Mengenal Channa Red Mozaik alias Channa Aristonei

Channa Red Mozaik - Channa Aristonei merupakan spesies baru channa berwarna dari Meghalaya, India yang ditemukan pada tahun 2020. Channa ini diberi nama Aristonei seperti nama penemu ikan ini, yaitu bernama Aristone M. Ryndongsngi.

Mengenal Channa Red Mozaik - Ikanhiasku.net
Channa Red Mozaik - (pic:Hiso Aquarium Thailand)

Di Indonesia, ikan ini dikenal dengan nama Channa Red Mozaik, dikarenakan terdapat dots berwarna coklat hingga merah marun ditubuhnya.

Keindahan warna ikan channa red mosaik tidak diragukan lagi. Dengan warna tubuh biru muda yang menyala, dan corak spot yang merah, channa ini benar-benar tampil menawan..

Channa Red Mozaic termasuk salah satu spesies channa baru yang telah masuk dan menambah deret panjang daftar jenis channa cantik di pasar ikan hias channa di Indonesia.

Baca Juga Istilah dalam Ikan Channa


Ciri Khas Channa Red Mozaik/Channa Aristonei

Channa Red Mozaik dibedakan dari semua kerabatnya seperti Channa Pardalis atau Channa Bipuli.

Ciri khas channa red mozaik memiliki warna biru hingga hijau kebiruan diseluruh tubuhnya, sirip punggung/dorsal, sirip anal, dan sirip ekor berwarna biru cerah. Terdapat list putih dan hitam di setiap ujung siripnya 

Pada tubuhnya terdapat bercak/spots berwarna coklat hingga merah marun yang berbentuk bulat, lonjong atau semanggi dari kepala hingga ke bagian ekor dan membentuk pola miring atau tersebar secara acak.

Ukuran maksimal Channa Red Mozaik hanya mencapai 20 cm saja sehingga channa ini termasuk kedapam Dwarf Channa.


Perbedaan Channa Red Mozaik dengan Channa Pardalis dan Channa Bipuli

Dari segi penampilannya, sekilas ikan ini hampir mirip dan sulit dibedakan. Namun kita dapat membedakannya dengan melihat bercak atau bintik yang terdapat pada tubuh ikan.

Pada Channa Red Mozaik memiliki bercak atau bintik berwarna coklat hingga merah marun pada bagian kepala dan sisi tubuhnya sedangkan pada Channa Pardalis dan Channa Bipuli memiliki bercak atau bintik yang jelas dan berwarna hitam.

Pada sisik pra puggungnya memiliki lebih sedikit sisik, 7 pada Channa Red Mozaik dan 8-9 pada Channa Pardalis dan Bipuli. Channa Red Mozaik memiliki tulang sirip ekor yang lebih banyak 15 dibanding 13 pada Channa Pardalis.

Baca Juga 50 Jenis Ikan Channa di Dunia


Persebaran dan Habitat Asli Channa Red Mozaik

Habitat asli Channa Red Mozaik berasal dari sungai-sungai Puriang, Perbukitan Khasi Timur, Meghalaya.

Pada habitat aslinya, Channa Red Mozaik hidup di aliran sungai yang memiliki air yang jernih dengan arus lambat, bersuhu sejuk dan memiliki subtrat/dasar bebatuan dengan beberapa tanaman air Eriocaulon sp.

Ikan yang hidup berdampingan di habitat tersebut adalah Channa lipor, Danio Meghalayensis, dan Tor Sp.


Karakter Channa Red Mozaik

Sama seperti ikan channa lainnya, Channa aristonei atau Channa Red mozaik merupakan ikan predator, sangat teritorial dan hidupnya soliter/menyendiri.

Sehingga dalam pemeliharaannya tidak dapat disatukan dengan ikan lain, karena bisa menghajar tankmate nya. Lebih baik memelihara ikan ini tanpa tankmate 


Cara Memilih Channa Red Mozaik yang Baik

Hal Pertama yang perlu dilakukan saat memilih channa red mosaic adalah perhatikan bagian spot merahnya.

Spot atau bintik-bintik kecil berwarna merah yang terdapat pada tubuh channa ini harus banyak sehingga penampilan channa semakin cantik. Dan spot merah tersebut merupakan ciri khas channa red mozaik.

Namun biasanya warna tersebut baru akan muncul pada usia remaja atau saat ikan berukuran 10 - 12 cm. Warnanya akan semakin pekat saat sudah dewasa setidaknya di ukuran 18cm ke atas.

Tapi kecepatan kepekatan tersebut juga dipengaruhi oleh perawatan dan pakan yang diberikan.

Hal Kedua yang perlu diperhatikan adalah bakat dorsal. Dalam memilih bagian dorsal coba perhatikan ujung atau bagian belakang dorsal dengan ekornya

Pilihlah Channa Red Mozaik yang ujung belakang dorsalnya rapat atau mepet dengan ekor. Karena ciri tersebut menandakan Channa tersebut berbakat gondrong dan memiliki ekor bulat dan juga lebar.

Hal Ketiga perlu diperhatikan dalam memilih bentuk kepala channa red mozaik. Agar performa tampilan channa semakin mewan dan menawan, pilihlah bentuk kepala ikan channa yang berbentuk oval atau pendek dan tidak memanjang.

Baca Juga Perbedaan Ikan Channa, Toman dan Gabus


Cara Memelihara Channa Red Mozaik di Aquarium

Sebelum memelihara Channa Red Mozaik, pilihlah akuarium dengan ukuran panjang 40-50cm, lebar 25-30cm, dan tinggi 25-30cm. Dikarenakan ukuran maksimun Channa Red Mozaik mencapai 20cm.

Untuk background aquarium bisa menggunakan warna putih dan substrat yang digunakan yaitu pasir malah merah campur hitam sedikit.

Lengkapi akuarium dengan filter dan aerator untuk menjaga kebersihan dan kualitas air agar lebih lama.

Sediakan lampu penerangan sebagai sumber cahaya pengganti sinar matahari. Karena Channa Red Mozaik membutuhkan suhu air yang dingin. Maka bagi yang tinggal di wilayah tropis yang panas dan ruangannya tidak berpendingin maka dapat menggunakan kipas angin laptop yang dipasang diatas akuarium. Usahakan suhu air dikisaran 18-23 derajat Celcius.

Saat pertama kali channa dimasukkan, usahakan ketinggian air jangan terlalu tinggi, cukup 10cm. Selanjutnya dapat ditambahkan beberapa minggu berikutnya.

Jangan lupa untuk melakukan aklimasi pada ikan yang baru dibeli, caranya dengan memasukkan bungkusan plastik ikan kedalam akuarium yang sudah terisi air. Tujuannya untuk menyamakan suhu air dan ikan tidak stress.

Lama aklimasi sekitar 15 menit dengan keadaan bungkusan plastik tertutup rapat. Setelah selesai aklimasi, kemasan boleh dibuka dan biarkan channa keluar dengan sendirinya.

Setelah channa berhasil dimasukkan ke akuarium, matikan lampu penerangan dan tutup bagian atas akuarium. Hal ini bertujuan agar ikan channa dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Waktu adaptasi sekitar dua atau tiga hari dengan dipuasakan, hal ini bertujuan sebagai program diet agar kondisi mental ikan cepat meningkat


Pakan Channa Red Mozaik

Sama seperti ikan channa lainnya, Channa Red Mozaik merupakan ikan predator, Ia dapat memakan apa saja seperti serangga, ikan kecil, udang sampai cacing.

Pemberian pakan alami dapat mendorong peningkatan warna pada ikan channa, oleh karenanya sangat disarankan untuk menggunakan pakan alami berupa cacing tanah dan udang.

Pakan pelet dapat diberikan sebatas pakan pelengkap saja, dan pemberian pakan pelet sebaiknya dilakukan dengan porsi sedikit jangan sampai membuat ikan buncit kekenyangan.


Sekian mengenal Channa aristonei alias Channa Red Mozaik dan juga bagaimana cara memelihara Channa Red Mozaik di Akuarium. Semoga Bermanfaat.

Sumber : bioone.org


Penelusuran Terkait :

  • channa red mosaic habitat
  • channa red mosaic wikipedia
  • harga channa red mosaic
  • channa pardalis
  • channa red mosaic temperature
  • channa gold dust
  • channa mosaic
  • channa aristonei

Post a Comment

0 Comments