Mengenal Channa Stewarti Si Channa Barca KW dan Cara Perawatannya

Mengenal Channa Stewarti - Channa Stewarti seringkali dianggap oleh penghobi ikan dengan sebutan Channa Barca KW dikarenakan memiliki corak warna yang hampir mirip.

Channa Stewartii si Channa Barca KW
Channa Stewartii - (foto : guppysae.com)


Bila kamu tertarik dengan corak warna yang dimiliki Channa Barca namun belum memiliki budget yang cukup, Channa Stewartii dapat menjadi salah satu pilihanmu.

Channa Stewarti memiliki nama lain Assamese Snakehead atau bisa juga disebut Golden Snakehead.

Ikan ini sangat mudah dipelihara dan memiliki mental yang bagus sehingga bila dilatih untuk menjadi galak sangatlah mudah.

Ukuran tubuhnya dapat mencapai ukuran 25 Cm bila dipelihara dalam akuarium. Asalkan dipelihara dengan baik warna biru terang pada tubuhnya akan keluar.

Baca Juga 50 Jenis Ikan Channa


Habitat dan Persebaran Wilayah Channa Stewarti

Channa Stewearti merupakan spesies ikan channa yang berasal dari Asia Selatan khususnya dari India, Nepal dan Bangladesh

Habitat ikan ini merupakan sungai-sungai di pengunungan India, dengan suhu air sekitar 22-30 derajat Celcius dan kadar PH 5-7


Ciri Khas Channa Stewarti

Channa Stewarti memiliki 2 jenis yang berbeda, pertama Stewartii Karbianglong dan yang kedua Stewartii Arunachal. 

Kedua ikan ini dapat diketahui perbedaannya dengan melihat warna dan dotnya, berikut perbedaann Stewartii Karbianglong dan Stewartii Arunachal.

Dot

Dot pada Channa Stewartii Arunachal memiliki titik yang hampir penuh sama seperti Channa Barca sedangkan Channa Stewartii Karbianglong membentuk bar yang mirip dengan Channa Auranti.

Sehingga Stewartii Karbianglong memiliki harga yang relatif lebih murah dibanding Stewartii Arunachal


Warna

Stewartii Arunachal memilliki warna yang cenderung lebih gelap sedangkan Stewartii Karbianglong memiliki warna yang lebih cerah dengan latar putih.

Baca Juga Istilah dalam Ikan Channa


Cara Progress dan Perawatan Channa Stewarti

Channa Stewartii yang baik memiliki warna biru cerah di sekujut tubuhnya dengan bintik-bintik dan garis kuning tipis pada siripnya.

Agar memiliki warna yang indah dan cerah, ikan ini harus dirawat dengan baik. Berikut cara progress dan perawatan ikan Channa Stewartii :

Mengatur Pola Makan

Pakan merupakan hal yang paling utama dalam membuat warna ikan menjadi keluar. Tidak hanya pakan namun pola makan dan jenis makanannya perlu diatur agar warnanya dapat tampil maksimal.

Pemberian pakan harus diatur sesuai jadwal agar dapat memaksimalkan manfaat dari pakan yang diberikan kepada ikan. Pakan yang direkomendasikan adalah udang dan pelet premium Blue.

Udang mengandung banyak sekali vitamin A yang baik untuk pertumbuhan warna ikan, ditambah dengan kandungan protein yang tinggi pada udang dapat mempercepat pertumbuhan badan ikan.

Sedangkan pelet premium Blue mengandung pigmen biru yang akan membuat warna biru cerah stewartii keluar atau pecah.

Untuk jadwal pemberian pakan, pemberian udang dapat dilakukan seminggu sekali dan 6 hari lainnya diberikan pakan pelet tidak sampai kenyang.

Dengan memberikan 2 jenis pakan tersebut dengan teratur, Channa Stewartii akan berwarna biru cerah dan terang.

Baca Juga Jenis Ikan Channa Indonesia Yang Populer


Aquarium yang jernih dan Cerah

Pada lingkungan yang cerah, ikan dapat beradaptasi dengan lingkungannya dan mencoba membuat warna tubuhnya terlihat hampir sama dengan lingkungannya. Begitupula dengan Stewartii akan berwarna cerah bila lingkungan disekitarnya cerah juga.

Namun bila aquarium atau lingkungan sekitarnya gelap maka akan membuat warna ikan menjadi pucat.

Untuk membuat aquarium atau lingkungan yang cerah perlu diatur pemilihan latar belakang aquarium, substrat dan juga air aquarium.

Latar Belakang/Background Aquarium

Pemilihan latar belakang aquarium, pilihlah yang memiliki warna cerah seperti warna putih atau biru terang. Namun kebanyakan para penggemar Channa menggunakan background berwarna putih.

Substrat/Dasar Aquarium

Untuk Substrat atau dasar aquarium dapat menggunakan pasir malang coklat yang butirannya tidak terlalu kecil. Warna coklat tersebut akan lebih cerah dibandingkan dengan menggunakan pasir malang hitam.

Akan tetapi tidak disarankan untuk memilih substrat pasir putih, karena dapat menyebabkan warna biru pada Channa Stewartii kurang keluar.

Air

Air pada aquarium perlu diganti secara berkala, air yang bersih membuat ikan nyaman sehingga dapat memaksimalkan progress warna tubuhnya.

Air yang kotor akibat kotoran dan jarang diganti dapat meracuni tubuh ikan dan mengganggu penyerapan oksigen.

Meski demikian, ikan channa secara umum dapat bernafas menggunakan labirin, artinya dapat langsung mengambil oksigen di udara. 

Filter dan Aquascape

Ikan channa yang dipelihara didalam aquarium tidak memerlukan mesin filter, namun bila ingin menambahkan peralatan aquarium. Peralatan yang direkomendasikan adalah aerator dan filter undergravel shingga tidak membuat ikan stress.

Namun sebaiknya kita dapat memberikan tanaman hidup agar lingkungan aquariumnya nyaman seperti habitat aslinya. 

Disarankan untuk pembuatan aquascape ikan channa yang cocok adalah tipe natural dan biotipe yang dominan diisi dengan tanaman yang berdaun besar.


Harga Channa Stewarti

Sama seperti ikan lainnya, yang menentukan besar dan kecilnya harga Channa Stewartii dapat dilihat dari pola, warna, bentuk fisik, ukuran dan tingkah lakunya.

Harga Channa Stewartii ukuran baby dihargai kisaran Rp.40.000 - Rp. 100.000 Cek Harga Disini

Harga Channa Stewartii ukuran 12cm - 18cm dihargai kisaran Rp. 150.000 - Rp. 400.000 Cek Harga Disini

Harga Channa Stewartii ukuran 20cm Grade A dihargai kisaran Rp. 800.000 - Rp. 1.500.000 Cek Harga Disini


Perbedaan Channa Stewarti dan Channa Barca

Sekilas Channa Stewartii dan Channa Barca hampir sulit dibedakan. Namun bila diperhatikan dengan seksama, maka akan terlihat perbedaan yang cukup mencolok.

Channa Stewartii memiliki sirip vektoral atau sirip dadanya berwarna hijau kebiruan sedangkan Channa Barca memiliki sirip vektoral atau sirip dada yang berwarna kuning kehijauan.

Channa Stewartii memiliki lebih sedikit bintik hitam yang menyebar di seluruh bagian tubuhnya, sedangkan pada Channa Barca terdapat bintik hitam yang lebih banyak di seluruh tubuh hingga bagian kepala


Itulah sedikit ulasan mengenai Channa Stewarti yang dikenal sebagai Channa Barca KW. Bagaimana apakah kamu tertarik untuk memelihara Channa Stewartii dirumah ?

Semoga artikel dan pembahasan dari ikanhiasku.net dapat bermanfaat. Terima Kasih

[ikanhiasku.net]


Penelusuran Terkait :

  • channa stewartii black galaxy
  • channa stewartii harga
  • harga channa stewartii 8cm
  • channa stewartii karbi
  • harga channa stewartii 20cm
  • harga channa stewartii 10cm
  • channa stewartii arunachal
  • harga channa stewartii baby

Post a Comment

0 Comments