harga Terbaru
Ikan Channa stewartii (foto:guppysae.com)

Channa stewartii merupakan ikan asli Nepal dan sebagian negara bagian India seperti Arunachal Pradesh, Assam, Maniput, Meghalaya, Tripura dan Nagaland. Ikan ini juga dapat ditemukan di Bangladesh.

Habitat alaminya di perairan sungai perbukitanm tapi dapat juga ditemukan di danau, dan kolam.

Ukuran Channa stewartii dapat tumbuh hingga 25 cm atau sekitar 10 inch. Channa stewartii lebih banyak dijadikan ikan hias dibandingkan dengan ikan konsumsi.

Ciri khas Channa stewartii memiliki warna biru tua yang menarik hampir mirip dengan Channa andrao, perbedaan yang mencolok yakni terdapat totol-totol hitam pada sekujur tubuh Channa stewartii.

Channa stewartii dikenal juga dengan nama Golden Snakehead, tapi kami belum menemukan foto channa stewartii yang berwarna keemasan.

Harga Ikan Channa stewartii di pasaran sekitar Rp. 500.000 - Rp. 2.500.000, harga tergantung dari ukuran dan corak warna pada tubuh ikan.

48. Channa stiktos

Channa Stiktos - 50 Jenis Ikan Channa Beserta Harga terbaru
Ikan Channa stiktos (foto:novataxa)

Channa stiktos merupakan spesies channa yang baru diidentifikasi tahun 2018 lalu. Ikan ini berasal dari sungai Kaladan, Mizoram, Timur laut India.

Bentuk fisik dari Channa stiktos mirip dengan Channa orantipinnis yang berasal dari Myanmar. Namun yang membedakannya terdapat totol-total hitam di sekujur tubuhnya.

Ukuran Channa stiktos dapat tumbuh hingga sekitar 10 - 15 cm. Habitat alaminya di perairan jernih dengan arus yang lambat dan jarang tanaman air.

Ciri khas Channa stiktos memiliki warna tubuh kecoklatan dengan corak tubuh yang unik ditambah totol-totol hitam di sekujur tubuhnya.

Harga Ikan Channa stiktos dipasaran belum kami temukan di marketplace Indonesia manapun.

49. Channa striata (Striped Snakehead)

Channa Striata - 50 Jenis Ikan Channa Beserta Harga Terbarunya
Ikan Channa striata atau Ikan Gabus (foto:bertani.co.id)

Kamu pasti sudah sangat familiar dengan ikan ini, biasanya masyarakat kita menyebutnya ikan gabus.

Tapi tahukah kamu kalau ikan gabus yang sering kita konsumsi memiliki nama ilmiah Channa striata.

Channa striata memiliki banyak nama sebutan, seperti Striped Snakehead, Common Snakehead, Chevron Snakehead atau Snakehead Murrel.

Channa striata tersebar di seluruh wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Ukuran Channa striata dapat tumbuh hingga sekitar 1 meter.

Ciri khas Channa striata memiliki warna hitam yang dominan di sekujur tubuhnya, dan pada bagian bawah tubuhnya berwarna putih. 

Channa striata lebih banyak dijadikan ikan konsumsi dibandingkan dengan ikan aquarium. Namun yang sering dijadikan ikan hias yaitu Channa striata albino, karena memiliki warna yang unik.

Harga Channa striata dipasaran sekitar Rp. 60.000, Harga tergantung dari ukuran ikan.

Harga Channa striata albino dipasaran sekitar Rp. 200.000 - Rp. 300.000.

50. Channa torsaensis (Cobalt Blue Snakehead)

Channa torsaensis Cobalt Blue - 50 Jenis Ikan Channa Beserta harga terbaru
Ikan Channa torsaensis atau Channa sp. Cobalt Blue (foto:Tea Shyi Kai)

Channa torsaensis merupakan spesies ikan channa yang baru diidentifikasi pada tahun 2018. Channa torsaensis berasal dari Sungai Torsa, Bengal Barat, India.

Ukuran Channa torsaensis dapat tumbuh hingga sekitar 21 cm. Habitat tempat tinggalnya di sungai dengan air yang jernih dan dingin. Dengan subtrat yang berupa bebatuan.

Ciri khas Channa torsaensis memiliki corak yang sangat unik, dengan warna coklat kekuningan dan siripnya yang berwarna biru terang dengan border hitam dan list baian luarnya berwarna oranye muda.

Harga Channa torsaensis dipasaran belum kami temukan di marketplace Indonesia.



Itulah 50 jenis ikan channa yang perlu kamu ketahui beserta harga terbarunya. Banyaknya spesies ikan channa dikarenakan daerah persebarannya yang cukup luas dan perbedaan habitat mereka tinggal. 

Jika ada beberapa keterangan yang belum lengkap, penyebutan nama dan gambar yang keliru mohon dimaafkan, kami sudah semaksimal mungkin untuk melengkapi info tersebut dari website luar negeri.

Semoga kamu dapat menemukan ikan channa yang cocok untuk kamu.

[ikanhiasku.net]

Post a Comment

1 Comments

  1. Terima kasih atas infonya mengenai jenis-jenis dari ikan Channa serta harganya...

    ReplyDelete