Tuesday, March 5, 2019

8 Jenis Ikan Hias Tawar yang Mudah Dipelihara

Ikan Hias Air Tawar - Banyaknya jenis ikan hias air tawar dan ikan hias air laut yang ada di Indonesia menjadikan indonesia salah satu negara ekspor terbesar di dunia ikan hias. Hampir terdapat sekitar 360 jenis ikan hias air tawar yang diketahui. Namun bagi para pemula memelihara ikan hias bukan suatu hal yang cukup mudah, karena ada beberapa jenis ikan hias yang membutuhkan perawatan lebih.

Namun ikan hias air tawar sudah dikenal daya tahannya, dan mudah untuk dirawat dan dipelihara. Ikan hias air tawar dapat menjadi pilihan bagi Anda yang masih pemula di hobi ikan hias maupun bagi Anda yang hanya memiliki waktu terbatas untuk merawat ikan dan aquarium.

Baca Juga Ikan Hias Air Tawar untuk Aquascape

 Berikut kami berikan 8 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara oleh pemula, yang dapat Anda jadikan sebagai referensi.

1. Ikan KOI

Ikan KOI
Ikan KOI
Sejak dahulu ikan koi selalu menjadi primadona ikan hias. Ikan koi merupakan ikan hasil dari persilangan ikan mas dan ikan carper. Ikan koi juga di anggap sebagai ikan pembawa hoki, namun Anda tidak perlu memikirkannya. 

Bagaimana pun ikan koi tetap ikan hias yang cantik dan sangat indah dipandang. Apalagi jika dilihat dari atas, coraknya yang berwarna-warni sangat menenteramkan jiwa. Yang menarik lagi, ketika Anda ingin memberi makan, maka dalam sekejap seluruh ikan koi akan menghampiri Anda dan berkerumun menyantap makanan yang dilemparkan kedalam kolam.

Meski demikian, ikan koi sangat mudah dipelihara tidak ada tehnik khusus dalam perawatannya. Sangat cocok bagi Anda yang baru memulai memelihara ikan hias.

2. Ikan Komet

Ikan Komet
Ikan Komet
Ikan hias yang mudah dipelihara selanjutnya adalah ikan komet atau Carrassius Auratus. Sama seperti hal nya ikan koi, ikan komet memiliki banyak penggemar di Indonesia. Tubuhnya yang ramping dan ekor panjangnya yang melambai menjadikan banyak pecinta ikan hias memelihara ikan ini.

Ikan komet masih satu keluarga dengan ikan mas, saat masih muda ekornya tidak terlalu memanjang. Tapi seiring waktu dan mulai tumbuh dewasa maka ekornya akan semakin panjang sehingga membuat ikan komet terlihat anggun dan menawan.

3. Ikan Cupang

Ikan Cupang Mudah dipelihara
Ikan Cupang Mudah dipelihara
Ikan cupang merupakan ikan hias yang sering kita jumpai, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa mencintai ikan cupang. Meskipun ikan cupang memiliki ukuran yang relatif kecil, namun corak warna yang indah membuat ikan cupang menjadi salah satu ikan hias favorit.

Namun ikan cupang  memiliki sifat soliter/menyendiri, sehingga dalam pemeliharannya tidak dapat memelihara beberapa ikan dalam 1 wadah. Maka Anda perlu menyiapkan beberapa aquarium jika ingin memelihara lebih dari satu ikan

4. Mas Koki

Ikan Mas Koki - IkanHiasku
Ikan Mas Koki - IkanHiasku
Yang menjadi ciri khas ikan mas koki adalah tubuhnya yang gemuk dan gerakan tubuh yang unik sehingga banyak yang menyukai ikan ini. 

Namun perlu Anda ketahui bahwa ikan mas koki merupakan ikan yang ekslusif, dimana ikan ini tidak mau di pelihara dengan ikan dari jenis yang lain. Hal ini karena ikan mas koki membutuhkan banyak oksigen untuk bertahan hidup. Meski demikian, ikan maskoki masih cukup relatif mudah untuk dipelihara.

5. Ikan Oskar

Ikan Oscar - Ikanhiasku
Ikan Oscar - Ikanhiasku
Ikan hias yang mudah dipelihara selanjutnya adalah ikan oscar, ikan ini cukup banyak peminatnya baik dari dalam negeri maupun luar negeri. yang menjadi ciri khas ikan oscar adalah corak berwarna orange atau kuning yang ada di bagian samping tubuhnya.

Perpaduan warna hitam dan orange ini lah yang menjadikan ikan oscar menjadi indah didalam aquarium kesayangan Anda. Namun untuk memelihara ikan oscar perlu diperhatikan aquarium yang Anda miliki. Ikan oscar membutuhkan ruang yang cukup besar untuk bergerak. Dan jangan dicampurkan dengan ikan hias yang lebih kecil darinya, karena bisa saja ikan hias kecil Anda malah dimakan habis oleh ikan ini.

6. Ikan Louhan

Ikan Louhan - Ikanhiasku
Ikan Louhan - Ikanhiasku
Pada tahun 2000an ikan louhan sangatlah populer dan harganya pun melambung tinggi, namun dengan seiring waktu harganya pun mulai mengalami penurunan. Tapi popularitasnya tetap berada dipuncak.

Ciri khas ikan louhan dapat dilihat dari jenong yang ada di kepalanya, semakin besar jenongnya maka semakin mahal pula harganya. Keindahan warna dan corak ditubunya sangatlah indah. Sehingga kombinasi antara corak warna dan keunikan jenong dikepalanya menjadikan ikan louhan layak untuk Anda pelihara dirumah.

7. Ikan Arwana

Ikan Arwana Super Red - Ikanhiasku
Ikan Arwana Super Red - Ikanhiasku
Arwana merupakan salah satu jenis ikan hias yang masih populer dikalangan masyarakat Indonesia. Para pecinta ikan hias bahkan mengatakan ikan hias arwana tak akan pernah sepi peminat. Karena ikan arwana juga melambangkan kemakmuran dan kemewahan.

Ikan arwana dapat tumbuh hingga 1 meter, keindahan dari sisiknya menjadikan ikan arwana sangat menarik untuk dipandang. Banyak jenis ikan arwana, diantaranya Arwana Super Red, Arwana Crossback Golden, Arwana Golden Red / Arwana Red Tail Golden, Arwana Silver / Arwana Brazil, dan Arwana Pino / Arwana Hijau.

Dengan banyaknya jenis ikan arwana seakan kepopularitasan ikan ini tidak akan pernah redup.

Baca Juga 5 Jenis dan Harga Ikan Arwana Termahal

8. Ikan Guppy

Ikan Guppy - Ikan Hiasku
Ikan Guppy - Ikan Hiasku
Ikan Guppy merupakan salah satu ikan hias yang paling populer, banyak jenis dan corak warna yang dimiliki ikan guppy. Meskipun kecil namun ikan ini tetap menjadi primadona bagi para pecinta ikan hias.

Ikan guppy sangat mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya sehingga bagi para pecinta ikan hias pemula tidaklah sulit untuk memeliharanya. Ikan guppy juga sangat mudah untuk dikembangbiakkan, jadi Anda hanya perlu beli beberapa pasang ikan guppy selanjutnya dalam beberapa bulan aquarium Anda akan penuh dengan anak dari ikan guppy.

Demikian 8 jenis Ikan hias tawar yang mudah dipelihara semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang baru memulai hobi ikan hias.

Sharing Is Caring

0 Comment to "8 Jenis Ikan Hias Tawar yang Mudah Dipelihara"

Post a Comment