Kelebihan Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Kelebihan Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal
Kelebihan Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal
Budidaya Ikan - Kini budidaya ikan di kolam terpal cukup populer di Indonesia. Sudah banyak orang yang sukses dalam menerapkannya, kolam terpal biasa digunakan untuk budidaya ikan tawar seperti lele, gurame, mujair, patin, dan lain-lain.

Kolam terpal relatif lebih murah dibandingkan dengan kolam tembok, dan sangat cocok bagi Anda yang memiliki lahan yang terbatas. Berikut kami berikan kelebihan budidaya ikan di kolam terpal.

Kelebihan Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Ikan Tidak Berbau Tanah

Bila ikan hasil budidaya di kolam tanah masih berbau lumpur, maka ikan hasil budidaya di kolam terpal sama sekali tidak berbau lumpur. Hal ini yang membuatnya lebih disukai konsumen dibandingkan ikan yang masih terasa bau lumpur.

Sedikit Hama & Penyakit

Penyakit Ikan Lele
Penyakit Ikan Lele
Hama dan penyakit yang seringkali menyerang ikan di kolam tanah sangat jarang ditemui di kolam terpal. Karena kebersihan yang selalu terjaga.

Pembersihan Kolam Lebih Cepat

Bila kolam tanah memerlukan waktu 2-7 hari untuk proses pembersihan dan pengeringan, maka untuk kolam terpal hanya membuthkan waktu 1-2 hari saja untuk proses pembersihan dan pengeringan. Proses pembersihan dan pengeringan tersebut dilakukan untuk membunuh bibit penyakit yang ada di dalam kolam budidaya.

Kolam Terpal Cocok untuk Daerah Kurang Air

Kolam terpal sangat baik diaplikasikan di daerah kurang air, seperti di daerah pesisir pantai yang memiliki tanah berpasir dan kurang mampu untuk menahan air. 

Ikan Hidup Lebih Lama

Dengan kualitas air yang lebih terkontorl dan minimnya serangan hama dan penyakit, maka keberlangsungan hidup ikan lebih tinggi atau ikan dapat hidup lebih lama. 

Panen Ikan Lebih Mudah

Panen Ikan di Kolam Terpal - Cara Budidaya Ikan
Panen Ikan di Kolam Terpal
Dengan ukuran yang umumnya tidak terlalu besar, dan juga kolam terpal biasanya tidak terdapat lumpur sehingga ketika proses panen ikan di kolam terpal jauh lebih mudah untuk dilakukan.



Itulah beberapa kelebihan budidaya ikan di kolam terpal, meskipun kolam terpal juga tidak dapat dipungkiri memiliki kekurangan yang patut Anda jadikan bahan pertimbangan ketika Anda ingin menjadikan bisnis budidaya ikan sebagai pemasukan utama Anda. Baca Kelemahan Budidaya Ikan di Kolam Terpal.

Post a Comment

0 Comments