Jenis Ikan Channa Asal Indonesia, Paling Terpopuler !

Jenis Ikan Channa Asli Indonesia - Ikan gabus hias atau ikan channa merupakan salah satu ikan predator yang sedang naik daun. Ikan channa memiliki beberapa jenis dan varian warna yang tersebar di wilayah Asia dan terdapat juga di Afrika yang disebut parachanna.

Jenis Ikan Channa Asal Indonesia - Ikanhiasku.net
Jenis Ikan Channa Asal Indonesia - (pic:blog.amarta)

Terdapat sekitar 50-an spesies ikan channa yang tersebar di seluruh Asia, dan terdapat 8 spesies channa yang berasal dari perairan air tawar Indonesia. Seperti Channa Micropletes/toman, Channa Lucius, Channa Marulioides, Channa Striata/Betok, Channa Pleuropthalma, Channa Limbata, ,Channa Bankanensis, dan Channa Melanopetra.

Baca Juga : 50 Jenis Ikan Channa Terlengkap !

Persebaran ikan channa di Indonesia, paling banyak terdapat di daerah Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Habitat asli ikan channa berasal dari perairan yang tenang dengan dasar pasir dan terdapat vegetasi air. Ikan channa dapat mengambil oksigen langsung dari udara karena memiliki organ pernafasan yang disebut dengan labirin. 

Ingin lebih tahu jenis-jenis ikan channa asli Indonesia ? Berikut penjelasan lengkapnya.


Channa Micropletes / Ikan Toman

Ikan Toman Asli Indonesia - Ikanhiasku.net
Ikan Toman Asli Indonesia - (pic:icalofish)

Channa Micropletes atau yang biasa dikenal dengan Ikan Toman merupakan salah satu jenis ikan channa terbesar. Karena ukuran ikan toman dapat mencapai maksimal 1,5 meter. Oleh karenanya Channa Micropletes atau ikan Toman memiliki nama lain yaitu  Giant Snakehead.

Ciri-ciri Channa Micropletes atau ikan Toman memiliki warna dasar hitam dengan tubuh bagian bawahnya berwarna putih. Dan juga terdapat motif garis berwarna ungu kehijauan.

Uniknya saat masih ukuran baby ikan toman memiliki warna kekuningan dan warna merah pada sirip ekornya serta terdapat dua buah garis horizontal dari kepala hingga ekor. Itulah kenapa Ikan Toman dikenal juga dengan nama Redline Snakehead.

Harga Channa Micropletes atau Ikan Toman size 15-17 cm : Rp. 15.000 Link Seller

Baca Juga Mengenal Ikan Toman


Channa Lucius

Jenis Ikan Channa Asli Indonesia - Ikanhiasku.net
Channa Lucius - (pic:ekkapan ubonrach)

Channa Lucius dikenal juga dengan nama Forest Snakehead . Karena habitatnya berada di sungai-sungai di dalam hutan. 

Sebagian besar Channa Lucius tersebar di Asia Tenggara dan Selatan Cina. Di Indonesia sendiri banyak ditemukan di Kalimantan, Sumatera dan Jawa. Ukuran Channa Lucius dapat umbuh hingga 40cm. 

Dalam bahasa Thailand disebut Pla Krasong, di Vietnam di kenal dengan nama Kanh Chon Chey, di Malaysia disebut Ikan Bujuk, sedangkan di Kalimantan disebut Ikan Runtuk, di Indonesia dikenal juga Ikan Kihung/Kehung.

Ciri khas Channa lucius memiliki corak warna seperti ular python. Didominasi dengan warna coklat dan hitam membuat ikan ini semakin terlihat eksotis. Hanya saja Channa Lucius memiliki karakter yang pendiam, sehingga bila dikoleksi di Aquarium akan lebih banyak berdiam diri.

Harga Channa Lucius atau Ikan Kehung size 5 cm : Rp. 16.500 | Link Seller

Harga Channa Lucius atau Ikan Kehung size 25 cm : Rp. 100.000 | Link Seller


Channa Marulioides / Channa Maru

Jenis Ikan Channa Asli Indonesia - Ikanhiasku.net
Channa Maru - (pic:Instagram @ikanchannakita)

Channa marulioides atau channa maru biasa dikenal dengan nama Emperor SnakeheadChanna marulioides menjadi salah satu ikan channa yang paling dicari oleh para penghobi. Karena banyaknya variasi warna dan juga harganya yang ramah dikantong. Untuk sebagian yang memiliki kualitas yang bagus harganya cukup mahal.

Channa maru berasal dari kepulauan Sumatera dan Kalimantan. Ukuran Channa maru dapat tumbuh hingga 60 cm bahkan bisa lebih jika di alam liar. Channa maru termasuk ikan channa asli Indonesia yang paling terkenal hingga mancanegara.

Saat ini Channa Marulioides memiliki variannya sendiri tergantung dari daerah asalnya seperti Channa Maru Borneo, Channa Maru Riau, dan Channa Maru Sampit.

Ciri khas Channa marulioides atau Channa Maru umumya memiliki warna putih pada bagian bawah tubuhnya dan berwarna kecoklatan pada bagian atas tubuhnya. Pada bagian tengah terdapat corak berupa garis vertikal berwarna hitam. Di bagian siripnya terdapat garis-garis berwarna biru terang.

Channa maru termasuk yang memiliki banyak jenisnya, ada yang berwarna kuning (Yellow Varian) dan ada juga yang berwarna oranye/red (Red Varian). Tapi yang terkenal dan paling diminati adalah Channa Yellow Maru Sentarum dan Red Eye Maru.

Harga Channa Marulioides atau Channa Maru YS (Yellow Sentarum) size 9-11 cm : Rp. 25.000 | Link Seller

Harga Channa Marulioides atau Channa Maru Red Pangkalan Bun size 4-5 cm cm : Rp. 60.000 | Link Seller

Yang pasti harga ikan dipasaran tergantung dari jenis, ukuran dan corak warnanya.


Channa Striata / Ikan Gabus

Jenis Ikan Channa Asal Indonesia - Ikanhiasku.net
Channa Striata Albino

Channa Striata termasuk channa yang paling populer di Indonesia. Bukan karena karakteristik dari tubuh dan warnanya namun karena channa striata merupakan salah satu komoditas ikan konsumsi yang biasa kita kenal dengan nama ikan gabus.

Channa striata atau ikan gabus memiliki banyak nama sebutan lain, seperti Striped SnakeheadCommon SnakeheadChevron Snakehead atau Snakehead Murrel.

Channa striata berasal dari seluruh wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Ukuran Channa striata dapat tumbuh hingga sekitar 1 meter.

Ciri khas Channa striata memiliki warna cokelat kehitaman yang dominan di sekujur tubuhnya, dan pada bagian bawah tubuhnya berwarna putih. 

Meskipun biasa dijadikan ikan konsumsi, Namun yang sering dijadikan ikan hias yaitu Channa striata albino, karena memiliki warna yang unik dan khas.

Harga Channa Striata Albino atau Ikan Gabus Albino size 5-7 cm : Rp. 50.000 | Link Seller

Baca Juga Perbedaan Ikan Channa, Gabus dan Toman


Channa Pleuropthalma

Jenis ikan Channa Asal Indonesia - Ikanhiasku.net
Channa Pleuropthalma - (pic:shyi kai)

Channa pleuropthalma atau Channa Pleuro merupakan channa yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, khususnya di Indonesia terdapat di daerah Sumatera dan Kalimantan.

Ukuran Channa pleuropthalma dapat tumbuh hingga 40 cm. Channa pleuropthalma memiliki nama lain Ocellated Snakehead / Eyespotted Snakehead. Sedangkan di Kalimantan disebut dengan nama Ikan Kerandang.

Ciri khas Channa pleurophthalma memiliki tubuh yang berbeda dari kebanyakan ikan channa. Tubuh Channa pleurophthalma lebih pendek tapi lebih melebar vertical sehingga menyerupai bentuk silinder. Channa pleuro juga dapat hidup secara berkoloni berbeda dengan ikan channa yang lainnya.

Warna dominan pada tubuh Channa pleurophthalma yaitu warna biru kehijauan namun ada pula yang berwarna coklat gelap, dan berwarna perak. Corak motifnya pun menyerupai motif pada ikan peacock bass.

Meski ada beberapa yang berbeda warna tubuhnya, namun yang pasti ciri khas 3 ocell tetap ada pada tubuh ikan Channa pleurophthalma. Itulah kenapa ikan ini juga disebut juga dengan nama Ocellated Snakehead.

Ocell ini berbentuk bulat sebesar kelereng dengan warna hitam dan dibagian luar ocell berwarna kuning atau oranye.

Harga Channa pleurophthalma : Rp. 50.000 | Link Seller

Harga Baby Channa pleurophthalma Size 7-8 cm : Rp. 20.000 | Link Seller


Channa Limbata

Jenis Ikan Channa Asal Indonesia - Ikanhiasku.net
Channa Limbata - (pic:Facebook)

Channa limbata termasuk kedalam kategori dwarf channa atau Channa kerdil dikarenakan ukuran maksimal ikan ini berkisar diantara 17-20cm.

Pada habitat aslinya ikan ini memakan serangga kecil, dan ikan kecil. Sama seperti ikan channa pada umumnya, ikan ini suka dengan perairan yang tenang dan tidak ada arus. Seperti danau, rawa, dan sungai besar yang memiliki arus kecil.

Ciri khas Channa limbata memiliki warna kecoklatan dan siripnya kombinasi warna biru dan hitam, pada bagian ujung siripnya terdapat list warna oranya atau kuning.

Harga Channa limbata Gunung Slamet size 4-5cm : Rp. 10.000 | Link Seller

Harga Channa limbata size 10-14cm : Rp. 20.000 | Link Seller


Channa Bankanensis

Jenis Ikan Channa Asal Indonesia - Ikanhiasku.net
Channa Bankanensis

Channa bankanensis merupakan ikan asli dari kepulauan Bangka Belitung. Itulah kenapa disebut juga dengan nama Bangka Snakehead.

Daerah persebaran Channa bankanensis dimulai dari Sumatera, Kalimantan dan malaysia. Di Kalimantan Channa bankanensis memiliki sebutan lain yaitu Ikan Runtuk.

Pertumbuhan Bangka Snakehead sangat lambat dibandingkan dengan ikan channa lainnya. Ukuran Channa bankanensis hanya dapat tumbuh hingga 24 cm saja.

Ciri khas Channa bankanensis memiliki warna coklat pada bagian atas dan berwarna putih dibagian bawahnya. pada bagian tengah terdapat motif garis hitam dari kepala hingga ke ekor.

Harga baby Channa bankanensis Yellow/Green size 3-4 cm : Rp. 20.000 | Link Seller

Harga Channa bankanensis Yellow/Green size 15-17 cm : Rp. 84.000 | Link Seller

Harga Channa bankanensis Yellow/Green size 18-20 cm : Rp. 108.000 | Link Seller

Harga Indukan Channa bankanensis Yellow/Green size 21-23 cm : Rp. 135.000 | Link Seller


Channa Melanoptera

Jenis Ikan Channa Asal Indonesia - Ikanhiasku.net
Channa Melanoptera

Channa melanoptera merupakan ikan asli dari sungai Kapuas di Kalimantan Barat, ikan ini juga terdapat di Sumatera Selatan.

Ukuran Channa melanoptera atau Blackfinned Snakehead diketahui dapat tumbuh hingga 65 cm.

Ciri khas Channa melanoptera memiliki warna biru tua yang dominan pada tubuhnya, untuk siripnya didominasi warna hitam.

Jika warna nya ingin lebih keluar dan kuat, tambahkan beberapa tanaman air dan kayu sebagai tempat persembunyiannya.

Hanya saja karena warna dan motifnya yang kurang menarik sehingga ikan ini tidak terlalu populer untuk dipelihara dan sangat jarang yang menjualnya.


Itulah jenis-jenis ikan channa asli Indonesia, bagaimana apakah kamu tertarik untuk memelihara ikan channa asli Indonesia. Kamu bisa temukan di toko-toko ikan, instagram dan juga di marketplace. Salam Channa


Penelusuran Terkait 

  • channa pulchra
  • channa limbata
  • channa maru
  • channa barca
  • channa murah tapi bagus
  • channa asiatica
  • channa auranti
  • jual ikan channa
  • harga channa

Post a Comment

0 Comments