Mengenal Channa Pardalis Beserta Harga dan Asal Usulnya

Channa Pardalis - Channa pardalis merupakan ikan gabus hias yang memiliki warna yang begitu eksotis dan sangat indah, Channa pardalis memiliki banyak nama lain seperti Channa sp. Meghalaya Leopard dan Channa sp. True Blue

Mengenal Ikan Channa Pardalis - Ikanhiasku.net
Mengenal Channa Pardalis - (pic:zierfische.de)


Channa pardalis termasuk kedalam grup Dwarf Snakehead karena ukuran maksimalnya hanya sekitar 17 cm - 24 cm.

Meskipun memiliki tubuh yang kecil namun keindahan warna dan coraknya menjadikan Channa pardalis salah satu ikan gabus hias yang harus kamu koleksi.

Untuk lebih detailnya, berikut penjelasan mengenai ikan Channa pardalis dan asal usulnya.

Baca Juga
 Istilah dalam Ikan Channa 
 50 Jenis Ikan Channa


Asal Channa Pardalis

Ikan Channa pardalis berasal dari bukit Khasi, Meghalaya, Timur Laut India. Sebelum dikategorikan sebagai spesies baru pada tahun 2016, spesies ini dikenal dengan nama Channa sp. True Blue. Dikarenakan warna birunya yang sangat khas.

Selain itu Channa pardalis juga memiliki nama lain yaitu Channa Meghalaya Leopard atau ikan channa macan tutul. Mengapa Channa pardalis disebut channa macan tutul ? Karena Channa pardalis memiliki bintik-bintik hitam pada tubuhnya yang terlihat seperti bintik hitam pada macan tutul/leopard.


Persebaran Wilayah Channa Pardalis

Persebaran ikan Channa pardalis saat ini diketahui hanya terdapat di bukit Khasi, Meghalaya, Timur Laut India. 

Namun saat ini mulai banyak yang sudah mengimpor dan membudidayakannya, sehingga bisa kita temui di beberapa seller.


Habitat Asli Channa Pardalis

Habitat asli Channa pardalis hidup dialiran sungai jernih dengan arus lambat dan memiliki suhu sejuk/cold water.

Jika memelihara ikan ini pastikan suhu air akuarium sekitar 18-20°C dan dapat diberikan substrat bebatuan dan tanaman air. Sehingga ikan ini merasa nyaman dan betah di lingkungan tank.


Ciri Khas Channa Pardalis

Channa pardalis masih memiliki kekerabatan dengan Channa stewartiChanna pardalis memiliki warna yang sangat cantik, warna pada tubuhnya didominasi warna biru terang dan terdapat spot/bintik-bintik berwarna hitam di seluruh tubuhnya.

Pada siripnya terdapat 3 lapis warna, lapis pertama berwarna biru terang yang dominan, lapis kedua berwarna hitam dan lapis ketiga berwarna putih disisi luar sirip.

Spot atau bintik hitam pada ikan ini juga terdapat pada bagian dorsal, untuk bagian sirip anal berwarna abu-abu sedangkan sirip dada berbintik biru cerah, dan pada bagian ekor berwarna biru kecoklatan. 

Channa pardalis dapat tumbuh hingga 25 cm dan memiliki kepala yang bulat.


Perawatan Channa Pardalis

Untuk memelihara ikan Channa pardalis sebaiknya akuarium disesuaikan dengan ukuran panjang ikan tersebut.

JIka ikan sudah mencapai panjang 15cm, gunakan akuarium yang memiliki ukuran 40x30x30 (P x L x T). Disarankan untuk melengkapi akuarium dengan sistem filtrasi yang baik untuk mnejaga kebersihan dan kualitas air.

Lengkapi pula dengan lampu berwarna putih sebagai pengganti cahaya matahari. Jangan lupa untuk menutup bagian atas akuarium. Bisa dengan kaca, sterofoam ataupun yang lainnya agar channa tersebut tidak lompat keluar akuarium.

Karena Channa pardalis merupakan ikan cold water yang membutuhkan suhu air dingin, maka bisa melengkapi akuariumnya dengan menggunakan kipas angin laptop yang dipasang diatas akuarium.


Pakan Channa Pardalis

Sama seperti ikan channa pada umumnya, Channa pardalis juga merupakan ikan predator. Sehingga pakan ikan Channa pardalis adalah ikan kecil, udang, cacing tanah, dan serangga.

Pemberian pakan juga harus diperhatikan dengan memberikan pakan secara teratur dan jangan berlebihan. Kamu juga bisa mencampur pakan alami dan pelet, tapi untuk progress yang lebih baik dapat menggunakan pakan alami.


Harga Channa Pardalis

Dari berbagai situs marketplace yang ada, harga ikan channa pardalis berkisar diantara 500 ribu hingga jutaan rupiah, tergantung dari size dan corak warna pada ikan tersebut.


Cara Mengawinkan Channa Pardalis

Pada umumnya ikan channa melakukan pemijahan atau musim kawin ketika musim hujan tiba, biasanya pada bulan Oktober hingga Desember.

Namun perlu kamu ketahui, dalam mengawinkan ikan channa tidak dapat langsung disatukan. Malahan yang akan terjadi mereka akan berkelahi hingga salah satunya ada yang mati. Nah, Begini cara yang benar dalam mengawinkan ikan channa pardalis.

  1. Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengenalkan Channa pardalis jantan dan Channa pardalis betina, gunakan sekat kaca diantara keduanya. Cara ini bisa dilakukan selama 3 hari.
  2. Setelah saling mengenal, perhatikan respon dari kedua ikan. Jika sudah saling mengenal satu sama lain, kedua ikan akan saling diam. Hal tersebut menandakan ikan channa sudah mulai akur. Dan sudah dapat diletakkan di akuarium yang sama.
  3. Saat proses kawin, ikan channa akan melilit satu sama lain, hingga berbentuk bola. Setelah proses perkawinan, channa betina akan bertelur dan channa jantan akan mengeramkan telurnya.
  4. Proses pengeraman berlangsung dalam mulut indukan jantan selama 2-3 hari sebelum telurnya menetas.
  5. Jika sudah menetas, anak ikan channa biasanya berwarna coklat muda dengan garis ditubuhnya.


Perbedaan Channa Pardalis, Channa Stewarti dan Channa Red Mozaik

Dari penampilannya sekilas ikan ini hampir mirip dan sulit untuk dibedakan. Namun kita dapat membedakannya dengan melihat bercak, bintik atau spot yang terdapat pada tubuh ikan.

Baca Juga Mengenal Chann Red Mozaik

Pada Channa pardalis dan Channa stewarti memiliki spot atau bintik berwarna hitam jelas di bagian tubuhnya. Sedangkan pada Channa red mozaik memiliki spot atau bercak berwarna coklat hingga merah marun pada kepala dan tubuhnya.

Yang membedakan Channa pardalis dan Channa stewarti terletak pada warna ditubuhnya, Channa pardalis memiliki warna biru terang sedangkan Channa stewarti memiliki warna biru kehijauan.

Mengenal CHanna Pardalis - Ikanhiasku.net
Perbedaan Channa pardalis dan Channa Stewarti - (pic:jd. marcus knight)



Inilah sedikit informasi mengenal Channa pardalis beserta harga dan asal usulnya. Dengan warna yang eksotis sangat cocok bila dipelihara di akuarium rumahmu. Semoga bermanfaat.


Penelusuran Terkait :

  • Asal Channa Pardalis
  • Channa Pardalis Max Size
  • Harga Channa Pardalis Baby
  • Channa Pardalis Harga
  • Channa Gold Dust
  • Channa Insane
  • Channa Red Mosaic Habitat
  • Channa Stikos








Post a Comment

0 Comments