Ketahui Perbedaan Ikan Channa, Toman dan Gabus

Ikanhiasku.net - Dikalangan pecinta ikan predator hias, ikan channa dan ikan toman sedang banyak digemari oleh para penghobby.

Mulai dari yang harganya puluhan ribu, ratusan ribu bahkan ada yang harganya sampai 10 juta keatas.

Namun, semakin maraknya pecinta ikan hias yang ingin mengoleksi ikan toman dan channa. Kamu bisa langsung cek Harga Terupdate ikan toman di pasaran mulai dari puluhan ribu rupiah.

Perlu juga kamu ketahui perbedaan antara ikan channa, toman dan ikan gabus. Karena bentuknya yang hampir mirip sehingga banyak orang yang masih bingung perbedaan diantara ketiganya seperti apa.

Baca Juga "Mengenal Ikan Toman"

Berikut penjelasan perbedaan ikan channa, toman dan ikan gabus.

Perbedaan Ikan Channa, Ikan Toman dan Ikan Gabus

Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah bahwa ikan gabus dan toman masih dalam satu genus yaitu Channa.

Agar lebih mudah bagi kamu untuk memahami perbedaannya, kami sajikan tabel taksonomi dari ikan toman atau nama ilmiahnya Channa micropletes.

Tabel Taksonomi Ikan Channa

 Kerajaan Animalia
 Filum Chordata
 Kelas Actinopterygii
 Ordo Perciformes 
 Famili Channidae
 Genus Channa
 Spesies Channa micropletes

Ikan Channa atau gabus-gabusan diambil dari nama Genus nya, dimana ikan channa ini memiliki banyak sekali spesies yang berbeda. Harga Channa di Pasaran mulai dari Rp 10.000

Yang seringkali kita jumpai adalah ikan toman dan ikan gabus. Ikan toman memiliki nama ilmiah Channa micropletes dan Ikan gabus yang biasa kita temui dipersawahan dan rawa, yang juga sering dibuat konsumsi dirumah, memiliki nama ilmiah Channa striata.

Jadi, kalau ada yang bertanya apa perbedaan ikan toman dan ikan gabus ? Mereka jelas berbeda karena sudah beda spesiesnya. yang paling mencolok adalah corak yang ada pada tubuh ikan.


Ikan toman memiliki corak warna hitam dan agak kebiruan dibagian atas, dibagian bawahnya terdapat warna putih Namun ikan gabus warnanya cenderung lebih coklat kusam dan bagian putih pada perut bawahnya saja.

Kamu bisa melihat perbedaan dari kedua ikan tersebut melalui gambar dibawah ini.

Perbedaan Ikan Gabus dan Ikan Toman
Perbedaan Ikan Toman dan Ikan Gabus

Sampai sini, kamu sudah tahu kan apa perbedaannya, nah sekarang apakah ikan channa, toman dan gabus berbeda ?

Rekomendasi Pakan Channa

Jika kita merujuk pada tabel taksonomi diatas, maka sebetulnya baik ikan toman ataupun ikan gabus merupakan sama-sama ikan channa namun berbeda spesiesnya.

Dilansir dari wikipedia terdapat hampir 50 jenis ikan channa. Jadi kalau bicara ikan channa hias, ikan channa yang mana dulu, karena ada banyak sekali jenisnya

Lain kali, ikanhiasid akan membahas 50 jenis ikan channa yang ada diseluruh dunia beserta gambarnya.



Setelah kamu tahu apa perbedaan ikan channa, toman dan gabus. Berarti sudah tidak pusing lagi kan membedakan ikan channa dengan ikan toman atau ikan gabus.


Salam lestari
[ikanhiasku]

Post a Comment

0 Comments